Industri

Memahami Tentang New Emerging Skills di Indonesia

Sekilas info tentang New Emerging Skills adalah keahlian-keahlian yang muncul dikarenakan dampak perkembangan teknologi dan proses Distrupsi.

Minir21 Agustus 2021

What New Emerging Skills?

What New Emerging Skills?

Pada saat ini banyak orang yang tidak tau bahwa kita sedang berada di era Double disruption, munculnya berbagai macam disrupsi yang ada diantaranya industri 4.0, digital technology, hingga di tahun 2020 munculnya covid 19 yang hal ini tentu membawa dampak terhadap percepatan era disrupsi yang terjadi di dunia khususnya di indonesia.

 

Memahami New Emerging Skills Didunia

New Emerging Skills Didunia

Berdasarkan World Economic Forum bahwa ada sekitar 85 juta pekerjaan yang akan digantikan oleh sebuah kecerdasan dari teknologi yaitu robotik. Namun hal ini berbanding searah dengan munculnya sekitar 97 juta pekerjaan baru yang muncul di dunia.

 

Memahami New Emerging Skills Di Indonesia

Indonesia adalah salah satu dari banyaknya negara yang mengalami proses disrupsi secara massal dan besar-besaran. Sehingga tentunya muncul pula skill skill yang dibutuhkan agar mampu beradaptasi dengan disrupsi dan mampu hidup beriringan.

Berikut 5 skill yang wajib dan baru muncul di masa masa era disrupsi ini:

1.Creativity, Originality, And Initiative

Dalam setiap pekerjaan, setiap individu penting untuk bisa terus berkarya yang inovatif dan kreatif agar tidak ter disrupsi dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Tidak berhenti disitu setiap kreativitas dan originalitas harus mampu dituangkan kedalam inisiatif skills.

2. Complex Problem-Solving

Banyaknya masalah-masalah yang terjadi disaat ini membuat cara penyelesaian semakin kompleks dan beragam. Jadi penting sekali untuk setiap individu agar mampu mengimplementasikan dengan problem solving yang harus diselesaikan dengan cepat dan akurat.

3. Active Learning And Learning Strategies

Literasi digital saat ini terus berkembang di indonesia, hal ini berbanding lurus dengan pengguna media sosial yang terus meningkat. Dilain sisi banyaknya alat-alat yang sudah mengadopsi sistem berbasis learning strategy

Jadi penting agar bisa dan memiliki skill Active Learning And Learning Strategies, karena mau tidak mau kita harus mampu hidup berdampingan dengan media sosial kalau tidak kita akan tergerus dengan perkembangan teknologi learning.

4. Emotional Intelligence

Perkembangan teknologi digital terus meningkat dan berubah menjadi lebih baik. Dapat kita ketahui saat ini jaringan 4G telah  bertransisi ke jaringan 5G yang menyajikan sistem IOT lebih baik. 

Jadi skill Emotional Intelligence adalah sebuah keahlian yang baru dan harus wajib dimiliki agar mampu beradaptasi di dunia kerja.

5. Analytical Thinking And Innovation

Penting bagi setiap orang untuk mampu membaca data-data pergerakan yang terjadi baik secara akurasi ataupun secara detail. Selain itu Analytical Thinking dikait eratkan dengan kemampuan analisa seseorang dalam mengamati sesuatu hal yang terjadi dengan kritis. Tetapi juga perlu untuk menyandingkan keahlian inovasi dalam berkarya dan bekerja.

 

Share:

0 Komentar