Opini

Anak Teknik Berorganisasi, Apakah Sesuatu yang Tabu?

Anak teknik dikenal dengan solidaritasnya yang sangat kuat, tentu hal tersebut jangan sampai dilewatkan. Anak teknik biasanya mendapat kepercayaan dari lingkungan atau iklim organisasi yang diikutinya.

Dani Fazli15 Juli 2022

Mahasiswa teknik mana suaranya? Baiklah dalam kesempatan ini kita akan mengulas tentang organisasi dan anak teknik

Anak teknik itu berorganisasi atau tidak?

anonim, 2022

Mungkin pertanyaan tersebut banyak dilontarkan oleh mahasiswa baru di fakultas teknik. Lika - liku anak teknik bisa dipastikan adalah tugas yang menumpuk sepanjang hari.

Jangan mengeluh dulu, dan mari nikmati cerita ini. Berikut tiga suka duka berorganisasi bagi mahasiswa teknik.

1. Susah manajemen waktu

Tugas mahasiswa teknik yang menggunung ditambah praktikum merupakan kegiatan dasar mahasiswa teknik hampir di seluruh kampus Indonesia. Diluar hal itu, banyak mahasiswa teknik juga mengorbankan waktunya untuk penelitian bersama dosen.

Jika disampaikan seperti itu, tentu sangat sedikit kemungkinan anak teknik ikut organisasi karena masalah manajemen waktu. Namun percayalah,  manajemen waktu itu hanya tentang sudut pandang kita dalam menilai sesuatu. Realitanya anak teknik itu masih ada waktu untuk berorganisasi dan lainnya.

Sulitnya manajemen waktu biasanya dijadikan sebagai tameng agar momen rebahan tidak terganggu. Berbicara tentang momentum bonus demografi dan kaitannya dengan masa pandemi tentu tidak akan selesai.

Banyaknya perspektif yang mengakibatkan tergerusnya kualitas generasi, termasuk mahasiswa Fakultas Teknik. Tentu untuk merubah keadaan tersebut harus dimulai dari diri sendiri. Nantinya mempengaruhi kualitas generasi bangsa kedepannya secara akumulatif.

2. Solidaritas harga mati

Siapa yang tidak tahu tentang solidaritas yang ada di teknik? Singkatnya, anak teknik yang berorganisasi biasanya akan memberikan efek baik bagi lingkungannya.

Memberikan aura positif terhadap teman - teman lainnya. Makna solidaritas dalam berorganisasi tentu sangat fundamental. Anak teknik memiliki sifat yang sedikit lebih dewasa dalam proses kaderisasi. Dari kehidupan sosial yang melahirkan organisator arif dan bijaksana.

3. Anak teknik biasanya jadi kepercayaan orang

Penulis menyampaikan hal tersebut karena berdasarkan pengalaman pribadi. Biasanya dalam lingkup organisasi tingkat universitas, mahasiswa teknik mengisi kursi kepemimpinan. Hal tersebut karena lingkungan di teknik sangat membentuk pribadi menjadi selangkah lebih baik.

Itulah tiga suka duka anak teknik dalam berorganisasi. Baik atau buruknya keputusan yang diambil. Percayalah bahwa keputusan yang diambil hari ini akan berbuah hasil di masa yang akan datang.

Buat kamu anak teknik yang selalu mengeluh dengan tugas, praktikum dan lainnya. Coba buka mata kamu, rasakan dan lihat lingkungan sekitar betapa membutuhkan kamu. Sumbangkan ide pemikiran cemerlang demi kemajuan bersama kedepannya.

Share:

0 Komentar