Teknologi

Melihat Perbedaan 4G dan 5G di Dunia Digital

Era digitalisasi merupakan setor era potensial, yang terus mengalami Kemajuan dan peningkatan perkembangan Teknologi. Perkembangan digitalisasi juga sangat berkaitan erat dengan Sistem jaringan yang digunakan.

Minir15 Februari 2022

Era digitalisasi merupakan sektor era potensial. Sebab terjadi yang kemajuan dan peningkatan perkembangan teknologi.

Perkembangan digitalisasi juga sangat berkaitan erat dengan Sistem jaringan yang digunakan. Dimana sistem koneksi jaringan yang ada, juga harus melewati beberapa proses. Beberapa proses tersebut dilakukan guna menyempurnakan kualitas sistem jaringan yang dihasilkan.

Disisi lain, adanya sistem pengembangan jaringan memberikan kompatibel dan manfaat yang jauh lebih luas. Saat ini kita telah memasuki era perpindahan dari Sistem Jaringan 4G dan 5G. Perlu dicatat baru beberapa negara saja yang sudah menerapkan sistem jaringan 5G.

Terjadi kontradiksi mengenai proses perpindahan sistem jaringan 4G dan 5G karena beberapa hal. 

1. Sistem Jaringan 4G

Jaringan 4G | Sumber. Freepik

Jaringan 4G sudah kita rasakan manfaatnya, terutama di Indonesia. Tentu saja ketika berbicara ketangguhan dan manfaat sistem jaringan 4G, Anda sudah bisa merasakan nya sendiri. Secara garis besar sistem jaringan 4G aksesnya bisa dirasakan hingga masyarakat pedesaan. Sehingga bisa dibilang sistem jaringan 4G sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas di Indonesia.

Fakta unik yang perlu kamu ketahui mengenai sistem jaringan 4G:

  • Kecepatan mencapai1Gb/s
  • SMS, video call, live streaming, chat.
  • 4G memiliki 12 antena dalam mengakses data
  • Terkoneksi dengan gadget seperti tablet, PC, laptop dan handphone.

2. Sistem Jaringan 5G

Jaringan 5G | Sumber. Freepik

Proses pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan konektivitas terhadap hasil jaringan. Sehingga dengan adanya sistem jaringan 5G ini digadang-gadang mampu menggantikan sistem jaringan 4G. Namun sistem jaringan ini masing belum dirasakan oleh banyak masyarakat luas, karena hanya dibeberapa kota tertentu saja yang baru menggunakan sistem jaringan 5G.

Terdapat fakta yang perluasan anda ketahui tentang Sistem Jaringan 5G yaitu sebesar berikut:

  • Kecepatan jauh lebih tinggi yaitu hingga 20Gb/s
  • Selain SMS, video call, Juga mampu mencakup sistem Internet of Things.
  • Sistem Jaringan 5G mendukung hingga 100 Antena.
  • Sistem Jaringan 5G mampu terhubung ke berbagai perangkat pada mobil, rumah, industri, dan lainnya.

Berbicara ketangguhan sistem jaringan 5G memang digadang-gadang mampu lebih unggul dibandingkan 4G. Berdasarkan pembahasan fakta mengenai jaringan 4G dan 5G sebelum nya. Namun sistem kesempurnaan jaringan 5G terlahir dari kelemahan sistem 4G.

Sudah selayaknya proses transformasi digital mampu terus berkembang pesat dengan dukungan sistem konektivitas dari Jaringan 5G.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait