Kreatifitas

7 Rekomendasi Tema Skripsi untuk Mahasiswa Informatika

Berikut ini adalah 7 tema skripsi yang cocok diaplikasikan oleh mahasiswa informatika dalam penelitiannya. Sobat Teknik bisa kepoin lebih tentang ketujuh tema itu di sini

Skripsi adalah bagian penting yang harus diselesaikan mahasiswa untuk mendapatkan gelar pendidikan yang ditempuh selama 4 tahun. Faktanya, menulis skripsi bukanlah hal yang mudah. Beberapa dari mahasiswa bahkan merasa skripsi adalah momok yang mengerikan. Tak jarang kita mendengar banyak kabar mahasiswa jadi stres bahkan depresi karena skripsinya tidak selesai. 
 
Butuh konsen yang tinggi untuk menemukan latar belakang masalah yang tepat. Serta solusinya untuk menjawab permasalahan tersebut. Yaps, bagi Sobat Teknik yang sudah menyelesaikan proses kuliah di Strata 1 sepakat bahwa poin paling sulit adalah mencari latar belakang masalah. 
 
Apabila poin tersebut sudah didapatkan, selanjutnya mencari solusi permasalahan, akan menjadi lebih mudah. Rutin melakukan penelitian dan menambah wawasan terhadap permasalahan yang didapatkan. Tak lupa Sobat Teknik juga harus mengiringi dengan doa kepada Sang Pencipta agar dimudahkan.
 
Menulis skripsi memang hal yang sulit bagi seluruh jenjang Strata 1, tidak terkecuali dengan mahasiswa informatika. Sebagaimana yang Sobat Teknik tahu, lulusan informatika paling banyak dicari di industri kreatif. Oleh sebab itulah, wajar jika skripsi atau penelitian mereka terkesan rumit atau sulit. 
 
Untuk membantu masalah itu, penulis ingin berbagi 7 tema skripsi untuk mahasiswa informatika. Siapa tahu dengan list ketujuh tema ini, bisa membantu Sobat Teknik mencari ide judul skripsi. 

1. Pengembangan Media Belajar dengan Konsep Augmented Reality

Mungkin banyak dari Sobat Teknik yang sudah kicep duluan mendengar nama Augmented Reality. Mengambil definisi dari dicoding, Augmented Reality adalah teknologi yang memungkinkan konten digital berbentuk 2D atau 3D bergabung dengan dunia nyata dan diproses secara real-time.

Teknologi ini menjadi booming di awal tahun 2019, setelah Artificial Intelligence kembali meroket. Teknologi Augmented Reality sendiri dapat bekerja melalui perangkat komputer, kamera, dan juga smartphon

Rumit?

Jika melihat video di atas memang teknologi ini memiliki kesan yang sangat rumit. Tetapi melihat perkembanganya dalam dunia teknologi, dipastikan Sobat Teknik akan mudah memperoleh banyak referensi yang baru. Belum lagi fakta bahwa dosen pembimbing sangat tertarik dengan tema tema skripsi yang terkesan jarang. Sobat Teknik bisa menggunakan tema ini untuk pengembangan penelitian di bidang media belajar. Seperti:

Media Belajar Online Sistem Metabolisme Tubuh Menggunakan Augmented Reality

Sistem Penataan Ruang Interior Menggunakan Teknologi Augmented Reality

dan lain-lain

Sobat Teknik bisa menggunakan metode Marker Based Augmented Reality atau yang lainnya.

2. Pengembangan Website Interaktif dengan Konsep 3D

Kedua adalah tema pengembangan website. Pengembangan website menjadi salah satu favorit tema penelitian.

Keberadaan website memang mampu mengatasi banyak masalah seperti peningkatan penjualan e-commerce. Ada juga pengembangan website pembelajaran dengan desain yang lebih interaktif menggunakan konsep 3D. Ya, Sobat Teknik perlu tahu bahwa website yang memiliki konsep 3D terbilang jarang.

Hanya sedikit website yang menggunakan konsep ini. Padahal, bentuk visualisasi dalam 3D, tentu akan menarik banyak pengunjung website.

Tidak hanya menarik, Sobat Teknik juga harus memikirkan caranya agar website dapat diakses dengan cache yang tidak memberikan browser pengunjung. Sobat Teknik bisa gunakan ide ini dalam penelitian seperti:

Pengembangan Website 3D untuk Media Belajar Museum bla-bla di Kota Yogyakarta

dan lain-lain

3. Pengembangan Aplikasi Desktop untuk Sistem Sortir Data Gudang

7 Rekomendasi Tema Skripsi Mahasiswa Informatika
Pengembangan Aplikasi Desktop untuk Sistem Sortir Data Gudang

Ketiga adalah tema tentang pengembangan aplikasi desktop untuk sistem sortir data gudang. Bagi orang yang bekerja di bidang logistik, pastinya mengerti betapa panjangnya alur kerja pendataan gudang barang. Setiap perusahaan pastinya memiliki alur kerja yang berbeda-beda sesuai dengan SOP yang ada.

Setiap alur tersebut, pastinya memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Nah, Sobat Teknik bisa masuk ke ranah masalah tersebut dan mulai memberikan solusi. Seperti mengembangkan sebuah aplikasi desktop yang bisa mempermudah sistem sortir data gudang.

Seperti mengirimkan notification lewat SMS agar tahu barang mana saja yang tidak layak pakai, barang-barang yang belum terdata, atau lain sebagainya.

4.  Analisa Kekuatan Jaringan Komputer dalam Perusahaan

7 Tema Skripsi Rekomendasi Bagi Mahasiswa Informatika
Analisa Kekuatan Jaringan Komputer dalam Perusahaan

Keempat adalah analisa kekuatan jaringan komputer dalam sebuah perusahaan. Untuk tema yang keempat, Sobat Teknik harus bisa mencari benang merah yang kuat. Mengapa? Karena ketika kita tahu bahwa jaringan komputer tidak memadai, ya harus ditambahkan kecepatannya. Jika dosen bilang begini, apa yang harus Sobat Teknik katakan?.

Sebenarnya Sobat Teknik bisa menjawab bahwa hasil analisa ini akan bermanfaat untuk menentukan jumlah bandwidth untuk pemakaian internet karyawan.

Salah satu metode analisa yang terkenal di bagian ini adalah QoS. Quality of Service adalah kemampuan router untuk mengukur tingkat jaminan bahwa elemen jaringan tersebut dapat memenuhi kebutuhan suatu layanan. Hasil penelitian metode ini bisa menjadi dasar pengambilan keputusan pemilihan keamanan jaringan. Sebagai saran, tambahkan metode analisa tambahan agar penelitian Sobat Teknik lebih menyakinkan.

5. Analisa Usability Suatu Aplikasi/Website

Analisa Usability Aplikasi dan Website
Analisa Usability Suatu Aplikasi/Website

Kembali berkaitan dengan analisa, namun kali ini tentang UI/UX (User Interface/User Experience) atau kemudahan user dalam mengakses suatu program. Sobat Teknik bisa melakukan penelitian terhadap pola desain dan juga behavior konsumen.

Hasil analisa tentunya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam melakukan pengembangan lebih lanjut. Ada banyak metode yang bisa Sobat Teknik gunakan dalam penelitian tersebut. Diantaranya adalah metode Aloud Evaluation, Cognitive Walkthrough, Heuristic Evaluation, WEBUSE, dan lain-lain.
 
Untuk dapat memahami tema ini, Sobat Teknik diharuskan memiliki dasar yang kuat dalam bidang Interaksi Manusia dan Komputer serta Perancangan Antar Pengguna.

6. Analisa Desain Proses Bisnis Perusahaan

Keenam adalah analisis desain proses bisnis perusahaan. Untuk yang satu ini, Sobat Teknik harus benar-benar melakukan penelitian yang cukup panjang. Cocok untuk mahasiswa yang ingin memulai skripsinya di semester 5 atau 6.

Analisa desain proses bisnis ini bermanfaat bagi perusahaan dalam menilai efektivitas proses bisnis. Perusahaan menjadi tahu sektor apa yang harus dikencangkan produksinya dan yang perlu ditindaklanjuti.

Proses yang panjang ini juga bermanfaat bagi perusahaan dalam pengoptimalan dana yang ada. Tapi, seperti yang sudah penulis katakan sebelumnya, skripsi bertema analisa desain proses bisnis butuh waktu lama. Sobat Teknik bisa memulai penelitian tema ini di semester 5.

O iya, satu hal lagi tema skripsi ini sangat cocok untuk Sobat Teknik yang suka bisnis tetapi tidak ingin meneliti pemrograman. Ada banyak sekali metode yang dijumpai seperti COBIT, PESTEL, CATWOE, EAP, ERP, dan lain-lain. Satu hal yang pasti, ketima memilih tema ini harus memahami manajemen proyek teknologi informasi, teknologi pengembangan manajemen, SWOT, dan juga analisis desain sistem.

7. Prototyping Sistem Game Tema Edukasi Coding

Prototyping Sistem Game Tema Edukasi Koding
Prototyping Sistem Game Tema Edukasi Coding

Terakhir ada tema tentang prototyping game. Agar judul ini diterima oleh bosen pembimbing, Sobat Teknik bisa berikan embel-embel prototype game untuk bidang pembelajaran coding.

Mengapa? Merancang sebuah game yang memudahkan kita untuk mempelajari coding. Dan memberi dampak yang besar bagi perekonomian Indonesia. Jika berbicara ruang lingkup yang lebih kecil, memudahkan dosen untuk mengajar algoritma coding.

Tentu saja, prototyping yang akan dibuat bukan lagi seperti game jadul Cannibals and Missionaries, Wolf Sheep & Cabbage, Family Crisis, dan sejenisnya.

Itulah ketujuh tema skripsi rekomendasi untuk mahasiswa informatika. Kepoin terus Blog Anakteknik.co.iduntuk tambah wawasan Sobat Teknik. Jangan lupa untuk Follow instagram Anak Teknik di @anakteknikindo

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait