Opini

Pentingnya Mentor Dalam Mendongkrak Prestasi Karirmu

Pada dasarnya mentor adalah seseorang yang memiliki kombinasi antara pengetahuan dan juga pengalaman yang dimiliki untuk bisa membantu Anda

Minir2 Januari 2022

Siapa nih yang belum punya mentor untuk pengembangan karir Anda?

Pada dasarnya, mentor adalah seseorang yang memiliki kombinasi antara pengetahuan dan pengalaman  untuk bisa membantu dirimu jadi lebih baik. Mentor tersebut bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk dapat terus bangkit, pemecahan masalah atas hambatan prestasi yang sedang dihadapi. Apalagi jika berbicara pengembangan karir dan prestasi akademik mahasiswa, tentu saja hal ini akan menarik perhatian khusus.

Seeorang yang memiliki mentor, dia akan cenderung lebih terarah dan terstruktur dalam setiap langkahnya. Berbanding terbalik jika seseorang mahasiswa bila tidak memiliki mentor justru akan cenderung tidak terarah dalam menetukan tujuan karir dan prestasi akademiknya. dilain sisi seseorang yang tidak memiliki mentor akan memiliki kecenderungan sulit untuk memutuskan sesuatu hal.

Selain pengalaman dan pengetahuan yang luas, ada beberapa manfaat yang diperoleh jika Anda memiliki mentor. Berikut adalah manfaat-manfaat dari memiliki mentor dalam dalam karir.

1. Perluas relasi

Memiliki mentor akan menjadikan nilai lebih Anda dalam hal aspek relasi. Ketika Anda memiliki mentor, secara tidak langsung Anda akan terus memperluas relasi. Dengan koneksi tersebut, Anda bisa  terus belajar hal dan membantu Anda dalam meraih kesempatan karir.

2. Tempat mencari tahu

Setiap individu pasti saja memiliki tingkat pengetahuan nya masing-masing. Maka dari itu, Anda bisa bertanya banyakmengenai karir yang sedang Anda rintis dan rencanakan. Hal-hal yang bisa Anda cari tahu meliputi jenjang karir yang baik, langkah dan persiapan untuk menunjang karier, hingga pengetahuan-pengetahuan yang lainnya. 

3. Belajar dari ahlinya

Secara umum,  mentor tidak hanya bermanfaat dalam proses memulai persiapan karir. Akan tetapi,  terdapat sekali keuntungan khusus yang akan Anda dapatkan. Salah satunya belajat tentang kompetansi karier. Secara tidak langsung, hal tersebut akan meningkatkan sebuah pengetahuan dan keahlian.

4. Mampu meminimalisir kesalahan

Proses pengambilan keputusan perlu beberapa pertimbangan dan  analisa. Maka dari itu, fitur unggulan dari mentor adalah untuk memberikan akses jalan pola pikir agar mampu meminimalisir terjadinya proses kesalahan. Tentunya berguna dalam keputusan karir Anda.

Sebenarnya terdapat banyak sekali manfaat yang hasilkan dari mempunyai mentor. Sehingga kesimpulannya penting bagi Anda untuk memiliki mentor sebagai steering committee untuk meraih prestasi dalam karier. Maka dari itu mulai lah dari sekarang Anda untuk mencari mentor yang tepat agar bisa mendongkrak karir dan prestasi Anda.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait