Kreatifitas

Cara Merapikan Skripsi Dengan Mudah, ANTI RIBET !

Skripsi atau Tugas Akhir sering kali menjadi hal yang menakkutkan bagi mahasiswa tingkat akhir

Sigit Indriyanto12 Oktober 2022

Skripsi atau tugas akhir seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi setiap mahasiswa. Banyak mahasiswa harus mengulang judulnya, revisi aporan, bahkan beberapa mahasiswa memilih untuk mengundurkan diri gara-gara penilaian skripsi atau tugas akhir.

Salah satu faktor yang membuat mahasiswa malas mengerjakan skripsi yakni revisian dari dosen. Seringkali mahasiswa kena mental terlebih dahulu sebelum mengerjakan skripsi. Kebayang-bayang bahwa nantinya akan banyak direvisi skripsi yang sudah dibuat.

Sebenarnya, revisi adalah hal yang wajar ketika kita mengikuti bimbingan dengan dosen pembimbing. Akan tetapi, terkadang kita justru apes dengan revisian yang begitu banyaknya. Dimulai dari revisi data, metode penelitian, konsep dari rancangan alat, sampai format penulisan.

Nah, khusus untuk format penulisan, di sini saya akan membagikan tips supaya penulisan skripsi menjadi rapi sesuai dengan ketentuan dalam waktu yang singkat. Ini caranya 

Memanfaatkan Fitur Style di Microsoft Word

Sesuai dengan judulnya, disini kita akan memanfaatkan fitur style yang terdapat di Word. Fitur style berfungsi untuk menerapkan suatu format tulisan agar sesuai dengan format yang sudah ditetapkan. Sehingga, untuk merapikannya kita cukup pilih style yang sudah tersedia.

Fitur Style di Word
Fitur Styles di Word

1. Langkah pertama, yaitu tentukan terlebih dahulu seperti apa format yang dibutuhkan. DImulai dari jenis font, ukuran font, posisi teks, dan lain-lain

Teks Sebelum diformat

2. Setelah style disesuaikan, kemudian blok teks lalu masuk ke menu styles lalu pilih "Create A Style". Dengan memilih "Create A Style", artinya di sini teman-teman sudah menetapkan bagaimana style yang akan disimpan ke library styles. Kemudian beri nama untuk style yang sudah ditetapkan, seperti berikut.

Create A Style
Menu "Create A Style"
Penamaan Style
Memberi Nama Style

3. Kemudian, untuk membuat judul subbab 1.1, bisa lakukan hal yang sama seperti sebelumnya dengan cara Create A Styles.

4. Penamaan style disesuaikan dengan keinginan teman-teman. Di artikel ini, nama yang digunakan yakni sebagai berikut.

Nama Style Subbab
Nama Subbab

4. Tidak berhenti sampai disitu, kita akan merapikan juga bagian paragraf dari skripsi. Metode yang digunakan masih sama seperti sebelumnya dengan memanfaatkan fitur styles.

Menentukan Style Paragraf
Menentukan Style Bagian Paragraf

5. Kemudian, beri nama style sesuai keinginan

Nama Styles Untuk Bagian Paragraf

6. Terakhir, kita aplikasikan style yang sudah dibuat sebelumnya, baik paragraf, judul bab, maupun judul subbab. Caranya cukup klik style yang dibutuhkan

Merapikan Paragraf Dengan Style
Menerapkan Style ke Paragraf
Menerapkan Style Untuk Subbab

 

Selanjutnya, teman-teman cukup pilih style yang akan diaplikasikan ke teks yang ingin dirapikan. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa menonton video berikut ini

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait