Kreatifitas

7 TikTokers yang Bakal Buat Kamu Berpikir Lebih Kritis

Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan sosial yang harus dimiliki oleh generasi milenial sekarang ini. Terlebih di zaman banjir informasi.

Andri Marza Akhda31 Maret 2023

Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan sosial yang wajib dimiliki generasi Z. Hal ini wajar mengingat mereka adalah generasi yang banyak dibanjiri informasi. Merekalah generasi yang paling akrab dengan berita terbaru dan juga terupdate dari internet.

Oleh sebab itu memiliki benteng bernama pikiran kritis, jelas wajib dimiliki. Sobat Teknik tentunya tidak mau menjadi korban toxic positivity yang mengatakan semua itu mudah. Ingat bahwa berpikir positif pun juga harus ada batasannya.

Bukan berarti mengajarkan untuk pesimis, melainkan menasehati Sobat Teknik bahwa segala sesuatu terdapat skala probabilitas atau masuk di logika.

Ffilsuf Amerika Robert Ennis mengatakan bahwa berpikir kritis merupakan penalaran mengenai keyakinan dan tindakan yang masuk akal berfokus untuk memutuskan apa yang akan dilakukan.

Baca Juga: 7 Influencer Instagram Indonesia yang Wajib di Follow Anak Teknik

Meskipun banjir informasi, nyatanya internet menawarkan obat untuk racun-racun informasi yang menyesatkan. Era internet memudahkan orang-orang untuk mendulang informasinya sendiri berdasarkan opini mereka.

Apa yang dilakukan ini bisa dikatakan sebagai speak up. Ya, bisa dikatakan bahwa speak up adalah jenis komunikasi 1 atau 2 arah yang baru di era internet. Di media sosial misalnya, kita bisa dengan mudah menemukan banyak kreator konten yang speak up terkait hal viral. Dari mereka lah warganet dapat tercerahkan akan fakta yang sebenarnya.

Dari merekalah, kita bisa menambah kuat benteng pikiran kritis dalam menyikapi informasi tertentu. Salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk speak up tersebut adalah TikTok.

TikTok sendiri tergabung ke dalam media sosial terpopuler di Indonesia. Indonesia tercatat sebagai negara kedua di dunia pengguna TikTok terbanyak mencapai 109.90 juta jiwa. Data ini bahkan didapatkan hanya dalam bulan Januari 2023. 

Mengingat tingginya antusias warganet Indonesia terhadap aplikasi media sosial yang satu ini, penulis akan memberikan rekomendasi tiktokers yang wajib difollow. Adapun rekomendasi tiktokers ini penulis yakin bisa menambah kuat pemikiran kritis Sobat Teknik.

Penasaran siapa saja?

1. Ehdig33/Geor3388

Rekomendasi TikTokers yang Jadikan Pikiran Kamu Lebih Kritis
@ehdig33

Pertama adalah TikToker dengan nama akun @ehdig33. Beliau adalah seorang mahasiswa di Jerman yang terkenal dengan pemikirannya yang kritis. Ia sering menanggapi berita-berita viral yang terjadi di tanah air, maupun internasional dengan masuk akal.

Yang paling gokil dari opininya adalah bagaimana ia menanggapi bahwa semua produk itu bisa diekspor dengan mudah. Naytanya  tidak seperti itu. Salah satu ciri khas dari tiktoker ini adalah videonya yang kelihatan seperti mondar mandir di kamarnya. O iya tambahan, akun beliau telah berpindah ke akun baru yang dengan nama @geor3388.

2. Hendi.motivasi

Hendi Motivator
@hendi.motivasi

Selanjutnya ada tiktoker dengan nama akun @hendi.motivasi. Dari konten-konten beliau, Sobat Teknik akan mendapatkan banyak insight baru terhadap pendidikan.

Salah satu videonya adalah bagaimana ia mengomentari perilaku rakyat Indonesia yang gemar mengoreksi grammar bahasa inggris ketimbang fokus pada isi pembicaraan. . Padahal, selama ia kuliah di luar negeri, tidak ada yang mengoreksi grammarnya, dan lebih fokus ke isi.

3. Rianfahardi

Rekomendasi TikTokers yang Buat Kamu Berpikir Lebih Kritis
@rianfahardi

Selanjutnya adalah tiktoker dengan nama akun @rianfahardi. Teruntuk Sobat Teknik yang gemar dengan dunia politik, jelas saja akun ini jadi pilihan wajib untuk difollow.

Nada bicara dan kosa katanya yang khas mengingatkan kita pada sosok seperti Najwa Shihab. Di setiap kontennya ia tidak takut untuk berbicara sedikit "frontal" mengomentari "sedikit" carut marut pemerintahan Indonesia.

4. Irwanprasetiyo

Irwan Lha Kok Bisa
@irwanprasetiyo

Keempat adalah tiktoker dengan nama akun @irwanprasetiyo. Siapa yang tidak kenal dengan beliau yang satu ini. Kata-katanya yang berbunyi "Lha, kok bisa?", sering menjadi candaan untuk kreator konten TikTok lainnya.

Meskipun begitu, nyatanya apa yang ia share di akun TikToknya tidaklah bercanda. Beliau sering membuat video sharing pengalaman ia tinggal di luar negeri untuk memotivasi anak muda. Tak lupa ia juga mengomentari hal-hal viral di tanah air dengan opininya yang tajam. Yang baru adalah bagaimana ia mengomentari opini Kopi 80 ribu yang mengatakan sekolah adalah scam. 

5. Xeronav

Tiktokers yang Membuat Pikiran Kamu Lebih Kritis
@xeronav

Selanjutnya ada tiktoker dengan nama akun @xeronav, atau inspektur nguyen. Beliau ini memiliki ciri khas yang hampir mirip dengan Rian Fahardi Presiden Gen Z.

Salah satu videonya adalah ketika ia menemukan fenomena di banyak kreator di TikTok yang share konten pencitraan dari salah satu politikus di tanah air. Yang ia komentari adalah bagaimana kreator-kreator itu tidak kreatif mendulang informasi meskipun tujuannya untuk pencitraan semata.

6. Estherlubis

Esther Lubis
@estherlubis

Selanjutnya ada tiktoker dengan nama akun @estherlubis. Akun TikTok yang satu ini sering membagikan video-video yang mencerahkan kita dalam bidang hukum, baik di dalam negeri maupun hukum di internasional.

Terbaru ia memberikan opini tentang mengapa Amerika begitu takut dengan TikTok. Ia menjelaskan 3 poin utama yakni 1. Amerika takut bahwa China mengambil data mereka. 2. Setengah dari penduduk Amerika menggunakan TikTok. 3. Amerika yang ingin mempertegas status mereka sebagai negara adidaya termasuk dalam hal bisnis.

7. King.Cidro

Rekomendasi TikTokers untuk Difollow
@king.cidro

Terakhir, dari daftar ini adalah tiktoker dengan nama akun @king.cidro. Berbeda dengan 6 tiktokers sebelumnya, akun ini adalah konten kesehatan. 

@king.cidro sering membagikan informasi-informasi berharga mengenai fenomena kesehatan di tengah masyarakat. Tak jarang ia juga membahas banyak hal mengenai ambigu masyarakat terhadap pantangan tertentu. Terbaru ia menerangkan bahwa ceker ayam mengandung kolagen yang dapat membantu kulit menjadi lebih cerah atau glowing.

Inilah 7 TikTokers yang Bakal Buat Kamu Berpikir Lebih Kritis.

Baca Juga: 7 Layanan Anti Hoaks untuk Tingkatkan Literasi Digital Netizen

Meskipun layak difollow bukan berarti mereka 100% benar. Pastinya akan ada kesalahan dari mereka, yang itu juga bisa menjadi pembelajaran bersama. Sebagai negara demokrasi, sudah sewajarnya kita untuk saling menghargai pendapat satu sama lain, dan berpegang pada pendapat yang kuat.

Jangan lupa untuk baca artikel menarik lainnya di Blog Anakteknik.co.id atau follow Instagram @anakteknik.co.id untuk asupan info teknik berkualitas di beranda IG Sobat Teknik. Untuk yang ingin menjadi penulis di Anakteknik.co.id juga bisa daftar melalui link ini. Daftar.

Menangkan kesempatan spesial dengan mengisi profil penulis Sobat Teknik lengkap!.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait