Industri

10 Peluang Atau Prospek Kerja untuk Teknik Sipil yang Wajib Anda Tahu

Peluang atau prospek kerja bagi lulusan teknik sipil sebenarnya terbuka begitu lebar. Buat Anda yang baru saja lulus jurusan teknik sipil, yuk simak ulasan berikut ini.

Agus Triono3 Agustus 2021

Anak Teknik - Peluang atau prospek kerja bagi lulusan teknik sipil sebenarnya terbuka begitu lebar. Gaji yang ditawarkan buat lulusan teknik sipil pun sanggup dikatakan relatif tinggi. Tidak mengherankan bila jurusan teknik sipil ini mempunyai begitu banyak peminatnya. Untuk memahami lebih jauh tentang peluang atau prospek kerja dari jurusan ini? AnakTeknik hadir & merangkumnya buat Anda yang lulusan teknik sipil! Yok simak 10 peluang atau prospek kerja untuk teknik sipil yang wajib Anda tahu.

1. Manajer Konstruksi

Peluang kerja pertama yang sanggup dihasilkan oleh seseorang lulusan teknik sipil merupakan manajer konstruksi. Sebagai manajer konstruksi Anda akan menjalankan tugas pemimpin yang menaruh pengarahan pada sebuah proyek konstruksi. Anda juga akan berperan menjadi pengawas berjalannya proyek tersebut.

Jelas sekali bahwa kiprah manajer konstruksi sangat diperlukan pada berlangsungnya suatu proyek. Profersi ini sangat cocok untuk  Anda lulusan teknik sipil dengan kemampuan manajemen & kepemimpinan yang baik. 

2. Surveyor

Pilihan profesi berikutnya yang juga sanggup dipilih oleh sarjana teknik sipil merupakan sebagai surveyor. Surveyor merupakan salah satu profesi yang menjanjikan buat lulusan teknik sipil. Tugas yang akan Anda jalankan menurut profesi ini merupakan memastikan bahwa sebuah proyek pembangunan sudah berjalan mengikuti peraturan yang berlaku.

Baca Juga : 6 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru Sebelum Masuk Dunia Perkuliahan

Sebagai surveyor, Anda akan punya kiprah buat memastikan kelancaran berjalannya suatu proyek. Dari profesi ini Anda juga sanggup menerima gaji yang tidak mengecewakan. 

3. Drafter

Sebagai lulusan teknik sipil, Anda juga bisa menentukan buat bekerja menjadi drafter. Pekerjaan ini bisa digeluti oleh mereka yang adalah lulusan arsitektur juga teknik sipil. Selain jenjang karier yang bagus, profesi ini juga digemari lantaran perolehan gaji yang memuaskan.

Seorang drafter mempunyai tugas membuat gambar kerja dari sketsa kasar dari arsitek pada proyek pembuatan sebuah bangunan. Gambar kerja ini nanti akan dijadikan pedoman pembangunan proyek.

4. Project Manager

Anda juga bisa bekerja menjadi project manager sesudah lulus kuliah teknik sipil. Project manager adalah pilihan kerja yang banyak peminatnya. Sesuai dengan namanya, Anda akan berperan menjadi manajer pada sebuah proyek.

Baca Juga : Mengenal Lebih dalam Jurusan Teknik Sipil

5. Perencana Struktur

Peluang atau prospek kerja teknik sipil berikutnya yaitu sebagai perencana struktur. Apabila Anda bekerja menjadi perencana struktur maka Anda akan menerima tugas buat menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan dikerjakan. Tugas ini jelas sangat krusial buat mengawali jalannya suatu proyek konstruksi.

Perusahaan konstruksi pasti akan sangat membutuhkan orang dengan bidang profesi yang satu ini. Anda juga dapat menerima gaji yang memuaskan pada bidang profesi ini.

6. Direktur Kontraktor

Kalau profesi yang satu ini, berdasarkan namanya saja telah sanggup ditebak mempunyai pendapatan yang sangat tinggi. Peran & tanggung jawab yang Anda miliki menjadi direktur kontraktor pula pasti sangatlah berat. Anda akan bertanggung jawab penuh dalam beragam jenis proyek konstruksi yang dikerjakan.

Gaji yang akan Anda dapat berdasarkan profesi ini sangatlah besar. Namun untuk menempati posisi ini Anda harus memulai dari bawah, tentu jumlah gaji yang tidak langsung fantastis.

7. Direktur Konsultan Perencana

Setiap proyek pembangunan membutuhkan seseorang konsultan perencana. Anda bisa merintis dari awal sampai menjadi direktur konsultan perencana. Tentu saja profesi awal yang ditekunibervariasi selama berada dilingkup dunia konstruksi. Apabila track record & prestasimu memuaskan maka bukan hal yang tidak mungkin buat menempati posisi ini.

Direktur konsultan perencana bertanggung jawab penuh pada perencanaan proyek konstruksi. Hal ini pula akan sangat berpengaruh dalam hasil akhir pengerjaan proyek.

8. Quality Control

Sebagai lulusan teknik sipil Anda juga bisa memilih profesi menjadi quality control. Profesi ini bertugas melakukan pengawasan terhadap kualitas hasil pengerjaan suatu proyek. Profesi ini menjanjikan jenjang karier yang mapan dan perolehan gaji yang relatif besar.

Baca Juga : Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan untuk Menjadi Insiyur Sipil/Civil Engineer

9. Pelaksana Proyek

Profesi ini cocok buat ditekuni oleh Anda yang senang  bekerja langsung di lapangan. Sebagai pelaksana proyek Anda akan menerima tanggung jawab yang besar. Anda bertanggung jawab penuh dalam proses berlangsungnya proyek mulai dari awal perencanaan sampai selesai dikerjakan.

Perusahaan konstruksi pasti membutuhkan lulusan teknik sipil buat menempati posisi ini. Anda juga bisa menerima penghasilan besar sebagai pelaksana proyek.

10. Site Manager

Pilihan profesi lain yang bisa Anda geluti sehabis lulus sarjana teknik sipil merupakan site manager. Site manager adalah profesi bertanggung jawab pada urusan teknis & operasional pengendalian sebuah proyek. Peranmu sangat krusial buat memastikan proyek konstruksi mampu berjalan lancar tanpa kendala.

Posisi site manager pula sangat diharapkan pada banyak sekali perusahaan konstruksi. Anda bisa menerima penghasilan yang lumayan besar berdasarkan profesi ini.

Nah itu lah 10 Peluang Atau Prospek Kerja untuk Teknik Sipil yang Wajib Anda Tahu! Tetapi perlu diingat bahwa semua ini hanya mampu Anda dapatkan melalui kerja keras. Semoga artikel mengenai peluang atau prospek kerja teknik sipil ini mampu memotivasi Anda ya! Untuk informasi & tips penting lainnya, jangan lupa follow penulis Agus Triono di Instagram, Youtube, dan juga Facebook.

Share:

0 Komentar