Fun Fact

7 Wanita yang Tanpa Kehadirannya Dunia Akan Jadi Suram

Berikut ini adalah 7 daftar wanita yang tanpa kehadirannya dunia akan menjadi suram. Salah satunya sangat akrab di dunia koding.

Andri Marza Akhda22 Juli 2022

Wanita dan teknologi, bagi sebagian orang adalah dua hal yang berbeda yang takkan mungkin dapat bekerja sama. Eksistensi kaum hawa di dunia teknologi dianggap kalah jauh dibandingkan dengan kaum adam. Pernyataan ini seolah didukung dengan adanya toxic masculinity, atau mereka yang menganut paham patriarki dominan.

Wanita dianggap sebagai kaum yang selayaknya "hanya mengurusi urusan rumah tangga". Berbagai masalah terutama terkait stereotipe, kultur, dan kurangnya kesempatan terhadap wanita, menjadi peran krusialnya untuk teknologi seolah terabaikan. Hal ini menjadikannya sebagai masalah gender gap yang menahun.
 
Belum lagi hasil dari BCG Research di tahun 2020, bahwa jumlah wanita yang mengisi perusahaan sektor teknologi di Asia Tenggara hanya 32% total dari karyawan industri. Di Indonesia khususnya hanya mencapai angka 22% saja.

Jumlah persentase tersebut juga didukung dengan rendahnya minat wanita terhadap teknologi. Data dari hasil riset yang sama juga menunjukkan hanya 39% wanita yang kuliahnya berfokus pada teknologi. 

Lalu apakah benar wanita dan teknologi adalah dua hal yang takkan mungkin dapat bekerja sama? Faktanya tidak demikian.

Di zaman information overload sekarang ini, akses pendidikan teknologi untuk laki-laki dan wanita tidak ada bedanya. Bahkan Sobat Teknik bisa menemukan organisasi teknologi dunia memiliki bidang pemberdayaan wanita pada sektor teknologi. Sebut saja seperti Tech Women Organization, Ada Developers Academy, The National Center for Women & Information Technology, Woman in Technology International, dan lain-lain.

Eksistensi wanita dibidang teknologi memang tak dapat diremehkan. Jauh sebelum adanya organisasi teknologi khusus wanita ini, banyak ilmuwan wanita hebat di bidang teknologi. Tanpa kehadiran mereka, Sobat Teknik tidak akan merasakan enaknya teknologi sekarang ini. Ya, merekalah wanita wanita hebat dan penemu dari banyak awal mula teknologi terbarukan. Siapa saja mereka?

1. Ada Lovelace - Programmer Pertama di Dunia

7 Wanita yang Tanpa Kehadirannya Dunia Teknologi Jadi Suram
Dunia Jika Ada Lovelace Gagal Pahami Koding

Apa jadinya bila Ada Lovelace gagal merumuskan program Analytical Engine untuk komputer pertama di dunia dari Charles Babbage?.
 
Tentu tidak ada satupun dari Sobat Teknik yang akan mengerti  bahasa pemrograman tingkat tinggi, atau High Level Programming. Jangankan untuk high level programming seperti Python, Java, dan lainnya, bahasa pemrograman berjenis low level programming seperti Assembly saja tidak akan ada.

Tanpa kehadiran bahasa-bahasa pemrograman ini, Sobat Teknik tidak bisa melihat artikel online ini melalui komputer, laptop, ataupun smartphone.

Ada Lovelace
Ada Lovelace

Peran Ada yang merumuskan artikel Luigi Menabrea, matematikawan asal Italia, dan juga catatan penting tentang komputer dan perangkat lunak beserta dengan metode kalkulasi Bernoulli, sukses menjadikan program Charles Babbage berjalan dengan sukses. Charles Babbage menjuluki Ada Lovelace sebagai The Enchantress of Number, atau Angka yang Mempesona. 

2. Heddy Lamarr - Penemu Sistem Cikal Bakal WiFi

7 Wanita yang Tanpa Kehadirannya Dunia Teknologi Akan Suram
Tanpa Heddy Lamarr, Kamu Gak Punya Alasan Lagi Berlama-lama di Cafe Saat Kopi Kamu Sudah Habis

Kedua, ada nama Heddy Lamarr. Dialah alasan kuat mengapa Sobat Teknik betah ngopi berjam-jam di Cafe. 

Dengan perannya, ia membantu kita untuk menikmati hidup yang damai dari perang dunia kedua.

Bayangkan saja jika Heddy Lamarr tidak menyempatkan waktunya setelah pulang dari teater film untuk belajar frekuensi teknologi dengan alat-alatnya di area belakang teater, maka perang dunia kedua mungkin akan berlangsung lebih lama.

Heddy Lamarr
Heddy Lamarr

Penemuannya berupa spektrum sebar pindah frekuensi juga membantu Amerika memenangkan perang dunia melawan NAZI Jerman.

Spektrum sebar pindah frekuensi dimanfaatkan sebagai petunjuk jalan torpedo bawah laut untuk menyerang kapal musuh tanpa terdeteksi radio sama sekali. Ide spektrum sebar pindah frekuensi inilah menjadi cikal bakal teknologi seperti Bluetooth, WiFi dan jaringan CDMA. 

3. Grace Hopper - Penemu Kompilator Pertama di Dunia

Dunia Sekarang Jika Grace Hopper Tidak Ada
Dunia Jika Grace Hopper Tidak Ikut Serta dalam Program Komputer untuk Perang Lawan Jerman

Ketiga adalah Grace Hopper. Dia adalah salah satu dari ilmuwan komputer yang mengembangkan komputer Harvard Mark 1, komputer untuk alat perhitungan elektro mekanis persenjataan selama perang dunia kedua.

Peran Grace Hopper untuk menghentikan perang juga membantu Sobat Teknik untuk hidup tenang saat ini.

Namanya bahkan banyak diabadikan dalam banyak sektor penting di Angkatan Laut Amerika Serikat. Seperti Kapal Penghancur yang diberi nama USS Hopper (DDG-70), Superkomputer Hopper Cray XE6 dan ruang belajar di Universitas Teknologi Chalmers. Selain itu, ialah yang pertama kali mengembangkan kompilator pertama di dunia.

Grace Hooper 7 Wanita yang Tanpa Kehadiranya Dunia Teknologi Akan Suram
Grace Hopper

Kompilator adalah program komputer yang berguna untuk terjemahkan bahasa high level programming menuju bahasa mesin, dan begitu seterusnya. Tanpanya Sobat Teknik mungkin akan selamanya belajar program komputer dari angka yakni 0 dan 1 saja. Betapa membosankan njelimetnya hal itu bila terjadi.

Berkat dialah Sobat Teknik membuat program dari banyak IDE (Integrated Development Environment) seperti CodeBlocks, Dev C++, ATOM, Microsoft Visual C++, Netbeans, Sublime, Vim, dan Notepad++.

4. Adele Goldberg, Penemu Konsep GUI

Komputer Jika Adele Goldberg Tidak Menciptakan Sistem GUI
Komputer Jika Adele Goldberg Tidak Menciptakan Sistem GUI

Selanjutnya ada Adele Goldberg. Ia menjadi alasan mengapa Sobat Teknik tak perlu lagi banyak menghafal kode hanya untuk membuka folder. Ya, Dialah sebab mengapa Sobat Teknik tak perlu repot-repot menghafal ribuan teknik CLI (Command Line Interface).

Adele Goldberg adalah ilmuwan komputer Amerika yang memiliki peran dalam pengembangan bahasa pemrograman Smalltalk -80 dan konsep pemrograman berbasis objek atau OOP di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Banyak konsep dari Adele yang menjadi awal mula cikal bakal GUI untuk komputer. Salah satunya dalam artikel berjudul Personal Dynamic Media, di mana semua orang dapat dengan mudah berbagi media personal mereka melalui komputer.

Adele Goldberg
Adele Goldberg

Bahkan peran Adele Goldberg untuk Smalltalk -80 memberikan banyak kemenangan bagi Apple. Banyak dari konsep Adele Goldberg diterapkan pada Apple Macintosh Desktop.

5. Radia Joy Perlman, Penemu STP

7 Wanita yang Tanpa Kehadirannya Dunia Akan Suram
Kondisi Internet Jika Radia Joy Perlman Tak Lakukan Inovasi STP

Kelima ada nama Radia Joy Perlman. Dia adalah alasan Sobat Teknik bisa menghindari buffering saat menjelajah internet. Kok bisa? Ya, karena beliaulah penemu STP (Spanning Tree Protocol) di tahun 1985. STP ini berfungsi untuk menemukan jalur interkoneksi terbaik saat komputer mengakses internet.
 
Radia Joy Perlman adalah seorang programmer komputer dan insinyur Amerika Serikat. Beliau banyak menghabiskan waktunya dalam bidang penelitian jaringan komputer di Digital Equipment Corporation. Kontribusinya yang besar di bidang jaringan komputer dibuktikan pada bidang desain dan standarisasi jaringan.

Tahun 2015, beliau mendapatkan gelar sebagai anggota National Academy of Engineering. Penemuannya terhadap STP adalah pelopor protokol pertama untuk jaringan LAN. Ia berhasil tetapkan 48 bit alamat MAC, dan merancang protokolnya di dalam sebuah jaringan LAN. Algoritma STP ini memungkinkan jaringan lebih mudah memetakan jalurnya, dan mencari jalur yang terpendek.

Radia Joy Perlman
Radia Joy Perlman

Penemuannya terhadap STP juga berandil besar pada penemuan protokol berikutnya, yakni RSTP (Rapid Spanning Tree Protocol).

6. Marie Van Brittan Brown, Pencipta Sistem CCTV Keamanan Rumah

7 Wanita yang Tanpa Kehadirannya Dunia Akan Suram
Kondisi Rumah Orang Kaya Jika Marie Van Brittan Tidak Pernah Ciptakan Sistem Keamanan Rumah

Apa jadinya bila Marie Van Brittan, seorang perawat dari lingkungan Jamaika, Queens, New York tidak menemukan sistem CCTV keamanan rumah? Pastinya tingkat kejahatan dan penyelidikan tingkat kejahatan oleh polisi di area rumah semakin sulit.

Uniknya Marie menciptakan sistem layaknya CCTV untuk keamanan rumah dengan peralatan sederhana. Penemuannya ini terdiri dari empat lubang untuk mengintip, kamera geser, monitor TV, dan juga mikrofon.

Kamera geser yang ia gunakan terhubung ke dalam monitor TV rumahnya yang bisa melewati 4 lubang pengintip. Jadi ia tak perlu lagi harus memindahkan kamera tersebut secara manual. Mikrofon yang ada juga memudahkan untuk berbicara dengan orang tanpa harus meninggalkan rumah.

Marie Van Brittan Brown
Marie Van Brittan Brown

Penemuannya ini sendiri didasari oleh lingkungan tempat tinggalnya yang tinggi akan angka kejahatan.

7. Joan Ball, Pelopor Kencan Online Pertama Inggris

Pertumbuhan Jomblo di Inggris Semakin Banyak Tahun ke Tahun, Jika Tidak Ada Joan Ball
Pertumbuhan Jomblo di Inggris Semakin Banyak Tahun ke Tahun, Jika Tidak Ada Joan Ball

Orang-orang Inggris harus berterima kasih kepada Joan Ball, karena beliaulah mereka bisa mendapatkan pasangan melalui komputer. Melalui layanan kencan komputer pertamanya, Joan Ball sukses mendahului layanan kencan komputer pertama di Amerika,  Operation Match di Harvard.

Kesuksesan Joan Ball diawali dengan perjalanannya mendirikan Erau Friendship Bureau, Biro Jodoh. Jalannya menuju sukses tidaklah mudah, terlebih saat itu stigma biro jodoh di Inggris yang jelek. Dengan membuat iklan yang tayang di radio lokal acara Pop Pirates, ia berhasil mengembangkan layanan tersebut. Hingga sekarang nama Joan Ball akan selalu dikenal sebagai sejarah dunia kencan online

Joan Ball
Joan Ball

Itulah 7 wanita yang tanpa kehadirannya dunia teknologi akan terasa sangat suram. Baca terus artikel menarik dari Anak Teknik di Blog.anakteknik.co.id. Jangan lupa follow Instagram @anakteknikindo untuk asupan teknologi berkelas di Instagram Sobat Teknik.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait