Industri

Pemanfaatan Batubara Untuk Berbagai Industri

Untuk sebagian orang hanya mengetahui bahwa batubara sebagai energi namun banyak tidak batubara memiliki banyak manfaat.

Bukannya Batubara Hanya Untuk Energi Aja? 

Pemanfaatan batubara sebagai energi, penghasil listrik, pembuatan industri semen. Batubara merupakan salah satu hasil alam yang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Batubara adalah suatu batuan sedimen tersusun unsur karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur. Sifatnya mudah terbakar, terbentuk dari endapan organik dan terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan. Proses ini membutuhkan waktu yang lama tempat pembentukan sangat menentukan karakteristik kimia batubara.

Sebenarnya masih banyak kegunaan dalam berbagai industri yang tentu kamu harus tahu. 

1. Penghasil Produk Gas

Selama proses pembatubaraan (coalification) yakni gas metan. Metana adalah proses dekomposisi dari senyawa organik selama proses pembatubaraan sebuah lapisan batubara. Proses pengambilan gas cukuplah rumit dan membutuhkan alat canggih.

Gas alami batu bara murni tersebut akan diolah di tempat pertambangan. Hasil produk tersebut meliputi bahan bakar industri, pembangkit listrik tenaga gas, serta produk hidrogen dan juga solar.

Teknologi pengembilan gas dari batu bara alami telah diterapkan di berbagai negara seperti China, Australia, dan Jepang. 

2. Industri Baja

Produksi baja mentah menggunakan bahan batubara kokas. Produksi baja melibatkan karbon dan juga bahan besi.

Karbon merupakan hal diperlukan untuk memanaskan bahan besi dan akan mengubahnya menjadi baja. Karbon yang terbuat dari  batubara akan menghasilkan panas yang sangat tinggi. untuk memproduksi baja. Dengan menambahkan karbon dalam ikatan besi dapat meningkatkan kekuatannya dalam keperluan industri. 

3. Produksi Silikon

Logam silikon merupakan salah satu hasil sampingan pengolahan baja. Logam silikon dapat menghasilkan berbagai jenis komponen yang berperan dalam mendukung berbagai industri.

4. Produksi Naftalen 

Naftalen merupakan bahan kimia cair khusus yang didapatkan dari hasil olahan batubara. Batubara yang dihancurkan kemudian akan menghasilkan bahan sampingan yang berupa bubuk halus. Kemudian, bubuk halus dimurnikan ulang untuk menghasilkan naftalen.

5. Kompenen Bahan Sabun

Pabrik industri sabun membutuhkan hasil sampingan olahan batubara yang telah melewati proses pembakaran, pemurnian bahkan hingga tahap akhir.

6. Industri Pertanian

Produksi pupuk pertanian membutuhkan pembakaran khusus dari batubara. Beberapa macam produk kimia bahkan dihasilkan dari olahan sampingan dari sisa pembakaran batubara.

Berbagai jenis produk olahan sampingan batubara ini akan dimurnikan menggunakan perlengkapan khusus untuk membuat bahan pembuat pupuk kimia.

7. Produksi Asam Nitrat 

Asam nitrat adalah salah satu hasil olahan sampingan selama produksi kokas batubara. Beberapa industri akan menghasilkan bahan kokas lewat proses pembakaran. Kemudian uap dari kokas dirubah menjadi bentuk asam nitrat. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait