Opini

Investasi Berkelanjutan Hari Bumi Tahun 2022

Kita semua berharap setiap orang memiliki visi yang sama dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, dan bersama – sama dalam berinvestasi pada planet kita ini, seperti tema hari bumi tahun 2022 INVEST IN OUR PLANET

Mei Brilian Harefa25 April 2022

Investasi Berkelanjutan

Kita baru aja memperingati hari bumi yang bertepatan pada tanggal 22 april 2022. Seluruh dunia mengkampanyekan tentang isu lingkungan pada peringatan hari bumi atau earth day. Hari bumi pertama kali disuarakan oleh Gaylord Nelson, pada tangal 22 april 1970.

Tema hari bumi pada tahun 2022 ini adalah “ Invest In Our Planet”. Tema ini memiliki arti bahwa bumi harus menjadi investasi kita. Kita turut ambil bagian dalam menjaga kelangsungan hidup dimasa yang akan datang. Kita harus bertanggung jawab, agar kelak anak cucu kita bisa menuai hasilnya, atas apa yang dilakukan hari ini.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian planet kita ini yaitu

  1. Mengurangi sampah
  2. Pemanfaatan hasil daur ulang
  3. Mengurangi emisi karbon
  4. Gaya hidup berkelanjutan

A. Mengurangi Sampah

Sampah menjadi sebuah masalah besar jika penangannya tidak segera dilakukan secara serius. Sebagai contoh ialah Sampah plastik, dan sisa makanan, bisa menjadi ancaman kerusakan lingkungan. Akibat dari penggunaan sampah plastik dapat mengancam kelangsungan hidup biota laut, microorganisme, kerusakan tanah.

Sampah sisa makanan juga tidak kalah berisiko dalam hal kerusakan lingkungan. Tanpa kita sadari sisa makanan yang kita konsumsi banyak menghabiskan energi.

Mulai dari proses penanaman dengan alat bantu mesin, proses pendistribusian, penyimpanan, sampai proses memasaknya. Sampah sisa makanan tergolong sampah organik yang ketika terurai menghasilkan gas metana. Yang mana gas metana adalah salah satu penyebab pemanasan global.

Mengurangi penggunaan sampah plastik dan stop mubazir pangan menjadi langkah awal dalam menjaga lingkungan dan kelestarian bumi. Mengingat dampak buruk yang timbuk begitu besar pada kerusakan lingkungan.

B. Pemanfaatan Hasil Daur Ulang

Memanfaatkan hasil daur ulang bisa menjadi upaya dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Banyak barang atau material yang bisa jadi alternatif untuk digunakan sebagai bahan pengganti.

Dengan fungsi dan manfaat yang sama serta serta dapat menjadi ide bisnis. Contohnya penggunaan botol plastik sebagai vas bunga, kain perca sebagai kerajinan dan masih banyak lagi.

Saat ini, pembuatan ecobrick mulai menjadi pilihan dalam pengolahan sampah, khususnya sampah plastik. Ecobrick bisa dimanfaatkan sebagai pengganti batu bata atau batako. Ecobrick cocok digunakan sebagai pembuatan furniture, perabotan indoor, hingga material bangunan.

C. Mengurangi Emisi Karbon

Hal lain yang dapat kita lakukan dalam menjaga kelestarian bumi adalah mengurangi emisi karbon. Banyak cara yang dapat kita lakakan seperti menggunakan transportasi umum, memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan, hemat dalam pengunaan listrik, dan air. 

D. Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan adalah kunci utama. Dengan menerapkan gaya hidup yang kelanjutan sudah pasti poin A,B dan C akan melekat dalam diri. Konsep atau mindsetnya sudah berfokus pada kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk berinvestasi pada planet kita (Bumi).

Kita semua berharap setiap orang memiliki visi yang sama dalam menjaga kelestarian lingkungan. Bersama – sama dalam berinvestasi pada planet kita ini, seperti tema hari bumi tahun 2022 INVEST IN OUR PLANET.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait