Teknologi

Kenali 4 Jenis Teknologi Mobil Listrik di Dunia

Inovasi Perkebangan dunia otomotif sekarang semakin beragam salah satunya produk ramah lingkungan yaitu mobil listrik.

Ade Apristiawan9 Oktober 2022

Saat ini tren penggunaan mobil listrik semakin masif perkembangannya. Berbagai macam jenis mobil listrik sudah banyak diproduksi dengan penggerak penuh atau sebagian menggunakan energi listrik.

Dari sejarahnya, mobil listrik sebenarnya bukanlah hal baru di dunia otomotif. Sekitar tahun 1880 an mobil listrik sudah dimulai pembuatannya. Perkembangan teknologi mobil listrik saat itu tidak seperti sekarang karena komponen dan spare part masih terbatas. Penggunaan BBM atau Internal Combustion Engine masih mendominasi dengan faktor lebih praktis.

Saat ini perkembangan sistem mobil listrik sangat pesat dan jenisnya beragam seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), BEV (Battery Electric Vehicle), FCEV (Fuel Cell Electrical Vehicle).

Bagi yang tertarik ingin mengetahui mobil listrik, simak pembahasan jenis mobil listrik yang beredar di dunia otomotif sekarang.

1. HEV (Hybrid Electric Vehicle)

Mobil ini gabungan dari dua mesin penggerak yaitu Motor Listrik (Electric Motor) dan Mesin Bahan Bakar Minyak (Internal Combustion Engine). Kedua mesin tersebut dapat dipakai secara independent ataupun bersamaan. Untuk pengisian daya listrik, tipe HEV tidak dilakukan secara external karena tidak memiliki inlet charging port. Maka energi listrik berasal dari energi kinetik yang dihasilkan saat mobil akselerasi dan pengereman.

Untuk kapasitas battery mobil jenis HEV relatif rendah penyimpanannya sehingga tidak dapat menjangkau jarak jauh apabila menggunakan full mode electric. Contoh mobil jenis ini yaitu HONDA Civic Hybrid, TOYOTA Camry Hybrid dan TOYOTA Prius Hybrid.

2. PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)

Prinsip kerja mobil PHEV seru[a dengan HEV, perbedaannya pada sistem pengisian daya listriknya dimana bisa dilakukan secara external karena tersedia inlet charging port pada mobil. Kapasitas battery-nya lebiH besar dibandingkan dengan HEV.

Beberapa mobil tipe PHEV biasanya memulai kecepatan dengan electric mode antara 0 – 60 mil/jam. Setelah kecepatan diatas itu secara otomatis sistem berubah menjadi hybrid.

Contoh mobil listrik jenis PHEV yaitu AUDI A3 E-Tron, BMW X5, BMW i8, CHEVROLET Volt, CHRYSLER Pacifica, FIAT 500e, FORD C-Max, FORD Fusion Energy, KIA Optima, HYUNDAI Sonata, MERCY GLE550e, MINI COOPER SE Countryman, PORSCHE Cayene S E-Hybrid, PORSCHE Panamera S E-Hybrid dan VOLVO XC90.

3. BEV (Battery Electric Vehicle)

Prinsip kerja jenis BEV (Battery Electric Vehicle) yaitu mesin digerakan dengan energi listrik penuh berbeda. Untuk pengisian daya listrik jenis mobil ini dilakukan secara external baik dari stasiun pengisian kendaraan listrik umum dan charging port adaptor apabila melakukan pengisian daya listrik dirumah.

Contoh mobil listrik seperti ini yaitu BMW i3, CHEVROLET Bold, CHEVROLET Spark, FORD Focus Electric, KARMA Revera, HYUNDAI Ioniq, KIA Soul, MITSUBISHI I-Miev, NISSAN Leaf, TESLA Model 3, TESLA X, TOYOTA Rav4 dan VOLKSWAGEN e-Golf.

4. FCEV (Fuel Cell Electrical Vehicle)

Jenis FCEV (Fuel Cell Electrical Vehicle) dikenal sebagai kendaraan yang paling ramah lingkungan atau zero emission. prinsip kerja jenis FCEV mengandalkan sistem Fuel Cell sebagai penghasil energi listrik. Sistem fuel cell sendiri berperan sebagai alat konversi dari energi kimia yang merubah menjadi energi listrik. dimana energi listrik yang dihasilkan karena adanya proses reaksi kimia antara oksigen dan hydrogen.

Mobil jenis FCEV  juga dikenal paling cepat melakukan pengisian daya listrik. Untuk jenis ini masih ada beberapa produsen mobil yang memproduksi dikarenakan pembuatan komponen lebih rumit dan juga harganya paling tinggi. Contoh mobil ini seperti HONDA Clarity Fuel Cell, HYUNDAI Nexo, HYUNDAI Tucson, TOYOTA Mirai dan RIVERSIMPLE Rasa.

Masing – masing jenis mobil listrik mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lalu semakin banyak bertambahnya model mobil listrik terbaru dari inovasi yang dilakukan produsen otomotif. 

Semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih paham tentang perkembangan teknologi mobil listrik yang ada sampai saat ini dan juga bisa menjadi referensi bagi yang masih bingung dengan jenis mobil listrik.
 

Share:

0 Komentar