Pengetahuan

Mengupas Teori Tesis What Is “Digital Literacy’ ? Dalam Konsep Literasi Digital Mahasiswa Teknik

“DIGITAL LITERACY’ Merupakan sebuah teori yang dikemukan oleh Douglas A.J. Belshaw dalam teori tesis nya. Membahas tentang apa saja...?

Minir25 Agustus 2021

literasi digital

Apa pengertian dari literasi digital

Literasi digital adalah sebuah kemampuan dan keahlian yang harus dipahami dan diketahui oleh setiap orang agar mampu menggunakan informasi dari berbagai sumber dan bentuk yang sangat luas yang bisa diakses dari berbagai perangkat baik handphone, laptop, komputer, dan alat komunikasi lainnya.

Berdasarkan teori dari Douglas A.J. Belshaw di dalam testisnya What is ‘Digital Literacy‘? Penelitian yang rilis pada tahun 2011 itu menyampaikan bahwa terdapat delapan konsep elemen esensial yang dapat mengembangkan literasi digital pada mahasiswa, yaitu sebagai berikut.

Kultural, Yaitu Pemahaman Ragam Konteks Pengguna Dunia Digital

Dimana pada konsep ini lebih menjelaskan pada banyaknya pemahaman-pemahaman mengenai kebudayaan yang berfokus dalam konteks literasi digital. Ada beberapa yang menjadi fokusan dari kultur digital ini diantaranya etika digital, kebudayaan digital, kecakapan digital dan lainnya.

Kognitif, Yaitu Daya Pikir Dalam Menilai Konten

Aspek pola pikir tentu sangat menjadi perhatian, karena pastinya mahasiswa selalu disuguhkan dengan berbagai konten-kontek dari media sosial dari berbagai sumber informasi, menjadi suatu hal yang agar mahasiswa bisa berpikir kognitif mana konten yang positif dan mana konten yang negatif.

Konstruktif, Reka Cipta Sesuatu Yang Ahli Dan Aktual

Pola konsep ini lebih mengacu pada kata “aktual” dimana kita selaku mahasiswa untuk mampu memberikan dan melakukan kegiatan di media sosial yang aktual dan sesuai fakta, atau dalam ini lebih menghindari konten media yang bersifat hoax dan berbahaya.

Komunikatif, Yaitu Memahami Kinerja Jejaring Dan Komunikasi Di Dunia Digital

Penting sekali untuk mahasiswa mengetahui etika bahaya dan lain sebagainnya tentang jejaring dan berselancar didunia maya, kecakapan kita untuk mampu berliterasi di dunia digital adalah sesuatu hal perlu diperhatikan.

Kepercayaan Diri Yang Bertanggung Jawab

Membangun citra yang baik di media sosial adalah hal yang lumrah dan wajar terutama dikalangan mahasiswa yang meliputi banyak kegiatan, namun dalam hal ini penting juga menanamkan jiwa rasa tanggung jawab yang besar kepada mahasiswa agar mampu menggunakan komunikasi digital sesuai peraturan dan tidak melanggar peraturan yang ditetapkan.

Kreatif, Melakukan Hal Baru Dengan Cara Baru

Tentu saja media sosial sebagai tempat yang mampu membawa perubahan terutama dalam hal kretifitas dan mencari hal-hal baru seperti banyaknya fitur-fitur aplikasi serta kecanggihan perangkat digital lainnya.

Kritis Dalam Menyikapi Konten

Mahasiswa erat kaitannya dengan berpikir kritis dimana sebagai mahasiswa yang bijak berliterasi digital harus mampu kritis terhadap konten-konten yang disajikan di media sosial.

Bertanggung Jawab Secara Sosial

Selain bertanggung jawab secara personal penting juga untuk mampu bertanggung jawab secara sosial yang dalam hal ini tentu cakupannya lebih luas. Terutama kita ketahui bahwa bermedia sosial adalah sesuatu hal yang mampu terhubung secara luas begitu juga dengan tanggung jawabnya.

 

Share:

0 Komentar