Opini

Sudah Punya Sertifikasi? 5 Hal Penting Jika Kamu Memiliki Sertifikat Kompetensi

Perlu diketahui bahwa sertifikasi bukan lah sertifikat biasa dan tidak sembarangan dalam penerbitan sertifikasi. Penerbitan sertifikasi keluar bila seseorang benar-benar dinyatakan memiliki kualifikasi kompetensi yang memenuhi standar.

Minir11 Februari 2022

Dalam era 4.0 menuju 5.0 persaingan sumber daya manusia terus meningkat. Saat ini, sumber daya manusia yang memiliki keunggulan yang dilirik para pencari kerja..

Selain itu, seseorang dapat dinyatakan punya kompetensi yang apabila memiliki bukti yang sah. Bukti keahlian kompetensi itu biasa disebut sertifikat kompetensi atau disingkat sertifikasi. Di dalam sertifikat kompetensi biasanya memuat mengenai capaian dan kompetensi.

Dengan adanya sertifikat kompetensi, kamu dapat bersaing dengan kandidat pencari kerja lainnya.

Manfaat memiliki sertifikat kompetensi

Perlu diketahui bahwa sertifikasi ini tidak sembarangan diterbitkan. Penerbitan sertifikasi keluar bila seseorang benar-benar dinyatakan memiliki kualifikasi kompetensi yang memenuhi standar. Sertifikat kompetensi dikeluarkan langsung oleh lembaga pemerintah maupun non-pemerintah yang sudah terdaftar

Bagi kalian yang masih bingung, manfaat dari sertifikat kompetensi. Berikut penulis merangkum 5 manfaat memiliki sertifikat kompetensi :

1. Menciptakan Keunggulan yang jauh lebih kompetitif

Sudah nampak jelas jika seseorang memiliki sertifikasi kompetensi akan memiliki nilai lebih di dunia kerja. Selain itu dengan adanya sertifikasi bisa menjadi pembeda kamu dengan para profesional lainnya. Dengan adanya sertifikasi bisa menjadi track record bahwa kamu punya kompetensi yang kamu ambil.

2. Dapat mempermudah HRD memahami Kompetensi yang kamu miliki

Seseorang yang memiliki bakat keahlian kompetensi memanglah harus memiliki bukti yang sah. Sehingga agar bukti kompetensi yang kita miliki tersebut sah, kita memerlukan sertifikat kompetensi. Selain itu, Adanya sertifikasi akan mempermudah HRD mengetahui kemampuan teknik yang kamu miliki.

3. Sebagai aset yang berharga

Sedikit orang yang menyadari jika sertifikasi bisa menjadi aset berharga yang kamu miliki. Banyak orang kurang menyadari bahwa adanya sertifikasi membuatmu mendapatkan pekerjaan dan menaikkan penghasilan.

4. Dapat mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan

Seseorang yang memiliki sertifikasi pasti memiliki jangka waktu yang telah ditentukan. Ketika masa berlakunya habis, kamu dapat memperpanjang degan ikut ujian sertifikasi. Selain itu dengan adanya sertifikasi tersebut mampu mengeksplorasi keahlian yang kita miliki.

5. Sebagai daya dongkrak kredibilitas seseorang professional

Dengan adanya sertifikasi, kamu akan memiliki nilai personal branding yang jauh lebih baik. Hadirnya sertifikasi membuatmu dinilai lebih professional, dan unggul di dalam dunia industri.

Pentingya memiliki sertifikasi bagi setiap orang yang ingin bekerja secara profesional. Sertifikat bisa kamu dapatkan dengan melakukan assessment kompetensi sesuai dengan latar belakang pendidikanmu. Selain itu kamu bisa melakukan uji sertifikasi pada lembaga pemerintah yaitu BNSP.

Share:

0 Komentar