Kreatifitas

KEROSTIK (Keramik dan Roster Plastik) Solusi Kreatif Mengatasi Pengolahan Limbah Plastik

Manfaat Kegiatan Dengan menghasilkan produk keramik plastik yang berbahan baku kantong plastik dan tutup botol minuman yang sudah tidak terpakai diharapkan memiliki beberapa manfaat yang bisa kita ambil seperti mengurangi limbah sampah plastik.

KEROSTIK (Keramik dan Roster Plastik) Solusi Kreatif Mengatasi Pengolahan Limbah Plastik

Semenjak penerapan peraturan pelarangan penggunaan kantong plastik, berdampak pada penumpukan kantong plastik yang tidak dapat digunakan kembali. Kurangnya inisiatif masyarakat membuat pengelolaan limbah plastik tidak berjalan konsisten. Banyaknya industri pengelolaan limbah plastik tidak menjamin masyarakat ikut berkontribusi dalam kesehariannya.

Solusi kreatif mengatasi pengolahan limbah plastik

Maka dari itu, lahirlah inovasi gabungan keramik dan roster plastik yang terbuat dari bahan baku kantong plastik serta tutup botol minuman. Dengan menerapkan fungsi dan estetika arsitektur, mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga terjangkau. Secara tidak langsung membawa masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam pengelolaan limbah plastik. Keramik interior bangunan menambah nilai estetika dengan memasukkan motif Dayak Kalimantan. Dalam sekali jual, produk keramik roster plastik dijual dengan harga terjangkau..

Produk ini berasal dari kantong plastik dan botol minuman yang dileburkan dan di campur dengan pasir. Setelah dileburkan barulah dibuat  keramik berukuran 30 cm x 30 cm dengan cetakan motif batik Dayak khas Kalimantan Timur. Adapun produk ini dapat di desain sesuai dengan keinginan pembeli. Botol plastik di daur ulang menjadi barang semula. Secara garis besar, plastik digolongkan menjadi bentuk lain dan bersifat termoset, setelah dipakai tidak dapat digunakan kembali.

Botol plastik adalah termasuk golongan jenis plastik Polyethylene Terephthalate (PET). Jenis ini bisa digunakan sebagai produk dengan fungsi seperti pengganti roster dan keramik. Polyethylene Terephthalate (PET) adalah resin polyester yang tahan lama, kuat, ringan dan mudah dibentuk. Kepekatannya adalah sekitar 1,35-1,38 gram/cc, ini membuatnya kokoh.

Rumus molekulnya adalah (CO-C6H5-CO-OCH2-CH2-O-)n. Plastik ini memiliki kekuatan mekanik yang tinggi, transparan, tidak beracun, dan tidak pengaruh pada rasa dan permeabilitas yang dapat diabaikan untuk karbon dioksida. Plastik PET memiliki kekuatan tarik dan impak yang sangat baik. Terutama dengan ketahanan kimia, kemampuan warna dan stabilitas termalnya

Tujuan KEROSTIK (Keramik dan Roster Plastik) 

Membantu pemerintah dalam meminimalisir limbah plastik dengan memaksimalkan pengelolaan limbah plastik tersebut. memenuhi kebutuhan estetika masyarakat mulai dari kalangan menengah kebawah hingga keatas. 

Dengan menawarkan solusi kreatif dapat melahirkan produk keramik dan roster plastik yang berbahan baku kantong plastik. Memberikan nilai jual dan menambahkan nilai budaya pada produk.

Manfaat KEROSTIK (Keramik dan Roster Plastik)

Kegiatan ini bermanfaat untuk mengurangi limbah sampah plastik  yang sudah tidak terpakai lagi. Selain itu, membuka usaha pengolahan limbah dan menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat.
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait