Pengetahuan

Mengenal dan Memahami Social Enterprise

Social enterprise merupakan sebuah perusahaan yang lebih berfokus pada ide bisnis yang meliputi ide dan konsep-konsep berwirausaha yakni mencari keuntungan dengan kewajiban kita membantu lingkungan sosial.

Minir2 Oktober 2021

Saat ini banyak perusahaan di Indonesia yang telah berkembang. Hal tersebut terlihat dari tren kenaikan data perihal pelaku bisnis di Indonesia. Contohnya seperti perusahaan Go-Jek dan perusahaan-perusahaan lainnya yang sudah go public.

sosial enterprise

Apa itu social Enterprise???

Social enterprise merupakan perusahaan yang berfokus pada ide bisnis yang meliputi ide dan konsep-konsep berwirausaha untuk mencari keuntungan dari kegiatan sosial. 

Dimana sebuah perusahaan bakal memaksimalkan pendapatannya dan memberi manfaat kepada masyarakat. Hal penting di sini adalah keuntungan dari perusahaan diberikan lagi kepada masyarakat

Lima elemen utama social enterprise

Pada dasarnya ada lima elemen utama yang perlu ada dan hadir dalam social Enterprise

1. Misi atau dampak sosial

Dampak sosial merupakan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah perusahaan. Arah dari perusahaan harus dicapai dengan dampak sosial yang bermanfaat bagi manusia. Mengapa aspek elemen misi sangat ditekankan pada dampak sosial? Tentu saja hal ini harus sejalan dengan manfaat bisnis yang bisa kita berikan terhadap lingkungan dan mampu menjawab permasalahan-permasalahan besar yang ada.

2. Elemen Pemberdayaan

Elemen ini berfokus pada pemberdayaan yang dihasilkan dari perusahaan itu sendiri. Contohnya adalah pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan karyawan, dan lain-lain. Hal ini tentu sangat berkaitan erat dengan social Enterprise.

3. Prinsip Bisnis Yang Etis

Bisnis enterprise memang menawarkan proses bisnis yang sangat etis. Memiliki proses yang etika secara etitut. Dan etika memiliki kinerja ataupun taraf kinerja yang baik serta mampu patut dicontoh. Hal ini perlu diperhatikan karena kita ketahui banyak bisnis usaha yang masih menilai rendah nilai-nilai etis, berbeda hal nya jika di social enterprise justru hal ini yang harus ditonjolkan pada konsep elemen bisnis dari social enterprise.

4. Reinvestasi Dana Untuk Misi Sosial

Aspek social enterprise sangat berkaitan dengan hasil dari impact investasi yang dihasilkan. Bentuknya berupa dana maupun non dana dan bertujuan melaksanakan kegiatan sosial di masyarakat. Pada konsep social enterprise hasil-hasil investasi yang dihasilkan harus memiliki tujuan besar terhadap lingkungan sosial dan mampu diterima di masyarakat umum, tentu hal ini juga akan meningkatkan citra baik dari bisnis social enterprise.

5. Kesinambungan

Proses kesinambungan adalah proses yang ada di antara 5 elemen dari social enterprise. Kenapa demikian??? Berkesinambungan ini berfokus kepada aspek sosial yang ada di perusahaan tersebut.  Adanya aspek-aspek yang ditimbulkan dari perusahaan dapat berpihak pada kegiatan sosial. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait