Fun Fact

7 Gambaran Teknologi Masa Depan dari Orang Zaman Dulu

Berikut ini adalah 7 gambaran teknologi canggih di masa depan oleh orang-orang di zaman dahulu. Ada yang bentuknya sangat aneh. Apa saja dan bagaimana bentuknya?

Andri Marza Akhda5 September 2022

Perkembangan teknologi di masa sekarang mungkin adalah dambaan dari orang zaman dahulu. Dulu banyak orang yang membayangkan dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus mengkhawatirkan jarak. Dapat melihat wajah seseorang dari jarak jauh, tanpa harus ketemu langsung. Bisa mendapatkan banyak materi belajar tanpa harus banyak membeli buku dan lain-lain.

Semua bayangan teknologi tersebut, hampir semuanya sudah terwujud di masa sekarang. Sekarang, perkembangan teknologi mulai lebih menggila dengan adanya konsep Artificial Intelligence dan dunia Metaverse. 

Baca Juga: 7 Jawaban dari Pertanyaan Bisakah Kominfo Membuat Search Engine Seperti Google?

Tetapi, tidak bisa dipungkiri memang bahwa bayangan teknologi di masa depan tidak segila apa yang dibayangkan oleh orang-orang zaman dahulu. Ingin buktinya?.
 
Berikut adalah 7 gambaran teknologi masa depan oleh orang zaman dahulu yang bakal membuat Sobat Teknik geleng-geleng kepala dan berkata "Bisa Gitu Ya".

1. Ilmu yang Bisa Diupload ke Otak

Gambaran Teknologi Masa Depan
Ilmu yang Bisa Diupload ke Otak

Pertama adalah gambaran bahwa ilmu dapat digitalisasikan dan dapat ditanamkan ke dalam otak. Jadi, kita tidak perlu lagi capek-capek membaca ribuan ebook di smartphone karena sudah ditransfer ke dalam otak. Lalu bagaimanakah perkembangan konsep ini di masa sekarang?.

Meskipun terdengar konyol, nyatanya konsep seperti sedang banyak dikembangkan oleh ilmuwan masa kini. Elon Musk melakukan percobaan dengan penanaman chip pada seekor babi perusahaan Neuralink beberapa waktu lalu. Teknologi ini nantinya diuji coba pada manusia beberapa tahun yang akan datang.

Penelitian yang dilakukan oleh HRL Laboratories mendekati  konsep ilmu bisa diupload ke dalam otak. Dr Matthew Philips mengatakan bahwa simulasi upload ilmu ke dalam otak  menggunakan teknik TDCS (Transactional Direct Current Simulation). Teknik ini bekerja dengan memancarkan arus listrik berukuran kecil dan menstimulasi otak untuk melakukan banyak kegiatan aspek kognitif.

2. Mobil Bertenaga Atom

Gambaran Teknologi Orang Zaman Dulu
Mobil Bertenaga Atom

Tahun 1957, para ilmuwan sudah memikirkan bagaimana cara mendapatkan mobil yang dapat bergerak otomatis. Memiliki otak pintar tersendiri yang dapat memarkir mobil. BJauh lebih gila lagi, bayangan mobil otomatis tidak dibuat menggunakan tenaga listrik, melainkan atom.

3. Kereta Api Pembajak Sawah

Kereta Api Pembajak Sawah
Kereta Api Pembajak Sawah

Ya, Sobat Teknik mungkin akan tertawa melihat ilustrasi yang ada. Namun, inilah orang dahulu tentang gambaran teknologi canggih di masa depan. Konsep teknologi aneh seperti ini sendiri muncul pada tahun 1975. Menawarkan konsep bahwa kereta api dapat menjalankan banyak fungsi seperti membajak sawah. Ilustrasi kereta api pembajak sawah ini dapat dilihat pada karya Arthur Radebaugh di Closer Than We Think.

4. Kereta Api Berkecepatan Tinggi Bertenaga Nuklir

Kereta Hyperloop
Kereta Api Berkecepatan Tinggi Bertenaga Nuklir

Selanjutnya adalah adanya gambaran kereta api berkecepatan tinggi bertenaga nuklir. Gambaran teknologi muncul pertama kali dari Amerika, bahwa merekalah negara pencipta nuklir melalui ilmuwan bernama J. Robert Oppenheimer. Untuk sekarang, memang gagasan ini belum terjadi. Tetapi untuk kereta berkecepatan tinggi, kita sudah bisa menemukannya di negeri Sakura, Jepang.

Orang terkaya nomor 1 di dunia saat ini, Elon Musk sudah mengembangkan Kereta Hyperloop. Sebuah moda transportasi yang dapat mengangkut 20-40 penumpang dengan kecepatan 1.700 km/jam.

5. Mesin Teleportasi

Film Tentang Mesin Waktu
Mesin Teleportasi

Selanjutnya adalah mesin teleportasi. Walaupun sangat mustahil untuk diciptakan, tetapi konsep mesin teleportasi sudah ada sejak dahulu. Kita dapat melihatnya melalui banyak film di masa lalu yang menggambarkan konsep ini. The Terminator, Back To Future, Twelve Monkeys, Somewhere In Time, Groundhog Day, dan lain-lain hanyalah segelintir film yang menyatakan menyuguhkan konsep mesin teleportasi.

6. Teknologi Pencetak Makanan

Gambaran Teknologi Canggih Orang Zaman Dulu
Teknologi Pencetak Makanan

Selanjutnya adalah teknologi pencetak makanan. Untuk sekarang, teknologi sudah tidak terasa aneh lagi. Pada tahun 2018, tepatnya di festival South by Southwest, Open Meals memamerkan Pixel Food Printer. Printer 3D yang dapat mencetak sushi berbentuk pixel dan dapat dimakan. Ada dua komponen penting yang bekerja di dalamnya, yakni komponen basic yaitu makanan dan komponen Pixel Food Printer.

7. Kapal Selam Orang Zaman Dulu

Kapal Selam Gambaran Orang Zaman Dulu
Kapal Selam Gambaran Orang Zaman Dulu

Yang terakhir adalah gambaran teknologi kapal selam orang zaman dulu. Dapat dilihat betapa absurdnya penggambaran yang ada. Meskipun Kapal Selam benar-benar ada, tapi jelas tidak menggunakan bantuan binatang laut seperti paus..

Inilah 7 gambaran teknologi masa depan dari orang zaman dahulu. Kunjungi juga blog Anakteknik.co.id untuk dapatkan informasi menarik lainnya. Jangan lupa follow Instagram @anakteknikindo untuk asupan informasi menarik di Instagram Sobat Teknik.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait