Industri

Manfaat Unggulan dari Implementasi dan Penerapan Sertifikasi ISO 9001 Dalam Perusahaan

Standarisasi yang digunakan biasanya melingkup pada standar perusahaan itu sendiri. Namun seiring dengan peningkatan kualitas dan sertifikasi produk yang dilakukan. Maka di dalam dunia internasional dibuat sebuah sistem standarisasi ISO 9001.

Minir8 April 2022

Saat sebuah produk yang diciptakan oleh produsen perusahaan. Maka hal penting yang harus dilakukan adalah memastikan proses pembuatan produk yang dilakukan sudah memenuhi standar yang telah ditentukan.

Standarisasi yang digunakan biasanya mengikuti kebijakan perusahaan. Namun, seiring dengan peningkatan kualitas mulailah dibuat sebuah sistem standarisasi ISO 9001

Quality Control | Sumber. Freepik

Secara garis besar, keuntungan ISO 9001 yang bisa ambil oleh berbagai pihak terutama pada perusahaan.

Berikut adalah enam manfaat dari penerapan dan implementasi sertifikasi ISO 9001:

1. Standar ini diakui oleh dunia internasional

Standarisasi ISO 9001 merupakan standarisasi tingkat  internasional. Pengimplementasiannya dapat diterima oleh negara-negara di dunia. Selain itu, sertifikasi ISO 9001 melalui berbagai macam proses yang disepakati dunia internasional.

2. Mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan juga calon konsumen

Peningkatan kualitas produk yang dihasilkan akan meningkat ketika kualitas dari produk yang di hasilkan sesuai ketentuan standar. Dalam proses pemenuhan standarisasi memerlukan panduan ataupun dokumen sebagai acuan kualifikasinya. ISO 9001 memiliki peran penting untuk peningkatan keberdayaan kualitas produk.

3. Dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan

Proses produksi dilakukan oleh perusahaan harus mempertimbangkan mutu yang baik dan tepat. Hal ini akan berdampak pada penurunan produktivitas dan bisa merugikan perusahaan.

Berbeda halnya setelah melalui proses sertifikasi ISO 9001. Maka peningkatan produktivitas dan efisiensi perusahaan akan meningkat

4. Memberikan sebuah panduan dan juga perbaikan berkelanjutan

Sertifikasi dan dokumen ISO 9001 digunakan sebagai acuan baku mutu untuk memproduksi produk. Sehingga proses panduan sudah jelas dan gamblang di dalam dokumen ISO 9001.

5. Meningkatkan daya saing perusahaan

Jika perusahaan memiliki sertifikasi ISO 9001 artinya perusahaan tersebut mampu memberikan jaminan mutu produk yang berkualitas. Saat perusahaan tersebut memiliki kualitas mutu produk yang bagus, maka akan menjadi nilai lebih bagi perusahaan untuk bisa bersaing.

6. Agar perusahaan tetap hidup dan berkembang

Selain itu, manfaat dari penerapan dan juga implementasi sertifikasi ISO 9001 akan membawa dampak baik pada perusahaan. Serta dijadikan sebagai untuk proses produk kedepannya. Proses perkembangan dan transformasi yang terjadi oleh perusahaan sangat berkaitan erat dengan bagaimana perusahaan tersebut mengelola dan mengimplementasikan ISO 9001.

Secara garis besar penerapan ISO 9001 penting untuk diimplementasikan pada sebuah perusahaan. Di sisi lain, adanya sertifikasi ISO 9001 akan meningkatkan kualitas sebuah perusahaan tersebut.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait