Pengetahuan

5 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

Masih mahasiswa tapi ingin mendapatkan penghasilan sampingan? Yuk simak artikel berikut ini

celai24 Agustus 2021

Sebagai mahasiswa, pernahkah kalian berpikir untuk menambah pengalaman di dunia teknik sipil sembari menghasilkan cuan? Untuk kalian yang berada di semester 5,6, ataupun 7, rasanya sudah cukup ilmu yang didapat di kampus untuk mulai pelan-pelan kalian terapkan di lapangan pekerjaan agar bisa mulai membiasakan diri dengan dunia setelah kuliah.

Kalian mungkin bertanya-tanya, apakah ada pekerjaan yang bisa kalian lakukan sebagai mahasiswa teknik sipil untuk menambah pengalaman? Tentunya pekerjaan yang dimaksud di sini bukan pekerjaan part time seperti menjadi barista, membuka bisnis online shop, atau bekerja di restoran. Lalu pekerjaan-pekerjaan apa sajakah itu? Simak artikel di bawah ini dengan saksama ya.

1. Drafter

Jika kamu senang dan cukup kompeten dalam menggambar gambar teknik dan menggunakan software-software terkait seperti AutoCad maupun Sketch Up, pekerjaan ini bisa kamu coba. Ada banyak kok perusahaan kontraktor yang mencari drafter dengan kualifikasi mahasiswa yang sedang menempuh kuliah. Tidak perlu full time, kamu bisa kok kerja sebagai drafter part timer, tergantung kebutuhan proyek.

Baca juga : 4 Kemampuan Dasar Wajib Dimiliki Seorang Drafter

2. Cost Estimator

Tertarik dalam bidang bisnis konstruksi, mampu membuat estimasi biaya dan perencanaan proyek, serta memiliki kemampuan matematika yang baik merupakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika kamu ingin menjadi seorang cost estimator. Dengan kata lain, cost estimator bertugas melakukan analisis pekerjaan dan menetapkan harga pokok.

Salah satu contoh tugas utama seorang cost estimator adalah melakukan perhitungan MTO (material take off) dan Bill of Quantity (BOQ) untuk keperluan proyek.

3. Asisten Surveyor

Dalam bidang konstruksi, surveyor adalah orang yang bekerja untuk melakukan kegiatan pengukuran dan mengambil data-data di atas permukaan bumi. Kemampuan yang dikuasai surveyor anatra lain ilmu ukur tanah, teknik gambar bangunan, ilmu matematika, serta teknik mengoperasikan alat-alat untuk survey.

Baca juga : Kenalan dengan Quantity Surveyor, Kerjaan yang Cocok dengan Fresh Graduate Teknik Sipil!

Pekerjaan sebagai asisten surveyor merupakan pekerjaan yang paling ‘laku’ diantara mahasiswa. Seperti namanya, asisten surveyor bertugas membantu pekerjaan dari seorang surveyor. Jika mahasiswa sudah menguasai teknik pengoperasian alat-alat survey seperti automatic level waterpass dan theodolite, bisa membaca bak ukur, serta dapat menghitung atau mengolah data hasil pengukuran, maka orang tersebut sudah bisa terjun ke lapangan sebagai asisten surveyor.

4. Asisten Pelaksana

Pelaksana proyek konstruksi bertugas sebagai pengawas dan pemimpin pekerjaan di lapangan. Sebagai seorang pelaksana, kamu terutama dituntut untuk bisa membaca gambar karena gambar kerja itulah yang akan direalisasikan di proyek. Selain itu, penguasaan dan pemahaman terhadap metode kerja yang telah ditetapkan pun merupakan kualifikasi penting seorang pelaksana.

Menjadi asisten pelaksana merupakan awal yang baik bagi seorang mahasiswa yang ingin bekerja sambil kuliah agar dapat memperkaya ilmu khususnya ilmu penerapan teori-teori yang dipelajari di kampus di lapangan.

5. Asisten QC

Quality control (QC) memegang peran penting dalam proyek kosntruksi karena bertanggung jawab atas mutu dari hasil pelaksanaan pekerjaan. Adapun beberapa tugas utama seorang quality control adalah melaksanakan pengujian terhadap hasil pekerjaan di lapangan ataupun di laboratorium, memeriksan kualitas suatu pekerjaan dan membuat laporan terkait, serta melaksanakan pengujian mutu terhadap bahan atau material yang digunakan.

Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai asisten QC, maka tugas utamamu adalah membantu QC  agar kualitas pekerjaan dapat terjaga dan tercapai sesuai tujuan. Contoh pekerjaan yang dilakukan seorang asisten QC yaitu melakukan pengujian bahan uji (misalnya beton) ke laboratorium, bertanggung jawab atas kesiapan silinder benda uji untuk pengujian beton yaitu dengan mengolesi minyak pelumas sebelumnya, memantau jam masuk keluar truck mixer dan volume total semen yang dibawa apakah sesuai yang dipesan atau tidak, dan lain sebagainya

Setelah membaca artikel di atas, kira-kira kamu tertarik bekerja sebagai apa nih sobat anak teknik? Jangan lupa untuk komen di bawah ya!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait