Pengetahuan

Lux Dan Lumen, Istilah Pada Lampu Yang Harus Kamu Perhatikan Pada Lampu Selain Watt

Saat membeli lampu pasti kamu menyebut berapa Watt lampu yang ingin kamu beli. Tapi ada hal lain yang harus kamu perhatikan, yaitu Lumen dan Lux. Apa itu Lumen dan Lux? Apa perbedaan keduanya?

Akbar26 Mei 2021

Lagi rebahan di kasur, eh tiba-tiba lampu kamar tidur kamu putus. Kamu pergi ke toko lampu terus beli lampu yang Watt nya sama seperti sebelumnya, eh pas dipasang di kamar tidur kok terangnya beda ya? I

tu karena Watt bukanlah yang menentukan tingkat kecerahan suatu lampu. Terus kalau gitu apa dong? Ada yang harus kamu perhatikan pada lampu selain Watt, yuk kenalan sama Lumen dan Lux.

 

Apa Itu Lumen?

Lumen merupakan satuan intensitas cahaya yang dihasilkan oleh suatu sumber cahaya, misalnya lampu. Tingkat kecerahan suatu lampu ditentukan oleh Lumen, semakin tinggi Lumen maka semakin terang lampu tersebut.

Lumen biasanya dicantumkan pada keterangan lampu. Namun jika tidak diketahui Lumen pada suatu lampu, kamu dapat menggunakan perkiraan Lumen berdasarkan jenis dan Watt lampu dengan melihat tabel berikut.

tabel lampu lumen

 

Dalam pengukuran Lumen suatu lampu digunakan alat ukur berbentuk bola besar yang disebut Integrating Sphere. Alat ukur ini merupakan alat ukur yang membutuhkan biaya yang besar, sehingga sangat jarang yang memilikinya selain perusahaan pembuat lampu.

Integrating Sphere
Sumber : professormcled.wordpress.com

 

Apa Itu Lux?

Lux merupakan satuan intensitas cahaya yang diterima oleh suatu permukaan benda. Lux dipengaruhi Lumen suatu lampu dan luas sebuah ruangan.

1 lux = 1 lumen/m2

 

Misalnya, kamu membeli lampu dengan 800 lumen dan kamu pasang di toilet dengan luas 2 m x 4 m. Maka Lux pada toilet tersebut dapat dihitung sebagai berikut.

Lux = 800 lumen/8 m2 = 100 lux

 

Apabila lampu yang sama kamu pasang di ruang tamu dengan luas 5 m x 5 m, Lux pada ruang tamu tersebut adalah sebagai berikut.

Lux = 800 lumen/25 m2 = 32 lux

 

Dari contoh tersebut lampu dengan 800 lumen terasa lebih redup (Lux lebih rendah) ketika dipasang di ruang tamu dengan luas 25 m2 dibandingkan ketika dipasang di toilet dengan luas 8 m2. Maka dapat diketahui bahwa semakin luas sebuah ruangan semakin rendah Lux ruangan tersebut, begitu pula sebaliknya.

Karena itu saat akan membeli lampu sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu lampunya akan dipasang di ruangan yang mana, sehingga kamu dapat memperkirakan Lux yang kamu butuhkan dan Lumen lampu yang akan kamu beli.

Lux dapat diukur dengan menggunakan alat ukur yang disebut Lux Meter. Berbeda dengan alat ukur Lumen Integrating Sphere, alat ukur Lux merupakan alat ukur yang memiliki harga terjangkau dan mudah ditemukan.

lux meter
Sumber : resurrectedwriter.wordpress.com

 

Nah sudah tahu kan apa itu Lumen dan Lux? Jadi berikutnya kalau ingin beli lampu sudah tahu apa aja yang harus diperhatikan. Kalau gitu Watt lampu ga perlu diperhatikan? Tetap harus diperhatikan, Watt lampu menentukan daya listrik yang diserapnya. 

Semakin rendah Watt lampu semakin hemat pula pemakaian energi listrik kamu begitupun sebaliknya. Kalau bisa pakai lampu dengan Watt yang rendah dan Lumen yang tinggi, kenapa tidak?

Share:

0 Komentar