Pengetahuan

Strategi Cerdas Memulai Self Improvement

Self improvement merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas diri agar menjadi orang yang lebih baik.

Minir9 November 2021

Akhir-akhir ini kita sering dengar sebuah kata yaitu tentang self improvement. Lalu apa sebenarnya sih self improvement itu?

Self improvement adalah upaya untuk meningkatkan kualitas diri agar menjadi lebih baik lagi. Ini dapat meliputi pengembangan minat bakat dalam mewujudkan impian, meningkatkan kualitas hidup, serta kesadaran dan identitas diri.

Perlu kamu ketahui bahwa self improvement ternyata memberikan dampak positif pada kesehatan mental lho. Dari pentingnya dampak yang dihasilkan perlu banget niih buat kamu untuk bisa mengatur strategi cerdas self improvement.

Klik juga

Lalu gimana sih strategi untuk memulai self improvement yang cerdas? Yuk kita simak sama-sama berikut adalah pemaparannya.

1. Berusaha memiliki pola tidur yang teratur.

Mengingat aktivitas yang padat tubuhmu perlu istirahat yang cukup. Jangan biarkan kamu bergadang hingga larut malam setiap hari, tetapi besoknya kelelahan saat melakukan rutinitas. Hal ini upaya diri untuk melakukan self improvement. 

2. Lebih peka terhadap lingkungan sekitar .

Sebagai upaya peningkatan diri hindari sikap cuek lingkungan yang ada di sekitarmu . Mengenali lingkungan sekitar merupakan hal kecil yang wajib dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri. Sekedar menyapa dan menanyakan kabar termasuk peka terhadap keadaan lingkungan sekitar .

3. Berbuat baik kepada orang lain .

Selain menjadi pribadi yang ramah, berbuat baik kepada orang lain adalah bentuk dari self improvement. Efek dari berkuat baik adalah perasaan kamu akan bahagia dan sebagai bukti syukur atas apa yang kamu miliki dan rasakan .

4. Berdamai dengan diri sendiri dan juga kepada orang lain .

Kebencian terhadap diri sendiri bukanlah solusi untuk menjadikan diri sendiri menjadi lebih baik. Stress dan imun menurun sebagai contoh dampak benci terhadap diri sendiri dan tidak self improvement. 

Berusaha mengevaluasi diri serta berdamai atas kesalahan diri sendiri dan orang lain yang pernah membuat kamu kecewa. Lepas dari tekanan membuatmu jadi lebih maju daripada berdiam diri dan merenungi hal-hal yang tidak ada gunanya. 

Yuk kita tingkatkan kecintaan terdapat diri sendiri karena semua perubahan kecil itu tercermin dari diri kita. Segala bentuk upaya yang kita lakukan merupakan sesuatu hal yang nyata untuk dapat meningkatkan minat, potensi, dan bakat kita agar kualitas hidup kita menjadi lebih baik.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait