Fun Fact

Pentingnya Windsock Pada Sektor Industri dan Fungsinya

Fungsi penggunaan windsock pada dasarnya adalah untuk menunjukkan atau mengidentifikasi arah serta kecepatan angin. Namun windsock dapat juga digunakan untuk tujuan dekoratif, baik penggunaan pribadi maupun umum.

chandra syah putra8 Maret 2022

Fungsi windsock adalah untuk menunjukkan atau mengidentifikasi arah serta kecepatan angin. Namun windsock bisa untuk tujuan dekoratif, baik penggunaan pribadi maupun umum.

Bagian-bagian windsock secara umum terdiri dari dua bagian, yaitu bagian kain (kaus kaki) dan tiang penyangga. Secara sederhana, windsock adalah sepotong kain untuk mengukur kecepatan dan arah pergerakan angin.k

Asal mula lahirnya windsock

Awal mula terciptanya windsock pada saat orang-orang romawi menggunakan kain sebagai bendera tentara ketika berperang. Selain menjadi identitas di medan perang, kain tersebut menjadi indikator membaca arah angin oleh tentara pemanah.

Sedangkan di dataran China dan Jepang, windsock digunakan pada hari-hari tertentu seperti hari anak. Bentuk windsock-nya pun terbilang unik, karena membentuk ikan Koi.

Tujuan dan aplikasi umum windsock

Penggunaan windsock di dunia industri sudah menjadi kebutuhan, bukan sekedar dekorasi. Windsock di sektor industri digunakan sebagai penentu arah angin, dan zona berbahaya. Membaca arah angin sangat dibutuhkan di dunia industri, baik industri penerbangan, pertambangan, hingga minyak dan gas.
 
Dalam industri tambang dan migas, operator dapat mengetahui arah angin untuk menghindar dari gas-gas kimia berbahaya seperti gas H2S, maupun gas lainnya. Sedangkan di industripernerbangan, windsock membantu pilot dalam membaca arah angin sebelum menerbangkan pesawat.

Bahan yang digunakan windsock

Untuk sektor industri biasanya windsock dirancang khusus,berpatokkan pada OHSAS sebagai institusi internasional bidang administrasi kesehatan dan keselamatan kerja. Ketetapan Bahan windsock untuk sektor industri adalah kain Vinyl. Pemilihan kain Vinyl karena memiliki ketahanan dan kekuatan dalam menghadapi  cuaca ekstrim.

Penentuan kecepatan angin dengan windsock

Setiap windsock memiliki corak garis di setiap permukaannya. Corak tersebut terdiri dari dua warna yang berbeda (putih-orange), dan tiap corak memiliki jarak. Penambahan corak bukanlah hiasan, tetapi berfungsi sebagai pembaca kecepatan angin (Knot) antara 3 sampai 15 Knot.

Setiap simpul corak yang berurutan dapat menunjukkan peningkatan kecepatan angin yang sedang terjadi. Hal tersebut karena angin melalui lingkaran windsock sebelum pada akhirnya keluar lagi.

Meskipun windsock hanya menjadi indikator kalkulatif dalam pembacaan kecepatan angin. Namun, akurasi yang diberikan hampir mendekati aktual di lapangan.

Oleh sebab itu, penggunaan windsock sangat penting di sektor industri. Terkhusus industri penerbangan, pertambangan, serta migas.

Selain dekorasi, windsock berguna untuk menyelamatkan nyawa para pekerja dari ancaman gas beracun. Windsock dapat membantu para pilot memberikan rincian penting saat pesawat landing atau take-off.

Share:

0 Komentar