Teknologi

7 Aplikasi Untuk Jadikan Pengalaman Menggunakan WhatsApp Kamu Lebih Baik

Aplikasi WhatsApp memang masih memiliki banyak kelemahan dibanding Telegram, tetapi dengan 7 aplikasi tambahan, WhatApp yang kamu punya, akan jauh lebih powerfull. Apa saja ?

Andri Marza Akhda12 Desember 2021

WhatsApp adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berkomunikasi jarak jauh, baik melalui pesan, telepon, ataupun video call dengan perantara nomor telepon. Cara kerjanya hampir sama seperti saat seperti fitur telepon biasa. Bedanya hanyalah pada kecanggihan, memudahkan berkirim pesan digital, dan bekerja dengan bantuan jaringan internet.

Berdasarkan data dari Affde.com makin memperjelas status aplikasi WhatsApp sebagai aplikasi nomor chatting nomor satu paling banyak digunakan. Sebanyak 2 miliar pengguna aktif, 100 miliiar pesan yang dikirim melalui WhatsApp setiap harinya. Jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan seseorang untuk mengakses WhatsApp adalah 38 menit

Appfigures mengatakan WhatsApp sudah diunduh sebanyak 42 juta kali hanya dalam periode awal Januari 2021. Jumlah yang sangat fantastis, dan tidak heran mengapa Facebook ( sekarang Meta ) mengakuisisi WhatsApp sebagai sayap untuk melebarkan bisnisnya.

Namun, angka tersebut tentu bukan jaminan WhatsApp tidak memiliki kelemahan. Dibandingkan dengan Telegram, WhatsApp masih kalah jauh dari segi fitur maupun media penyimpanan telepon.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa WhatsApp memang kalah kelas dibanding Telegram, dan mungkin beberapa Sobat Teknik yang membaca artikel sudah mengetahuinya. Tapi tidak salahnya untuk mengetahui lebih detail tentang kelemahan WhatsApp dibanding Telegram

Perbandingan WhatsApp dan Telegram

1. Mobilitas Aplikasi 

WhatsApp belum mendukung sistem multi-platform. Artinya pengguna WhatsApp yang ingin terhubung melalui perangkat selain Smartphone seperti WhatsApp Web harus melakukan verifikasi menggunakan QR Code. Untuk masalah ini, sebenarnya WhatsApp telah mempersiapkan fitur yang sama dengan Telegram ( multi-plaform ). Sekitar pertengahan tahun, fitur multif-platfrom ini terus dikembangkan, dan sekarang masih dalam tahap Beta.

2. Penyimpanan Data

Telegram lebih bersahabat untuk mereka yang memiliki perangkat smartphone dengan kapasistas memori internal yang pas-pasan. Telegram memiliki fitur penyimpnan Cloud, dan setiap data yang masuk akan tersimpan ke dalam Cloud tersebut. Sahabat tidak perlu lagi capai untuk memindahkan foto ataupun dokumen dari aplikasi Chatting hanya untuk mendapatkan ruang lebih di smartphone nya.

Bagaimana dengan WhatsApp ?

WhatsApp juga mendukung sistem Cloud. Hanya saja peraturan tersebut tidak otomatis, dan harus diatur terlebih dahulu oleh penggunanya. Secara default, data-data akan tersimpan di dalam memori internal smartphone. 

3. Keamanan Aplikasi

Untuk keamanan, WhatsApp menggunakan protokol end-to-end encryption dan teks ini akan sering muncul pada kontak-kontak yang jarang Sobat Teknik hubungi. End-to-end Encryption adalah teknik enkripsi yang melibatkan dua pengguna saja, yakni pengirim dan penerima. Dalam proses kerjanya, WhatsApp menggunakan enkripsi Asimetris di awal dan kemudian enkripsi simetris di akhir.

Untuk Telegram kurang lebih sama, hanya fitur keamanan ini juga mencakup fitur lain, yakni Chat Rahasia dengan enkripsi. Sobat Teknik yang menggunakan Telegram mungkin bisa berbagi pengalamannya menggunakan fitur ini di komentar ya :).

4. Batas User & Pengiriman File di dalam Sebuah Grup

WhatsApp memiliki jumlah user di dalam sebuah grup yakni 256 orang. Untuk Telegramlebih besar lagi, yakni 200 ribu orang

Untuk batas pengiriman file, Telegram masih memang jauh. Telegram dapat Sobat Teknik gunakan untuk mengirimkan file hingga 1,5Gb. Untuk WhatsApp, hanya 100Mb saja, dengan jumlah fiile foto dan video terbatas pada angka 30.

Itulah 4 perbandingan WhatsApp dengan Telegram. Dari sini, Sobat Teknik mungkin mulai berpikir untuk beralih menggunakan Telegram. Eiitss..jangan terburu untuk segera beralih.

Sejatinya WhatsApp adalah aplikasi Chatting yang saat ini paling banyak digunakan di berbagai sektor penting. Seperti sekolah, perkuliahan, kantor dan kehidupan sehari-hari. Alasan inilah yang tetap menjadikan WhatsApp sebagai favorit. Aplikasi chatting dengan fitur secanggih apapun, tapi usernya "masih sedikit", juga menjadi tanda bahwa aplikasi tersebut kurang friendly untuk beberapa kalangan.

Di Amerika Serikat, pengguna WhatsApp juga terbilang merata di berbagai kalangan usia ( Baca lengkap )

Untuk mengatasi kebosanan menggunakan WhatsApp yang gitu-gitu saja, sebenarnya Sobat Teknik dapat menggunakan aplikasi pendamping yang bisa menambah Good Experience ketika menggunakan WhatsApp. Penulis sendiri telah merangkum 7 aplikasi yang dapat menambahkan Good Experience ketika menggunakan WhatsApp. 

7 Aplikasi pendukung pengguna WhatsApp

1. Chat Locker for WhatsApp

7 Aplikasi Untuk Menambah Good Experience Menggunakan WhatsApp
Chat Locker for WhatsApp

Urutan pertama ada aplikasi Chat Locker for WhatsApp. Sesuai dengan namanya, aplikasi mampu memanipulasi WhatsApp untuk dapat mengunci chat tertentu tanpa harus mengunci aplikasi WhatsApp secara keseluruhan. Tidak hanya chat pribadi, namun juga Chat Group. Sobat Teknik dapat menggunakan aplikasi ini untuk melindungi privasi bersama pasangan ataupun untuk grup keluarga.

Sobat Teknik dapat menggunakan teknik keamanan berupa passcode ataupun dengan fingerprint. Aplikasi ini membantu WhatsApp untuk mengatasi masalah keamanan chat rahasia seperti Telegram

2. Selly, Memudahkan Sobat Teknik Untuk Kelola Toko

7 Aplikasi Untuk Menambah Good Experience Menggunakan WhatsApp
Selly

Berikutnya adalah Selly. Aplikasi dapat Sobat Teknik gunakan untuk mengelola toko lebih mudah.

Terus ? Apa hubungannya dengan WhatsApp.

Aplikasi ini memiliki fitur yang dapat merubah keyboard WhatsApp dan memungkinkan kamu untuk kirim template formulir pemesanan dengan cepat, cek ongkir dari WhatsApp tanpa harus berpindah aplikasi lain, membuat invoice dan cek harga.

3. WA Web Plus for WhatsApp

7 Aplikasi Untuk Menambah Good Experience Menggunakan WhatsApp
WA Web Plus for WhatsApp

Di nomor 3 adalah WA Web Plus For WhatsApp. Berbeda dengan 2 aplikasi sebelumnya, aplikasi ini berbentuk extension Google ChromeAda banyak keuntungan yang bisa Sobat Teknik dapatkan dari extension ini. Salah satunya adalah fitur untuk mengunci layar WhatsApp Web.

Sobat Teknik juga dapat mengaburkan pesan-pesan yang ada, agar tidak mudah terbaca oleh orang lain. Extension ini seolah membantu WhatsApp untuk menemukan kelebihan lain untuk menutupi kekurangan multi-platform nya.

4. Button Remapper

Button Remapper
Button Remapper

Berikutnya adalah Button Remapper. Aplikasi memang tidak berhubungan langsung dengan WhatsApp. Hanya dengan aplikasi ini, Sobat Teknik dapat lebih cepat membuka WhatsApp. 

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mampu merubah fungsi tombol pada Smartphone untuk membuka aplikasi tertentu. Semisal Sobat Teknik ingin membuka aplikasi WhatsApp dari tombol Volume Up, maka Sobat Teknik bisa melakukannya dengan aplikasi ini.

5. Chat Translator for WhatsApp and Instagram

Chat Translator for WhatsApp and Instagram
Chat Translator for WhatsApp and Instagram

Di urutan kelima ada aplikasi yang bisa menambah good experience Sobat Teknik bernama Chat Translator for WhatsApp and InstagramAplikasi ini bisa Sobat Teknik manfaatkan untuk belajar bahasa asing dengan teman-temannya.

Jadi, ketika teman atau kontak yang Sobat Teknik berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti, atau English, Chat Translator for WhatsApp and Instagram ini akan sangat membantu. Pilihan bahasa terjemahan yang dimiliki oleh aplikasi juga terhitung banyak dan bervariasi.

6. Booble Indic Keyboard

Booble Indic Keyboard
Booble Indic Keyboard

Selanjutnya adalah Booble Indic Keyboard. Dengan aplikasi ini, Sobat Teknik dapat dengan mudah membuat sebuah stiker hanya dari ketikan, bahwa Sobat Teknik juga bisa membuat stiker dengan foto pribadi langsung jadi, tanpa harus berpindah-pindah aplikasi. Sangat rekomendasi bagi Sobat Teknik yang memiliki jiwa-jiwa happy saat chattingan dengan do'i nya.

7. WaRadar : Online Last Seen Tracker

WaRadar : Online Last Seen Tracker
WaRadar : Online Last Seen Tracker

Terakhir adalah WaRadar : Online Last Seen Tracker. Aplikasi cocok untuk Sobat Teknik yang ingin mengintai apakah do'i benar-benar sudah tidur atau belum, setelah bilang "Aku Tidur Dulu Ya" padahal ingin main game. Ya, seperti itulah analogi kegunaan aplikasi ini. Namun, kegunaannya lebih daripada itu.

Aplikasi ini bisa Sobat Teknik gunakan untuk mengetahui dosen pembimbing online atau tidak, jadi Sobat Teknik dapat dengan mudah menghubunginya dan berharap pesannya cepat tersampaikan serta terbalaskan.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Sobat Teknik gunakan untuk menambah good experience ketika menggunakan WhatsApp. Baca terus Blog Anakteknik. co.id agar Sobat Teknik mendapatkan asupan infomrasi teknologi keren lainnya.

Share:

0 Komentar