Pengetahuan

Sumber Daya VS Cadangan Batubara, Apa Bedanya?

Di industri memiliki istilah dan pemahaman yang tak semua orang tahu. Misalnya, perbedaan sumber daya cadangan batubara dalam dunia tambang

Sumber Daya VS Cadangan Batubara, Emang Beda ? 

Dalam dunia industri memiliki istilah yang sulit dimengerti oleh orang umum. Orang dengan latar belakang teknik pertambangan lebih paham tentang industri pertambangan. Contohnya saja sumber daya batubara dengan cadangan batubara sangatlah berbeda.

Sebelum itu kita mesti memahami apa itu endapan batubara. Endapan batubara adalah akumulasi material organik dari sisa tumbahan melalui proses litifikasi. Hasilnya diguna untuk membentuk lapisan batubara.  

Sumber daya batubara dan cadangan batubara adalah upaya pengelompokan berdasarkan keyakinan geologi dan kelayakan keekonomian .

Sumber Daya Batubara

Merupakan bagian endapan batubara yang diharapkan dapat dimanfaatkan. Hal ini ditentukan oleh kondisi geologi atau kompleksitas secara kuantitatif oleh jarak titik informasi. Berdasarkan tingkat keyakinan geologi, berikut kualifikasinya ; 
  • Sumber Daya Batubara Hipotetik
  • Sumber Daya Batubara Tereka 
  • Sumber Daya Batubara Tertunjuk
  • Sumber Daya Batubara Teruku

Cadangan Batubara

Bagian dari sumber daya batubara yangsudah diketahui dimensi, kuantitas, dan kualitasnya. Sudah dinyaatakan layak tambang pada saat pengkajian. Berikut tingkatan klasifikasi batu bara berdasarkan keyakinan geologi dan kelayakan keekonomian.

Cadangan Batubara Terkira

Sumber batubara Tertunjuk dan sebagian sumber daya batubara terukur. Dapat dikatakan layak apabila memenuhi semua faktor yang terkait. . 

Cadangan Batubara Terbukti. 

Sumber daya batubara terukur berdasarkan kajian kelayakan semua faktor yang terpenuhi. Dengan begitu, hasil kajiannya dinyatakan layak.

Berdasarkan halaman Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan Kalimantan menyimpan 62,1% dari total potensi cadangan dan sumber daya batubara Indonesia. Angkanya mencapai 88,31 Miliar Ton dan cadangan 25,84 miliar ton. 

Sumatera memiliki 55,08 miliar ton untuk sumber daya dan 12,96 miliar ton. Dengan sumberdaya itu masih menjadi andalan Indonesia dalam penyediaan energi dengan harga terjangkau. 

Keyakinan Geologi dan Kelayakan Ekonomi 

Keyakinan Geologi

Tingkat kepercayaan yang ditentukan oleh kerapatan titik informasi geologi seperti ; ketebalan, kemiringan, bentuk, korelasi, sebaran, struktur, ketebalan tanah penutup, kuantitas dan kualitas. Tentu saja sesuai dengan tingkat penyelidikan.

Secara kuantitatif, tingkat keyakinan geologi dilihat dari singkapan dan lubang bor. 

Kelayakan Ekonomi

Suatu kajian rinci terhadap semua aspek teknik dan ekonomis dari proyek pertambangan dari eksplorasi hingga eksploitasi. Kajian ini meliputi ekonomi, penambangan, pengolahan, pemasaran, UUdan kebijakan, Lingkungan, dan sosial.

Ketebalan minimal lapisan batubara yang dapat ditambang dan lapisan pengotor menjadi pertimbangan dalam aspek keekonomian. 

Bagaimana pendapat Anak Teknik semua? Ada komen atau share ilmunya silahkan silahkan coret dikolom komentar. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait