Pengetahuan

7 Hal yang Harus Dihindari saat Kuliah Online

Hindrai kebiasaan berikut agar kulihamu lebih maksimal

shabrina10 Agustus 2021

Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk kegiatan belajar-mengajar pada sektor pendidikan. Pembelajaran daring/online memang memiliki banyak tantangan, seperti sinyal, perangkat, dan berbagaimacam kendala lainnya. Meskipun begitu, pembelajaran online tetap harus dilakukan, mengingat besarnya resiko yang akan timbul jika melakukan pembelajaran tatap muka ditengah pandemi.

Berbicara mengenai perubahan kehidupan, pastilah akan diiringi dengan terbentuknya kebiasaan baru. Dalam hal ini, kita akan membahas mengenai beberapa kebiasaan buruk yang timbul saat kuliah online, diantaranya:

tips kuliah online

1. Tidak Menyimak dengan Baik

Pada pembelajaran online ini, banyak mahasiswa tidak menyimak apa yang disampaikan oleh dosen dengan baik. Banyak dari mereka yang membuka sosial media, menonton youtube, bermain game, bahkan tidur saat pembelajaran berlangsung. Meskipun tidak bertemu secara langsung, kegiatan pembelajaran tetap dilaksanakan. Seperti halnya didalam kelas, mahasiswa diharap tetap menyimak pelajaran dengan baik.

2. Malu Bertanya

Malu bertanya saat merasa kurang paham mungkin juga sering dialami pada saat pembelajaran tatap muka. Tidak ada salahnya untuk bertanya. Jika kamu malu untuk bertanya dalam forum yang besar, kamu bisa memilih untuk bertanya langsung kepada dosen melalui chat.

3. Tidak Izin Saat Keluar Masuk Kelas

Meskipun kuliah online terasa membosankan dan sering terjadi kendala, jangan lupakan soal sopan santun. Ketika mengalami kendala, ada baiknya kamu memberi tahu dosen bersangkutan atau ketua kelas terlebih dahulu. Begitu juga saat selesai kelas, jangan langsung left tanpa izin.

4. Meremehkan Tanggung Jawab

Salah satu hal yang sering terjadi saat kuliah online ialah tugas yang menumpuk. Kebiasaan meremehkan tanggung jawab yang satu ini sering dilakukan mahasiswa. Sebagai mahasiswa, seharusnya bisa berpikir lebih dewasa dan menyelesaikan tanggung jawabnya dengan baik.

5. Mengabaikan Kerja Kelompok

Banyak mahasiswa yang tidak ikut serta dalam pengerjaan tugas ini, atau hanya menitipkan nama agar mendapat nilai. Sering kali hanya satu/dua orang saja yang mengerjakannya. Perlu diingat bahwa tugas kelompok merupakan tanggung jawab seluruh anggota, bukan hanya ketua kelompok. Diskusikan dan selesaikan dengan baik bersama kelompokmu.

6.  Tidak bisa mengatur waktu

Meskipun online, mengatur waktu tetap dibutuhkan. Jangan terlalu terobsesi dengan kuliah hingga lupa istirahat. Serta jangan keasyikan bermain hp sehingga lupa untuk mengerjakan tugas. Atur waktumu dengan baik serta penuh semua kebutuhan fisik dan mentalmu.

7. Etika saat kuliah

Banyak mahasiswa yang terkadang lupa tentang etika saat kuliah online. Nyalakan kamera untuk menghormati dosen. Nyalakan mikrofon saat diperlukan, serta jawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen, jangan malah kabur. Gunakan pakainan yang sopan dan rapi. Meskipun tidak bertemu secara langsung, jangan lupakan sopan santun kepada dosen.

 

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari saat kuliah online agar proses belajarmu bisa lebih maksimal. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup serta makan yang bergizi agar tetap aman.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait