Opini

Climate Change: Generasi Muda Bisa Apa?

Peran generasi muda dalam mengatasi climate change

shabrina25 Agustus 2022

Apa itu climate change? 

Climate change atau perubahan iklim merupakan perubahan pada suhu, curah hujan, angin, dan berbagai komponen iklim bumi lainnya yang berlangsung dalam waktu lama dan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan keberlangsungan kehidupan di bumi. 

Menurut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC), sebagian besar peningkatan suhu terjadi akibat peningkatan emisi gas rumah kaca. Perubahan yang berlangsung secara terus menerus dapat menimbulkan bencana alam, kerusakan lingkungan, dan gangguan kesehatan. 

Melihat dampak perubahan iklim, diperlukan upaya untuk mencegah dan memperbaiki perubahan iklim tersebut. Meskipun pemerintah telah melakukan beberapa upaya, tetap diperlukan  kesadaran dari masyarakat untuk peduli terhadap perubahan iklim. Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan generasi muda dalam upaya pengendalian perubahan iklim. Beberapa upaya tersebut diantaranya: 

1. Menggunakan hak suara untuk memilih pemimpin yang peduli lingkungan 

Pemimpin merupakan seseorang yang memiki pengaruh besar terhadap orang yang dipimpinnya. Menggunakan hak suara untuk memilih seorang pemimpin yang tidak kita kenal bukanlah hal yang mudah. Hasil dari pemilihan tersebut akan memberikan dampak yang cukup lama dan besar. Memilih pemimpin yang peduli terhadap lingkungan sudah termasuk upaya pengendalian perubahan iklim.  

2. Menimba ilmu dan mengaplikasikannya dalam pengendalian perubahan iklim 

Bidang ilmu apapun dapat memberikan dampak terhadap perubahan iklim. Kita dapat membantu mengendalikan perubahan iklim melalui ide-ide kreatif dan penemuan baru. Upaya pengendalian iklim dapat dilakukan dengan melakukan pekerjaan yang memperhatikan lingkungan. 

3. Kampanye perubahan iklim 

Kampanye perubahan iklim telah banyak dilakukan melalui media sosial. Kita sebagai generasi muda dapat melakukan kampanye perubahan iklim. Kampanye dapat dilakukan dengan membuat video, poster, dan postingan ajakan untuk peduli perubahan iklim.  

4. Edukasi masyarakat 

Generasi muda memiliki kewajiban untuk menyampaikan ilmu yang didapat kepada masyarakat melalui pengabdian. Dalam pengabdian dapat dilakukan sosialisasi climate change untuk mengetahui upaya mengendalikan perubahan iklim. Semakin banyak warga yang memahami pengendalian climate change, semakin besar juga kemungkinan perubahan iklim dapat teratasi. 

5. Aksi nyata 

Memberikan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian generasi muda terhadap perubahan iklim. Aksi nyata dapat dilakukan oleh diri sendiri maupun bersama dengan kelompok. Mulai aksi nyata dari diri sendiri. Berikan contoh baik agar semakin banyak orang melakukan pencegahan perubahan iklim.  

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam membantu mencegah dan mengatasi efek perubahan iklim. 

 

Share:

0 Komentar