Kreatifitas

3 Rekomendasi Lomba buat Anak Teknik dan Rahasia Menangnya

Anak teknik itu sibuk, namun anak teknik juga produktif dalam mengembangkan kreativitasnya. Dalam pengembangan tersebut anak teknik sering menuangkannya pada organisasi dan kompetisi, lantas kompetisi apa saja yang sering diikuti anak teknik?

Dani Fazli1 Juni 2022

Mahasiswa teknik di Indonesia terkenal dengan kesibukannya. Waktu tidur mahasiswa fakultas teknik bisa digolongkan lebih sedikit dibanding jurusan lain. Hal tersebut memunculkan stigma baru bahwa kesibukan anak teknik akan tugas perkuliahan dan praktikum menyita waktu.

Lantas, muncul pertanyaan, apakah anak teknik sangat sibuk dengan perkuliahan sehingga tidak sempat mengerjakan hal lain?

Jawabannya tidak.

Anak teknik juga memiliki sisi lain, contohnya yaitu mengikuti organisasi kampus. Uniknya, banyak anak teknik yang dipercaya memimpin organisasi. Disisi lain yang suka penelitian atau bereksperimen juga menjadi asisten dosen. Di luar itu, banyak juga yang mengikuti kompetisi regional, nasional bahkan internasional.

Kompetisi buat anak teknik tentu tidak hanya sebatas kompetisi cipta teknologi. Ada banyak kompetisi yang bisa diikuti oleh anak teknik. Berikut 3 rekomendasi lomba yang bisa kamu ikuti. 

1. Lomba Karya Tulis Ilmiah

Di era serba canggih dan berorientasi ke masa depan, menjadi peluang besar untuk anak teknik mengembangkan kreativitasnya. Mengikuti lomba karya tulis ilmiah bertemakan industri 4.0 yang  sudah menjadi makanan sehari - hari  anak teknik di Indonesia.

2. Lomba Rencana Bisnis

Pasti banyak yang berpikir bahwa bisnis itu tidak untuk anak teknik. Jika lebih dalam, bisnis dan teknologi itu merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Terutama bagi anak informatika, sistem informasi atau sejenisnya. Ada beberapa jurusan yang mempelajari bahasa pemrograman C++, javascript, HTML, CSS dan lainnya. Bahasa tersebut sangat berguna apalagi untuk membuat website dan lain-lain.

3. Lomba Poster

Anak teknik biasanya banyak yang bisa menggunakan software design grafis seperti photoshop dan Adobe illustrator. Biasanya software tersebut digunakan untuk membuat atau menulis laporan praktikum. Kemampuan ini jangan sampai disia - siakan untuk tidak aktif di kompetisi lomba poster.

Setelah membahas rekomendasi lomba buat anak teknik, yang tentunya masih banyak kompetisi di luar sana. Mengikuti kompetisi tersebut memerlukan strategi untuk meraih kemenangan.

Bagaimana caranya supaya juara kompetisi

Anak teknik biasanya sering juara kompetisi, apa rahasianya?

Rahasianya adalah hampir rata - rata anak teknik mengikuti lomba sesuai yang sesuai dengan kemampuannya. Mahasiswa teknik elektro mengikuti kompetisi karya tulis ilmiah tentang rancang bangun robot pintar. Tentu ini menjadi keunggulan dimana judul yang dibawakan sesuai dengan pembelajaran teknik elektro.

Masih banyak contoh lain, namun untuk kamu yang mengaku sebagai mahasiswa, mari bangkit dari rasa malas, karena rebahan tidak akan membuatmu sukses.  

Share:

0 Komentar