Kreatifitas

Bencoolen Fish Crackers. Cara Kreatif Generasi Muda untuk Berdampak

Ikan asin merupakan makanan yang jarang sekali digemari oleh masyarakat, padahal ikan asin memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dani Fazli22 Juli 2022

Ikan asin merupakan produk olahan ikan laut yang dikeringkan dengan cita rasa khas. Ikan asin khas Bengkulu juga demikian, hingga saat ini hanya digemari oleh beberapa kalangan.

Stigma negatif masyarakat terhadap ikan asin adalah penyebabnya. Aroma yang kurang sedap menutupi rasa dan khasiat yang luar biasa.

Pada saat ini, generasi muda dari Provinsi Bengkulu terus berupaya menjadikan ikan asin sebagai makanan nasional bahkan internasional. Inovasi yang dihadirkan mulai dari metode produksi hingga pemasaran.

Bencoolen fish crackers contohnya, produk yang digagas oleh Tilza dan kawan - kawan mengubah ikan asin setengah jadi menjadi snack. Produk ini hadir karena menyesuaikan dengan animo yang terjadi pada era milenial. Sehingga produk tersebut memiliki nilai khusus pada masyarakat juga berkhasiat

Khasiat ikan asin bagi tubuh

Masyarakat saat ini menggemari makanan cepat saji yang tentunya kurang baik untuk kesehatan. Padahal ada beberapa khasiat ikan asin bagi tubuh manusia.

Berikut 3 khasiat utama ikan asin yang harus kalian ketahui.

1. Baik bagi kesehatan gigi dan tulang

Proses penjemuran ikan asin dilakukan secara konvesional. Ikan yang berasal dari laut ini memiliki kandungan fosfor dan kalsium. Nutrisi yang berasal dari fosfor dan kalsium ini sangat bermanfaat bagi tulang dan gigi.

Bagi anak atau remaja, ikan asin bagus untuk mendukung masa pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, khasiat lainnya adalah mencegah kelainan tulang dan memperkuat struktur tulang.

2. Menjaga sistem imun tubuh dan sumber energi bagi tubuh

Pada era pasca pandemi saat ini, masyarakat sangat memerlukan makanan untuk menjaga sistem imun tubuh. Agar tidak mudah terserang penyakit termasuk covid-19 yang hingga saat ini masih bermunculan. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya kandungan protein yang terdapat pada ikan asin.

Pembuatan ikan asin menjadi makanan olahan akan semakin memaksimalkan khasiat dari ikan asin. Setiap 100 gram ikan asin mengandung 193 kkal yang tentunya sangat berguna bagi tubuh (dr. fadhil rizal makarim, 2021)

3. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang kita ketahui, ikan asin mengandung omega 3 yang cukup tinggi dan kolestrol baik. Dengan adanya dua kandungan tersebut dapat menurunkan kolestrol jahat serta mencegah penyakit jantung.

Ikan asin masih memiliki sangat banyak khasiat yang sangat berguna bagi tubuh. Maka dari itu, cerdaslah dalam memilih makanan agar tubuh kita dapat terhindar dari penyakit.

Share:

0 Komentar