Sebelum membahas lebih jauh dengan alat kemudi kapal, sebenarnya apa yang dimaksud dengan kemudi?
Kemudi pada kapal laut
Kemudi merupakan suatu alat yang ada di kapal untuk mengontrol pergerakan kapal. Selain itu juga penting untuk menentukan keselamatan kapal. Oleh sebab itu kemudi kapal harus memenuhi persyaratan sesuai ketentuan SOLAS 74 No. 29 Bab II mengenai perangkat kemudi.
Nok Kemudi
Nok kemudi adalah bagian pada daun kemudi yang berfungsi menahan gerakan daun kemudi agar tidak melampaui batas efektif kanan dan kiri kemudi. Batas efektif yang ditentukan yaitu sekitar 30 – 35 derajat. Daun kemudi harus berada pada posisi tengah dari kiri atau kanan maksimum 28 detik.
Persyaratan Kemudi pada kapal laut
Beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh suatu kemudi adalah :
- Kemudi utama harus mempunyau kekuatan struktur yang baik. Ketika kapal pada kondisi kecepatan maksimum denga aman.
- Kapal memiliki perangkat kemudi utama atau steering gear dan perangkat kemudi mesin bantu atau auxiliary stearing gear. Perlengkapan ini harus memenuhi persyaratan.
- Penataan kemudi utama dan poros kemudi harus dikonstruksikan sedemikian rupa, sehingga tidak mengalami kerusakan ketika kapal bergerak mundur dengan kecepatan maksimum.
- Perangkat kemudi bantu harus mempunyai kekuatan struktur yang baik dalam kondisi kecepatan maksimum.
Jenis – Jenis Kemudi pada kapal laut
Letak Daun Kemudi Terhadap Poros
- Kemudi Biasa (Unbalanced Rudder)
Pada jenis kemudi ini memiliki luasan kemudi terletak dibelakang poros kemudi.
-
- Kemudi Balansir (Balanced Rudder)
Pada jenis kemudi ini memiliki luasan kemudi terletak ditengah poros kemudi.
Sehingga luasan kemudi akan terbagi dua bagian, bagian depan dan bagian belakang.
-
- Kemudi Setengah Balansir (Semi Balanced Rudder)
Pada jenis ini luasan kemudi terbagi menjadi bagian atas dan bawah. Bagian atas merupakan kemudi biasa, sedangkan bagian bawah merupakan kemudi balansir.
Penempatan Daun Kemudi
- Kemudi Meletak (Lower Pintle Rudder)
Pada jenis ini kemudi akan ditopang oleh sepatu kemudi atau pintle yang terdapat pada bawah daun kemudi.
-
- Kemudi Menggantung (Hanging Rudder)
Pada jenis kemudi ini tidak memiliki sepatu kemudi atau pintle, sehingga posisi daun kemudi terlihat menggantung dan hanya ditopang oleh poros kemudi.
-
- Kemudi Setengah Menggantung (Marine Rudder)
Pada jenis ini luasan kemudi terbagi menjadi bagian atas dan bawah. Bagian atas merupakan kemudi meletak dengan disangga oleh tanduk kemudi atau rudder horn, sedangkan bagian bawah merupakan kemudi menggantung.