Opini

7 Afirmasi Positif untuk Mahasiswa yang Telat Lulus

Pandemi Covid-19 menyisakan banyak luka. Kita harus rela mengundur banyak hal seperti event besar, hingga lulus kuliah tepat waktu

Andri Marza Akhda20 Juni 2022

Pandemi Covid-19 yang telah terjadi dalam 3 tahun belakangan ini telah memberikan dampak yang sangat signifikan di seluruh aspek kehidupan manusia. Indeks kualitas udara yang sempat meningkat ke arah yang lebih baik saat awal-awal pandemi. Banyaknya korban jiwa yang meninggal membuat masyarakat harus terbiasa hidup dengan masker. Tidak sedikit pergelaran dunia harus ditunda.

Bukan "hanya pengelaran dunia" yang ditunda, banyak mahasiswa terkhusus di Indonesia yang harus rela menunda kelulusan. Momentum mengerjakan skripsi yang awalnya didapatkan, menjadi hilang begitu saja ketika pandemi datang. Fasilitas dan kondisi pendidikan di Indonesia yang belum merata, menjadikan mahasiswa kesulitan mencari informasi. Sekadar bimbingan online dengan dosen pun masih kesulitan.

Kondisi-kondisi tersebut, menjadikan banyak dari mahasiswa angkatan 2016, 2017, 2018 harus menunda kelulusan. Selain terpuruk karena kondisi, kebanyakan mahasiswa kehilangan momentum atau motivasi untuk terus berjuang.

Nah, berikut ini ada 7 kata-kata motivasi untuk Sobat Teknik untuk mahasiswa telat lulus. Dengan 7 afirmasi ini, diharapkan mampu menaikkan mood Sobat Teknik untuk menyelesaikan kuliahnya. 

1. Lulus di Waktu yang Tepat

Kata-kata yang simpel, namun memiliki makna yang sangat mendalam. "Lulus di Waktu yang Tepat" memberikan ketenangan tersendiri bagi Sobat Teknik. Setiap orang memiliki masanya. Tidak perlu terburu-buru ataupun merasa tertekan melihat teman-teman yang sudah lulus. Itu hanya akan menambah beban pikiran saja.

Baca juga: 7 Momen Krusial Saat Menjadi Mahasiswa

Teman teman Sobat Teknik yang lulus duluan bisa jadi memang itu waktu tepat yang didapatkan dari usahanya setiap hari. Sobat Teknik yang ditinggalkan tidak perlu bersedih. Yang perlu dilakukan Sobat Teknik adalah percaya bahwa waktu terbaik datang ketika mau berusaha. 

2. Waktu Belajarku Jadi Lebih Banyak

Mahasiswa yang telat lulus akan memiliki waktu belajar yang lebih banyak. Ini jelas, dan sangat sangat jelas. Meski terdengar seperti lelucon dosen terhadap mahasiswa tua di kelas mata kuliah yang didominasi mahasiswa baru, tapi kata-kata ini ada benarnya. 

Selain lebih banyak waktu untuk belajar, Sobat Teknik jadi punya waktu memahami relevansi antara mata kuliah dengan dunia kerja dari teman-teman yang terlebih dahulu lulus. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan ilmu pengetahuan itu sangatlah pesat.

Terkadang Universitas hanya berpatokan pada kurikulum tanpa melihat relevansinya dengan dunia pekerjaan. Artinya Sobat Teknik punya dua ilmu yang lebih banyak dibandingkan adik tingkat.

Informasi seperti ini juga akan memudahkan Sobat Teknik untuk mencari pekerjaan yang tepat. Dari pengalaman kerja teman-teman sudah lulus duluan, Sobat Teknik bisa mendapatkan bocoran tentang dunia pekerjaan. Apa skill yang sebenarnya dibutuhkan oleh dunia industri.

3. Jadi Banyak Kenalan

Jadi banyak kenalan, adalah afirmasi lainnya yang bisa Sobat Teknik tanamkan. Sobat Teknik paham cara bergaul dengan yang lebih tua, seangkatan, hingga yang lebih muda. Pengalaman seperti inilah akan ditemui di dunia industri. Tidak mungkin Sobat Teknik hanya akan teman seangkatan di dalam dunia kerja, pakan ada orang yang lebih tua dan muda.

Pengalaman seperti inilah yang tidak dapat dibandingkan begitu saja dengan lulus tepat waktu. Sobat Teknik dapat mudah berbaur dan paham behavior tiap generasi, dan cara menyikapinya. 

4. Bukan Akhir dari Segalanya

Keempat adalah percaya, bahwa lulus tidak tepat waktu bukanlah akhir dari segalanya. Banyak orang-orang yang di luar sana, yang bahkan tidak kuliah namun bisa sukses. Ya, kita bisa melihat sejak terjang orang-orang sukses yang tidak menamatkan pendidikan.

Kata-kata negatif yang mengatakan tidak lulus kuliah adalah tanda kegagalan adalah salah besar. Sukses untuk tiap orang tidak bisa disamakan begitu saja.

5. Hanya Belum Menemukan Pijakan yang Tepat

Seorang atlet lompat jauh pasti harus menemukan pijakan yang tepat untuk dapat melompat lebih jauh. Apabila pijakannya tepat, maka seorang atlet lompat jauh bisa dengan mudah melompat dengan jauh.

Dengan tidak lulus tepat waktu tetapi hanya kurang dalam mencari pijakan yang tepat. Sobat Teknik bisa memilih untuk mundur beberapa langkah, untuk mencari momentum yang tepat untuk lari. 

6. Tidak Apa-Apa untuk Mundur Sementara

Keenam adalah menanamkan pikiran untuk tidak apa-apa mundur sementara. Sobat Teknik bisa mengajukan cuti untuk fokus memberikan reward setelah berjuang. Yaps, Sobat Teknik tentu bisa melakukannya, dengan catatan,  konsultasi dengan dosen pembimbing dan orang tua terlebih dahulu. Cuti bukan berarti pemalas, tapi  jadikan ajang untuk mencari sebanyak-banyak inspirasi untuk skripsi.

7. Aku Pasti Lulus Karena Aku Selalu Berusaha

Afirmasi yang terakhir adalah "Aku Pasti Lulus Karena Aku Selalu Berusaha". Selain memberikan "makanan" energi positif ke dalam pikiran kita, Sobat Teknik harus jadikan ini sebuah aksi nyata. Banyak dari mereka yang 10 menit merasa bisa setelah membaca motivasi, namun pada menit ke 11 kembali malas.

Bangun kebiasaan-kebiasan baik, dan persempit ruang untuk kebiasan-kebiasan buruk. Semisal di pagi hari untuk selalu menjemur kasur agar kebiasan rebahan hilang, jauhkan cemilan saat belajar, dan lain-lain.
 
Itulah 7 afirmasi positif yang bisa Sobat Teknik tanamkan ketika kuliahnya sudah telat. Semoga menginspirasi, dan jangan lupa kunjungi juga Blog Anakteknik.co.id untuk tips keren mahasiswa dan teknologi lainnya. Ikuti Instagram Anak Teknik di @anakteknikindo kalau gak mau ketinggalan info menarik.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait