Pengetahuan

Mau Kuliah Teknik tapi Masih Bingung Mau Pilih Jurusan Apa? Jurusan ini Teknik Banget

Bingung pilih jurusan teknik? kali ini saya akan menjelaskan tentang Teknik Perkapalan, mudah-mudahan teman-teman bisa bergabung menjadi keluarga perkapalan

Baso Amirullah24 Juli 2021

Hai Sobat Anak Teknik... Kalian Pusing Mau kuliah dimana? Mau jurusan apa?..

Daya akan sedikit memberikan solusi untuk itu.Dalam koteks ini lebih ditekankan pada jurusan teknik perkapalan. 

Ya... sebagai anak teknik perkapalan, saya yakin ditelinga beberapa orang masih asing dengan jurusan ini. Hal ini karena hanya ada beberapa universitas di Indonesia yang membuka jurusan teknik perkapalan yaitu 

  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Indonesia
  • Institut Teknologi Sepuluh November
  • Institut Teknologi Bandung
  • Universitas Hang Tuah
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Institut Adhi Tama Surabaya
  • Universitas Pattimura
  • Universitas Darma Persada
  • dll

Jadi bisa dibayangkan jika berkuliah di Teknik Perkapalan maka peluang kerja kita juga semakin besar karena jumlah lulusan kita cuma sedikit.

Lulusan perkapalan = pelaut?

Anggapan orang bilang bahwa lulusan perkapalan itu adalah seorang pelaut. kenyataannya adalah lulusan Teknik Perkapalan bukanlah seorang pelaut yang pergi berlayar di tengah laut. Saya berani jamin itu karena saya telah menjalaninya bahwa materi dasar lulusan perkapalan bukan diarahkan menjadi pelaut melainkan seorang desainer kapal. Orang yang mampu membuat kapal mulai dari merancang hingga dibangun dan sampai akhirnya berlayar.

Teknik perkapalan mempelajari beberapa ilmu teknik sekaligus

Bukan hanya itu saja, Jurusan Teknik Perkapalan merupakan salah satu bidang ilmu teknik yang mempelajari beberapa ilmu teknik lainnya seperti pertama Teknik Sipil. Seorang sarjana perkapalan harus tahu bagaimana cara membangun kapal dari hasil desain.

Membangun kapal itu sedikit lebih sulit karena memiliki banyak lekukan lekukan serta memperhitungkan kekuatan kapal karena nantinya akan bergerak dilaut dan tentu saja berbeda dengan teknik sipil yang notabenenya membangun bangunan untuk didarat saja yang tidak bergerak.

Kedua adalah teknik arsitektur, teknik perkapalan juga memperlajari arsitektur seperti menggambar desain kapal, menata ruang dan tentunya menentukan warna yang indah untuk kapal.

Ketiga adalah Teknik Mesin dan Teknik Elektro, diajarkan teknik perkapalan pelajari walaupun tidak mendalam. Adapun yang dipelajari seperti adalah spesifikasi mesin, cara menentukan mesin yang cocok untuk kapal, serta merencanakan electric balance untuk kapal. Merancang instalasi listrik untuk kapal jauh lebih sulit karena kelistrikan dalam kapal sangat beragam jika dibandingkan dengan instalasi listrik yang ada dirumah kalian.

Sedikit tambahan lagi untuk sobat maritim agar lebih termotivasi lagi untuk masuk ke dunia Teknik Perkapalan adalah bumi Indonesia kita adalah negeri dengan ratusan ribu pulau didalamnya, ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya Perkapalan untuk Indinesia ditambah lagi dengan adanya program dari presiden kita untuk membuat negeri ini menjadi poros maritim dunia dengan membangun yang namanya TOL LAUT.

 

Saya berharap jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi. Semoga berhasil...... Sekian!!

Share:

0 Komentar