Industri

Jadi Pemimpin Proyek diusia Muda? Ini 5 Karakter yang Harus Kalian Miliki

Menjadi seorang pemimpin proyek diusia muda sangatlah sulit dan banyak tantangan didalamnya, dan hasil yang didapatkan berasal bagaimana kita bisa mempengaruhi orang-orang yang ada dibawah kita

Baso Amirullah28 April 2022

Fresh Graduate teknik kebanyakan berprofesi sebagai pimpro atau pengawas lapangan. Tentunya ini punya tantangan besar, apa lagi kalau bekerja dengan orang yang telah berpengalaman. Dengan memiliki usia yang jauh lebih tua.

Dalam hal ini seorang pimpro muda harus bisa mengembangkan dan bersikap profesional. Untuk memimpin proyek di usia muda kalian harus memiliki karakter-karakter berikut ini:

Tegas dan Berani

Untuk karakter ini memang seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin. Tegas disini bukan berarti harus selalu keras terhadap orang yang lebih tua melainkan berusaha tidak plin plan dalam mengambil keputusan.

Tantangan terbesar dalam mengatur orang yang punya pengalaman banyak adalah merasa lebih tau. Inti tegas dan berani adalah memikirkan yang tepat. Berani menjelaskan secara logis tentang keputusan yang diambil seorang pimpro.

Jadi Teman yang Baik

Selain tegas, seorang pimpro muda harus bisa menjadi teman yang mendengar masukan pekerja. Walaupun tidak memasukan semua harus diterima.

Tipsnya adalah membuat tongkrongan antar pekerja baik di jam istirahat ataupun di luar jam kerja. Minimal minum kopi atau makan cemilan sambil bercengkrama. Ini tentunya berguna untuk tidak adanya kesenjangan usia antara pemimpin dan pekerja.

Berpikir Cepat dan Tepat

Karakter ini tentunya harus terus diasah karena memiliki dampak besar terhadap perjalanan proyek. Dalam perjalanan proyek biasa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, seorang pimpro harus cepat mengambil keputusan jika terlambat dapat menghambat jalannya proyek.

Bukan hanya dituntut berpikir cepat tapi juga harus berpikir tepat. Berpikir tepat disini adalah keputusan yang ambil harus relevan dan cocok sesuai kondisi yang terjadi. Keputusan yang tidak tepat biasanya akan berdampak terhadap kualitas dari hasil proyek tersebut.

Bijaksana Dalam Menyikapi Karakter Pekerja

Karakter yang paling menonjol dalam diri pekerja adalah kinerja yang tidak konsisten. Terkadang produktivitas dapat naik atau turun. Faktor yang besar mempengaruhi produktivitas ini adalah masalah pribadi pekerja yang mempengaruhi kinerjanya.

Maka dari itu sebagai pimpro muda harus bersikap empati terhadap pekerja yang punya masalah. Sebagai contoh, jika pekerja dalam kondisi tidak fit, berikan izin untuk istirahat sehari. Terutama kalau proyek masih bisa berjalan jika tanpa pekerja satu hari.

Melebur Dalam Bekerja

Selama pengerjaan proyek biasakan ikut membantu para pekerja jika mengalami kesulitan. Jadi pemimpin proyek muda itu tidak boleh bertindak layaknya boss yang jobdesknya mengawasi dan membuat laporan.

Perhatikan juga pekerja walaupun tidak setiap saat. Jika pekerja kesulitan bekerja, bantulah. Setidaknya para pekerja bisa percaya dan segan terhadap kita walaupun usia lebih muda.

Itulah karakter yang wajib diterapkan oleh para pemimpin proyek yang memiliki usia muda.

Share:

0 Komentar