Teknologi

7 Aplikasi yang Dapat Menunjang Pekerjaan Seorang Admin Sosial Media

Admin tidak boleh "lelet" dalam bekerja, oleh sebab itu penting bagi merek tahu apa aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan mereka...

Andri Marza Akhda21 April 2022

Menjadi seorang admin sosial media tidaklah mudah. Diperlukan ketepatan, ketelitian, dan juga kecepatan dalam mengelola data yang ada. Tidak hanya itu, admin sosial media juga harus mampu menjawab setiap pesan yang masuk.

Pada ujungnya akan berkontribusi pada lead yang dikonversikan. Bisa dibilang admin sosial media sekarang merangkap sebagai customer service, walau tidak semua perusahaan seperti itu.

Hmm..sepertinya Sobat Teknik mulai sedikit penasaran, apa saja job desk umum oleh admin sosial media. Penulis akan menjelaskan bagian ini terlebih dahulu kepada Sobat Teknik, sebelum lanjut ke aplikasi penunjang pekerjaan admin sosial media.

Jobdesc Admin Sosial Media

Jobdesc Admin Sosial Media
Jobdesc Admin Sosial Media

Sesuai dengan namanya, admin sosial media bekerja yang meliputi semua platform sosial media. Mereka bertugas melakukan branding atau penyampaian informasi dari perusahaan ke khalayak umum. Admin sosial media juga dituntut up to date terhadap perkembangan platform media sosial.

Jadi, untuk Sobat Teknik yang masih gaptek sosial media, ada baiknya belajar terlebih dahulu. Pekerjaan sebagai admin sosial media ini, bukanlah pekerjaan sekedar posting konten saja.

Berikut adalah job desk dari admin sosial media yang harus Sobat Teknik ketahui:

1. Menjaga Kerahasiaan Akun Sosial Media Perusahaan

Admin bekerja mengelola akun sosial media perusahaan harus menjaga kerahasiaan akun. Tentu saja kerahasiaan yang dimaksud adalah username dan password.

Beberapa perusahaan mungkin tidak memberikan akses untuk ini. Justru memberikan akses admin sosial media untuk posting konten.

2. Merancang Konten yang Akan Diposting

Selanjutnya merancang konten yang ingin diposting pada akun sosial media perusahaan. Untuk yang ini, Sobat Teknik bisa saja mengambil ide momen hari besar. Kemudian dibicarakan pada tim desain agar bisa segera bisa diproses.

Masalah perancangan konten ini paling banyak memakan waktu jika akun yang Sobat Teknik pegang adalah Instagram. Yang memang berbasis pada feed.

3. Penjadwalan Konten

Berkesinambungan dengan tugas sebelumnya, admin sosial media juga menjadwalkan konten agar terposting otomatis. Perkembangan teknologi sudah memudahkan penjadwalan konten dan posting secara manual.

4. Dapat Berinteraksi dengan Ceria

Berikutnya, jika Sobat Teknik ingin menjadi admin sosial media, maka tunjukan sikap ceria yang perhatian audiens. Mulai dari membalas komentar, share konten, atau bahkan melakukan live streaming.

5. Dapat Membuat Laporan Secara Berkala

Yang terakhir adalah mampu membuat laporan secara berkala. Pekerjaan admin sosial media berkutat pada media sosial, maka umumnya membuat laporan insight, engagement sosial media.

Aplikasi Penunjang Pekerjaan Seorang Admin Sosial Media

Ok, penulis sudah membahas setidaknya 5 jobdesc umum daripada Admin Sosial Media. Berikutnya penulis akan berbagi 7 Aplikasi Penunjang Pekerjaan Seorang Admin Sosial Media. Yuk simak satu per satu aplikasinya di sini.

1. Rambox

7 Aplikasi untuk Admin Sosial Jadi Gercep
Rambox

Pertama adalah Rambox. Aplikasi yang satu ini sangatlah powerfull, bahkan dengan fitur gratis sekalipun. Sobat Teknik dapat menjadi admin sosial media yang handal. Rambox memungkinkan penggunanya membuka 99 aplikasi chatting secara bersamaan.  Jadi Sobat Teknik tak perlu lagi bertukar visual untuk pindah dari aplikasi chatting semisal WhatsApp menuju Telegram.

Aplikasi ini juga pernah dibahas di 7 Aplikasi PC untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

2. Facebook Suite

7 Aplikasi untuk Admin Sosial Media Meta Business Suite
Facebook Suite

Selanjutnya ada nama Facebook Suite. Aplikasi berbasis online dari perusahaan Metaverse memiliki berbagai fitur yang sangat membantu admin. Melalui Facebook Suite, Memudahkan manajemen halaman bisnis, pemantauan interaksi dan aktivitas pengguna di dalam halaman bisnis Facebook, manajemen post Facebook dan Instagram, manajemen Ad Account dan juga untuk mendapatkan laporan insight perkembangan akun.

Yang paling menarik adalah fitur posting otomatis sesuai jadwal yang telah ditentukan. Fitur ini juga bisa Sobat Teknik dapatkan pada Creator Studio Facebook. Apabila Sobat Teknik sebagai Content Creator dan merangkap Admin, fitur ini sangat membantu

Baca juga: 7 Alat untuk Bantu Mudahkan Content Creator Mencari Ide Konten

3. Trello

Trello untuk Admin
Trello

Seorang admin sosial media tidak mungkin dapat bekerja sendirian. Ia butuh tim marketing yang terdiri dari Copywriter, Designer, dan juga Video Designer. Untuk memudahkan koordinasi, diperlukan satu platform yang dapat menampung hasil desain, hasil video, hasil copy.

Platform tersebut bisa didapatkan pada satu nama, yakni Trello. Aplikasi manajemen konten yang memang sudah menjadi makanan sehari-hari bagi "Anak Konten".

Dengan Trello, Sobat Teknik dapat dengan mudah melacak konten yang akan dibuat, sedang dibuat, sudah dibuat, dan sudah diposting. Trello memiliki versi Pro yang attachment file yang besar, tapi penulis rasa dengan versi gratis saja sudah cukup.

4. Regrann

7 Aplikasi untuk Admin Sosial Media Regrann
Regrann

Berikutnya adalah aplikasi Regrann. Aplikasi memungkinkan Sobat Teknik untuk reposting konten dari akun sosial media tertentu, seperti Instagram ke akun sosial media lainnya.

Sobat Teknik bisa saja menemukan banyak model aplikasi seperti ini di Play Store. Ada yang menyediakan layanan dengan memastikan konten yang direpost bebas watermark.

5. Google Apps

Google Apps untuk Admin
Google Apps

Kelima adalah Google Apps. Sulit untuk tidak memasukkan Google sebagai aplikasi yang membantu pekerjaan admin sosial media. Fakta bawa Android masih menguasai pasar smartphone, maka sangatlah wajar admin sosial media harus tahu penggunaan Google Apps. Di dunia admin sosial media, kita akan banyak menggunakan aplikasi Google berupa:

  • Google Drive untuk penyimpanan
  • Google Docs untuk pembuatan dokumen
  • Google Sheets untuk pembuatan dokumen berbasis angka
  • Google SlideShare untuk presentasi
  • Google Form untuk pembuatan formulir

Melewatkan Google Apps dalam daftar 7 aplikasi untuk admin sosial media adalah kesalahan besar. 

6. WhatsApp Business

WhatsApp Business
WhatsApp Business

Selanjutnya adalah WhatsApp Business. Berbeda dengan WhatsApp model biasa, WhatsApp business punya kelebihan untuk bisnis dan penjualan. WhatsApp business memiliki fitur-fitur seperti:

  • Business Profile
  • Katalog untuk memudahkan produk yang dijual
  • Fitur template Greetings dan Away Messages
  • Quick Replies, yang memudahkan pengguna untuk menjawab pertanyaan yang jawabannya selalu sama.
  • Label, untuk memudahkan admin melabeli setiap kontak seperti label Pelanggan Baru, Belum Bayar, dan Pesanan selesai.
  • WhatsApp Business juga memudahkan Sobat Teknik untuk melakukan konfigurasi dengan iklan Facebook.

Untuk masalah WhatsApp ini, sebenarnya penulis sudah menuliskan beberapa aplikasi tambahan yang mampu menunjang penggunaan WhatsApp. Salah satunya adalah Selly, yang mampu memudahkan menuliskan invoice lewat WhatsApp. Link artikel ada di sini

7. BuzzSumo

BuzzSumo Mencari Influencer.
BuzzSumo

Terakhir adalah BuzzSumo. Aplikasi ini memudahkan admin sosial media melakukan kerja sama dengan influencer untuk tujuan promosi. Sobat Teknik bisa memantau proyek kampanye yang dilakukan bersamaan dengan influencer tersebut. 

Itulah 7 aplikasi yang mampu menunjang pekerjaan seorang admin sosial media. Kepoin terus Blog Anakteknik.co.iduntuk dapat asupan teknologi, dan juga asupan artikel menarik lainnya. Jangan lupa untuk follow sosial media Instagram @anakteknikindo. Semoga bermanfaat.

Share:

0 Komentar