Teknologi

Memahami Cara Kerja dan Jenis-Jenis Tachometer

Tachometer banyak digunakan pada sektor industri sebagai alat ukur untuk unit-unit yang berputar, seperti pompa, turbin, agitator, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tachometer sangat dibutuhkan untuk memeriksa efisiensi unit yang berputar.

chandra syah putra17 Maret 2022

Tachometer adalah alat untuk mengukur kecepatan putaran dari piringan, atau rotasi poros motor dan mesin berputar. Ukurannya yang kecil dan mudah dibawa membuat tachometer sangat membantu engineer ketika melakukan inspeksi peralatan.

Fungsi pengukuran rotasi pada sebuah unit untuk mengetahui efisiensi kinerja dari unit tersebut. Biasanya dilakukan pada saat inspeksi. Karena, efisiensi dari kinerja unit berputar tentu akan mempengaruhi biaya produksi nantinya. Oleh sebab itu, inspeksi unit kerja berpotar dilakukan secara berkala di industri dengan menggunakan tachometer.

Tachometer juga diaplikasikan pada kendaran bermotor untuk menunjukkan kecepatan putaran poros motor. Dengan demikian, para pengendara dapat mengetahui berapa kecepatan kendaraan yang sedang mereka operasikan. Selain itu, tachometer digunakan untuk memeriksa/mengukur kecepatan aliran darah dalam dunia kesehatan.

Prinsip kerja tachometer

Prinsip kerja dari tachometer dengan memanfaatkan gerakan relatif antara putaran poros dan medan magnet. Gaya gerak listrik di induksi dalam kumparan yang ditempatkan di dalam medan magnet konstan.

Hal tersebut membuat gaya gerak listrik yang dikembangkan berbanding lurus dengan kecepatan rotasi poros motor. Fenomena tersebut tentunya menyiratkan hubungan linier antara gaya gerak listrik dan kecepatan poros.

Prinsip kerja diatas berlaku untuk tachometer listrik, meskipun tachometer mekanik memiliki prinsip kerja lebih sederhana. Namun, tachometer listrik lebih diminati karena menawarkan akurasi serta presisi tinggi, dan dapat digunakan pada rentang yang luas.

Jenis-jenis tachometer:

  • Tachometer listrik AC atau DC untuk pengukuran generator
  • Tachometer jenis kontak atau non-kontak
  • Tachometer untuk pengukuran frekuensi dan waktu

Tachometer listrik AC atau DC untuk pengukuran generator

Untuk mengukur putaran generator DC, tachometer listrik akan dihubungkan dengan poros putaran generator. Pengukuran putaran dilakukan pada medan magnet konstan dari magnet permanen. Rotasi tersebut menginduksi gaya gerak listrik. Voltmeter kumparan bergerak mengukur besarnya gaya gerak listrik yang diinduksi.

Resistansi diberikan secara seri untuk mengontrol arus besar yang dihasilkan oleh armature, dan komutator digunakan untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Maka dari serangkaian konversi gaya magnet dan gaya gerak listrik tersebut menghasilkan jumlah putaran dari generator.

Pada pengukuran rotasi generator AC, angker tachometer tetap diam di dalam medan magnet berputar. Rotasi medan magnet menginduksi gaya gerak listrik dalam kumparan, dan amplitudo atau frekuensi gaya gerak listrik dipakai untuk mengukur kecepatan rotasi. Pada awalnya tegangan diperkuat dan kemudian diperbaiki dengan melewati filter tegangan.

Tachometer jenis kontak atau non-kontak

Tachometer jenis kontak akan bekerja dengan menempel secara langsung pada perangkat yang berputar. Sebuah sensor magnetik dipasang untuk menampilkan output dalam hal membaca rpm motor. Jenis tachometer ini biasanya terpasang langsung (permanen) pada unit berputar.

Tachometer non-kontak dirancang untuk tidak bersentuhan dengan unit berputar yang akan diukur. Pada jenis ini terdiri dari mekanisme sinar laser atau radiasi inframerah yang diproyeksikan langsung oleh tachometer. Hasil pengukuran akan tampil secara langsung pada layar LCD yang terpasang pada tachometer. Perangkat tachometer jenis ini dapat mengukur rentang kecepatan  dengan sudut apapun.

Tachometer untuk pengukuran frekuensi dan waktu

Tachometer pengukuran waktu menghitung kecepatan rotasi peralatan dengan mengukur interval waktu. Waktu pembacaannya bergantung pada kecepatan rotasi peralatan, tetapi tidak dengan resolusinya.

Tachometer pengukuran frekuensi menghitung kecepatan rotasi dengan mengukur frekuensi yang diberikan oleh motor, dan mampu mengukur kecepatan yang sangat tinggi.

Share:

0 Komentar