Pengetahuan

Pengaplikasian Horizontal Alignment Pada Organisasi Mahasiswa

Memahami pengaplikasian Horizontal Alignment yang dapat diimplementasikan dalam organisasi kemahasiswaan.

Minir24 Agustus 2021

                                                 

Management strategy merupakan sebagai konsep strategic alignment yang merupakan proses penyelarasan terhadap sasaran organisasi kemahasiswaan dan tindakan perilaku yang mendukung akan tercapainya visi dan tujuan dari organisasi kemahasiswaan. 

Sedangkan horizontal alignment merupakan salah satu dari banyak tipe-tipe strategi dalam organisasi. Upaya ini akan terus dimaksimalkan agar mampu menyelaraskan antar pihak-pihak dalam organisasi kemahasiswaan secara mendatar. 

Implementasi Horizontal Alignment Pada Organisasi Kemahasiswaan

Horizontal alignment pada organisasi kemahasiswaan akan membawa dampak peran yang sangat baik dari membangun komunikasi dan kerja sama tim yang lebih efektif. Banyaknya pergeseran dan konflik antar mahasiswa akan membuat fokusan dari visi misi organisasi tidak dapat berjalan dengan lancar.

Pada konsepnya untuk mampu horizontal alignment atau menyelaraskan bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini .

Baca Juga : 5 Keuntungan Bagi Mahasiswa yang Aktif Organisasi

1. Tanamkan budaya organisasi kepada anggota

Pentingnya aspek loyalitas terhadap organisasi adalah salah satu wujud kepercayaan dan keloyalan kita kepada organisasi. Dengan adanya rasa cinta terhadap budaya organisasi yang ada membuat akan makin menyelaraskan konsep dari horizontal alignment pada organisasi kemahasiswaan.

2. Hargai perbedaan pendapat

Sikap penyelarasan yang umum dilakukan adalah dengan menghargai perbedaan, karena dengan saling menghargai akan timbul rasa saling memiliki dan saling percaya satu sama lain. Sehingga hal ini mampu mendongkrak keselarasan konsep dari horizontal alignment pada organisasi kemahasiswaan.

3. Bangunkan rasa kepercayaan

Untuk mampu menyelaraskan konsep dari horizontal alignment pada organisasi kemahasiswaan perlu adanya rasa kepercayaan antara satu sama lain. Kepercayaan yang dimaksud disini lebih kepada citra-citra positif pada diri sendiri dan kepada orang lain disekitar kita. 

4. Menjalin komunikasi yang efektif

Tutur kata dan gaya komunikasi yang baik dan beretika hal ini akan tercipta keselarasan konsep dari horizontal alignment yang bisa dimaksimalkan pada kegiatan organisasi. Jadi penting untuk menjalin komunikasi agar bisa menerapkan keselarasan pada organisasi kemahasiswaan.

5. Melakukan kegiatan secara bersama

Sebuah pekerjaan, tugas, dan kegiatan yang dilakukan dengan bersama-sama, maka akan menghasilkan hasil yang jauh lebih maksimal dibandingkan melakukannya secara individu. Dilain sisi hal ini juga mampu meningkatkan akurasi keselarasan kinerja dari organisasi kemahasiswaan.

6. Mampu saling membantu sesama

Kepekaan terhadap sesama serta saling toleransi terhadap sesama adalah suatu hal yang indah, bagaimana tidak? Setiap kita mampu untuk saling menghargai dan membantu sesama dengan maksimal maka akan membuahkan hasil keselarasan hasil kinerja organisasi.

 

​Begitulah cara mengaplikasikan horizontal alignment pada organisasi mahasiswa. Organisasi tempat kamu sudah mempraktikkannya belum?

Share:

0 Komentar