Pengetahuan

10 Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Bagi Wanita yang Harus Anda Tahu

Peluang atau prospek kerja wanita bisa dikatakan tidak kalah banyak dibandingkan dengan pria. Untuk itu tuk simak dulu ulasannya berikut ini!

Agus Triono17 Agustus 2021

Anak Teknik - Jurusan Teknik acap didominasi kaum laki-laki  semenjak beberapa dasa warsa lalu. Namun, bukti emansipasi perempuan mulai menggoyahkan cacat tersebut. Pasalnya, banyak perempuan yang mulai tertarik mempelajari ilmu teknik pada bangku kuliah. Kalau Anda berada pada peminatan IPA & ingin melanjutkan ke Teknik Sipil, kenapa tidak? Peluang kerja lulusan Teknik Sipil bagi perempuan tidak kalah banyak dibandingkan laki-laki , kok.

Setelah lulus kuliah Teknik Sipil, Anda mampu menampakan kiprah perempuan pada industri yang dianggap ‘macho’. Peluang kerja apa saja yang mampu Anda pilih sesuai dengan disiplin ilmu di bangku kuliah Anda? AnakTeknik hadir & merangkumnya buat Anda para wanita yang telah lulus teknik sipil. Yuk, simak ulasan singkat berikut!

Baca Juga : 10 Peluang Atau Prospek Kerja untuk Teknik Sipil yang Wajib Anda Tahu

1. Teknisi Sipil

Anda bisa sebagai teknisi sipil yang menerima gaji yang bisa dikatakan cukup besar tergantung proyek yang ditangani. Teknisi sipil mempunyai tugas membantu insinyur sipil pada merencanakan, merancang & mengawasi konstruksi proyek bangunan.

2. Insinyur Sipil

Tanggung jawab insinyur sipil sangat besar karena berkaitan dengan desain, manajemen & pengawasan konstruksi proyek. Anda adalah orang yang akan memilih keputusan atau kebijakan krusial terkait prediksi kasus proyek bangunan.

3. Insinyur Sumber Daya Pengairan

Anda mampu bekerja menjadi sosok cerdas dibalik pembangunan sistem saluran & kualitas air pada sumber daya pengairan. Sebagai insinyur yang dilibatkan pada penentuan desain & pembangunan proyek.

Baca Juga : Mengenal Lebih dalam Jurusan Teknik Sipil

4. Konsultan Konstruksi

Menjadi konsultan konstruksi adalah peluang kerja yang menarik bagi lulusan Teknik Sipil. Anda siap membantu klien yang hendak melakukan pembangunan proyek skala mini sampai besar, contohnya proyek pembangunan jalan, perumahan, saluran air, & masih banyak proyek menarik lain.

5. Pegawai Pemerintahan

Peluang kerja lulusan Teknik Sipil lainnya bagi perempuan yaitu bekerja menjadi staf pemerintahan atau BUMN dengan gaji yang sesuai dengan anggaran pemerintah.

6. Pengawas Konstruksi Dan Bangunan

Seorang wanita pun  bisa jadi pengawas konstruksi & bangunan dalam sebuah proyek. Anda bisa memilih kualitas struktur bangunan sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

7. Analis Kontrol Kualitas

Anda bisa menjadi penguji bahan baku yang bekerja pada perusahaan atau pembuat bahan bangunan. Tugas Anda yaitu memastikan bahan yang dijual sesuai dengan standar keamanan pembangunan.

8. Peneliti

Anda bisa mendobrak status wanita pada sistem sebagai peneliti. Anda bisa memanfaatkan ilmu yang Anda dapatkan di kampus buat meneliti kualitas bahan bangunan, kekuatan material & lain-lain.

9. Pendidik

Lulusan Teknik Sipil juga mempunyai peluang kerja menjadi tenaga pendidik asal Anda mau menyelesaikan studi magister terlebih dahulu

10. Wirausaha

Dengan ilmu & wawasan selama kuliah, Anda bisa menjadi seseorang pengusaha yang paham bahan-bahan bangunan terbaik. Menjadi pengusaha perempuan yang profesional, kenapa tidak?

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan untuk Menjadi Insiyur Sipil/Civil Engineer

Nah itu lah 10 Peluang atau Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil Bagi Wanita yang Harus Anda Tahu! Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua ya. 

Share:

0 Komentar