Pengetahuan

Kamu Salah Jurusan? 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Kembali Bangga jadi Anak Teknik

Mahasiswa baru fakultas teknik wajib tau ini #engineeringpride

celai8 Agustus 2021

Sebagai remaja yang sedang beralih dari SMA ke jenjang perguruan tinggi, tidak semua tau apa yang ingin dilakukannya selepas sekolah; ingin kuliah apa ataupun ingin menempuh karir di bidang apa. Untuk itu banyak orang tua yang berusaha mengarahkan anaknya ke bidang tertentu dengan harapan anaknya bisa sukses di bidang yang dipilihkan orang tua. Akan tetapi, banyak juga yang awalnya hanya sekedar mengikuti kemauan orang tua lantas merasa salah jurusan.

Terutama bagi mereka yang masuk ke jurusan teknik. Sudah salah jurusan, masuknya ke jurusan yang sulit pula! Apalagi jika tidak suka berhitung atau menggambar. Waduh, bawaannya udah negatif terus pasti selama masa perkuliahan.

Tapi untuk kalian yang merasa salah jurusan tidak perlu khawatir. Masuk jurusan teknik merupakan suatu kebanggaan tersendiri lho, karena tidak semua orang mampu masuk dan bertahan di dalamnya. Untuk menambah semangatmu sebagai mahasiswa baru fatek, berikut ini ada 5 ciri khas fakultas teknik yang pasti akan bikin kamu bangga berada di sini.

1. Terkenal kompak, rasa kebersamaan dan kekeluargaan tinggi

Jurusan teknik memang dikenal sebagai jurusan yang kompak dengan solidaritas tinggi. Kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa di setiap angkatan. Hal ini terjadi karena mahasiswa jurusan teknik dididik untuk bisa beradaptasi ditengah banyak orang dan bekerja sama dalam tim.

Tentu saja ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan untuk mempersiapkan mental mahasiswa memasuki dunia kerja, karena jika ingin berkarir di dunia teknik maka dituntut untuk bisa bekerja sama dengan orang lain. Sebagai contoh, seorang insinyur sipil tidak mungkin bekerja seorang diri menangani sebuah proyek pembangunan mall. Pasti ia membutuhkan tenaga sipil lainnya, seorang arsitek, staff mekanikal elektrikal, dll.

2. Arak-arakan wisuda

Hanya di fakultas teknik kamu bisa menyaksikan suasana arak-arakan dimana mahasiswa mengiring para wisudawan yang baru saja selesai wisuda. Kegiatan arak-arakan yang merupakan bentuk selebrasi dan apresiasi bagi para wisudawan kini telah menjadi tradisi dan ciri khas fakultas teknik.

Kegiatan ini diharapkan meningkatkan euforia para wisudawan di hari bersejarah tersebut. Selain itu juga menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk meningkatkan solidaritas antar angkatan.

3. Banyak kerja kelompok

Salah satu hal yang membuat mahasiswa teknik kompak yaitu karena ada banyak kerja kelompok. Kerja kelompok yang dimaksudkan disini yaitu tugas kelompok maupun tugas perorangan yang dikerjakan secara berkelompok.

Iyap, di fakultas teknik tidak heran jika melihat orang-orang mengerjakan tugas beramai-ramai walaupun tugasnya perorangan. Jika dikerjakan sendiri, yang ada malah cepat bosan dan menyerah jika sudah tidak tahu bagaimana mengerjakannya. Tetapi jika dikerjakan bersama-sama, maka bisa menjadi lebih semangat dan tidak stuck karena bisa bertanya ke teman lain jika tidak tahu.

4. Lapangan pekerjaan luas

Tidak bisa dipungkiri bahwa lulusan teknik dicari dimana-mana, entah itu pekerjaan dibidang teknik maupun luar teknik. Engineer masih sangat dibutuhkan, jadi tidak perlu khawatir akan pekerjaan di masa depan.

Jika tidak ingin berkarir di bidang engineering, kalian tetap bisa banting stir ke bidang lain seperti bank, guru, wirausaha, dll. Semua pasti bisa jika dibarengi dengan usaha dan doa.

5. Jurusan bergengsi

Selain kedokteran, teknik merupakan jurusan bergengsi yang diminati dan dikagumi banyak orang. Orang-orang akan spontan berkata “wah keren” jika mendengar salah satu kenalannya adalah mahasiswa teknik.

Bahkan banyak juga mahasiswa yang masuk jurusan teknik hanya karena merasa menjadi anak teknik itu keren. Para orang tua juga akan ikut bangga jika anaknya masuk jurusan teknik, karena ya itu, teknik merupakan salah satu jurusan bergengsi di Indonesia.

Nah, itu tadi beberapa alasan kamu harus bangga jika sedang berkuliah di fakultas teknik. Walaupun merasa salah jurusan, setidaknya jurusan yang kamu masuki bukan jurusan kaleng-kaleng. Keep your head up dan semangat!

Share:

0 Komentar