Fun Fact

Serba-Serbi Perayaan Kemerdekaan 17-an di Dunia Tambang

Yuk cari tau serba-serbi kegiatan yang unik dilakukan diarea kerja tambang yang tentunya menarik.

Minir19 Agustus 2021

                                                      kemerdekaan republik indonesia

Tepat pada hari selasa 17 Agustus 2021, indonesia memperingati hari kemerdekaan republik indonesia yang tentunya hal ini disambut meriah baik dari pemerintah maupun masyarakat indonesia. Salah satu yang ikut memeriahkan acara kemerdekaan adalah para pekerja tambang, yang tentunya ada kegiatan menarik yang diselenggarakan dengan penuh rasa semangat, demi mengenang jasa para pahlawan.

Jadi penting buat pembaca untuk tau serba-serbi yang ada di dunia tambang. Berikut beberapa serba-serbi unik yang ada di pekerja tambang:

1. Upacara bendera 

upacara bendera

Upacara bendera dilakukan guna mengenang para jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekan indonesia. Umumnya upacara bendera dilakukan pada pagi hari dimulai pukul 08.00 sampai selesai, dan rutin dilakukan di area kantor tambang yang beroperasi. 

Karena arti penting tersebutlah yang membuat upacara bendera adalah hal utama serba-serbi yang ada di dunia tambang.

2. Mengadakan berbagai macam lomba

lomba tarik tambang

Setelah upacara bendera, terdapat lomba 17an. Kegiatan lomba-lomba ini seolah sudah menjadi tradisi tersendiri yang dilakukan oleh para pekerja tambang guna memeriahkan hari kemerdekaan. 

Ada banyak macam lomba yang dilaksanakan antara lain lombanya: lomba tarik tambang, lomba makan kerupuk, lomba panjat pinang dan masih banyak lomba lainnya yang tidak kalah menariknya.

3. Nobar film kemerdekaan

nonbar film kemerdekaan

Pada malam menjelang hari kemerdekaan diadakan kegiatan nonton bareng film kemerdekaan. Biasanya nonton bareng yang dilakukan oleh para pekerja tambang yaitu dilakukan di mess, tempat pekerja tinggal. 

4. Menghiasi area sekitar dengan atribut kemerdekaan

atribut kemerdekaan

Menghiasi area sekitar kerja dengan atribut kemerdekaan adalah hal yang lumrah dan wajib untuk dilakukan di area kerja dan kantor tambang. Sebagai contohnya menghiasi area office dengan bendera merah putih, meng-cat area-area tertentu, memasang bendera kemerdekaan, dan atribut kemerdekaan lainnya. 

5. Acara makan-makan enak

makan-makan

Siapa sih yang tidak suka makan enak...? tentunya semua mau. Moment 17an ini juga dapat dimanfaatkan oleh para pekerja tambang untuk makan-makan bareng dan enak yang tentunya gratis. Biasa dilakukan saat selesai upacara bendera, yang tentunya banyak menyuguhkan makanan-makanan.

6. Mengadakan kegiatan dengan masyarakat sekitar

melakukan kegiatan dengan masyarakat

Kegiatan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan lainnya adalah mengikuti kegiatan dengan masyarakat sekitar area operasi tambang guna memperkuat persatuan dan kesatuan antar sesama. Salah satu kegiatannya adalah mengadakan doa bersama dan dilanjutkan dengan makan-makan.

Mari kita rayakan kemerdekaan ini agar menjadi insan yang mampu menghormati sebuah kemerdekaan guna mensukseskan cita-cita mulia bangsa Indonesia.

Kira kira ada yang kurang tidak.....?

Jika yaa bisa ditambahkan yaa serba-serbi yang ada di area tambang Anda...............

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait