Pengetahuan

Kenalan Sama Bagian Jangkar dan Peralatan jangkar

Jangkar merupakan salah satu peralatan penting pada kapal, tapi tau nggak sih bahwa jangkar memiliki bagian pendukungnya agar dapat digunakan.

Alif nur rochmad9 Agustus 2021

Halo sob, Kembali lagi nih…

Kali ini kita akan membahas tentang bagian – bagian penting dan alat pendukung dari jangkar.

Jadi pengertian jangkar (anchor) tersebut adalah suatu peralatan pada kapal yang digunakan untuk membatasi gerak kapal. Namun, tentu saja yang diperlukan tidak hanya jangkar, namun ada beberapa peralatan agar jangkar dapat digunakan. Berikut adalah bagian dan peralatan jangkar.

Sebuah kapal tidak akan memenuhi persyaratan berlayar apabila perlengkapan pada kapal tidak terpenuhi, salah satunya adalah peralatan mooring agar kapal tidak mudah berpindah posisi pada saat kapal berhenti di tengah laut. Baik untuk kegiatan observasi, perbaikan kapal, maupun memberikan bantuan kepada kapal lain sob

Baca juga : Macam – Macam Jangkar Pada Kapal

Jangkar

dari yang pertama adalah jangkar, jangkar memiliki bentuk mirip kail ikan dimana terdapat 2 sampai 4 ujung yang meruncing seperti cakar. Tujuannya adalah agar mampu menancap pada dasar laut dengan kuat serta agar tidak mudah lepas tentunya sob.

Menurut bentuknya jangkar  dibagi menjadi dua golongan, yaitu dari stock :

  1. Jangkar dengan lengannya tak bergerak yang dilengkapi dengan tongkat (stock). Dimana bisa di disebut jangkar fix, artinya tidak bisa dilipat.
  2. Jangkardengan lengan bergerat tanpa dilengkapi dengan tongkat (stock). Kalau jenis yang ini merupakan jenis jangkar yang bisa dilipat. Jadi ketika diangkat ke kapal akan otomatis terlipat dengan memanfaatkan gaya gravitasi dan titik berat sob.

Di samping pembagian tersebut di atas terdapat jenis – jenis lain tetapi pemakaiannya sangat jarang dan untuk kebutuhan – kebutuhan tertentu dan untuk kapal khusus. Beberapa kapal modern lebih memilih jangkar lipat karena sifatnya yang portable dan ringkas.

jangkar

Rantai Jangkar

Rantai jangkar (Anchor Chain), merupakan rantai yang terdiri dari potongan – potongan antara satu segel (Shackle) dengan segel lainnya yang tiap potongan masing – masing 15 fathoms (depa), dengan 15 Fathoms  (25 meter). Supaya kerusakan rantai dapat merata, maka pada waktu kapal di docking 15 fathoms pertama dilepaskan, lalu dipasang dibagian yang paling belakang. Beberapa kasus pada rantai jangkar biasanya dicat setiap 15 fathoms, tujuannya agar mudah dalam perhitungan ketika proses lego jangkar.

Setiap 15 fathoms diibaratkan dengan 25 meter, jadi jika kedalaman laut 100 meter maka kita harus membutuhkan rantai jangkar minimal 5 segel atau 5 dikali 25 meter, jadi sekitar 125 meter panjang jangkar.

rantai jangkar

Tabung Jangkar

Tabung jangkar (Hawse Pipe) adalah suatu pipa rantai jangkar yang menghubungkan antara  rumah jangkar ke geladak (deck) kapal sob. Lengkungan pada lubang pipa rantai di geladak dibuat agar memudahkan masuk / keluarnya rantai jangkar dengan gesekan seminim mungkin. Dan juga lubang dilambung jangan sampai membuat sudut yang terlalu tajang. Tabung jangkar umumnya terbuat dari logam baja dengan jumlah menyesuaikan jumlah jangkar, umumnya terdapat 2 buah di kanan dan kiri kapal sob.

tabung jangkar

Bak Penyimpanan Rantai Jangkar

Bak penyimpan rantai jangkar (chain locker), umumnya pada kapal – kapal tertentu letak chain locker ini adalah didepan collision bulkhead atau sekat tubrukan dan diatas forepeak tank atau tangka haluan. Sebelumnya chain locker berada di depan ruang muat namun dirasa kurang efisien karena mengambil sebagian volume ruang muat. Dibawah bak rantai terdapat lagi kotak bernama mud box, berfungsi untuk mengendapkan air maupun lumpur sehingga rantai tidak lembab dan tidak mudah berkarat sob.

bak penyimpanan rantai jangkar

Tabung Rantai

Tabung rantai (chain pipe), konstruksi dari tabung rantai inii meneyrupai  konstruksi dari hawse pipe yang terbuat dari steel plate (plat baja). Dibagian ujung bawah chain pipe yang menghadap bak rantai ini dilengkapi atau dipasang setelah besi bulat (half round bar).jumlah dari tabung hantai ini sama dengan tabung jangkar sob, jadi menyesuaikan aja. Biasanya didalamnya juga terdapat penyemprot air dengan tujuan membersihkan rantai dari lumpur dari laut sob, dengan tujuan untuk menghindari resiko cepat berkarat. Ya kalau rantai mudah berkarat akan mengeluarkan biaya tambahan lagi buat ganti rantai. Dan itu tidak semudah ganti rantai motor supri,

tabung rantai

Oke sob, sekian dan semoga bermanfaat

See you until next time…..

Share:

0 Komentar