Kreatifitas

Cerita Dibalik Torehan Juara dari Mahasiswa Teknik Universitas Bengkulu

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Bengkulu berhasil meraih juara 2 Kategori Sosial Berkesalamatan dalam JR-Rovation tahun 2022 oleh jasa raharja

Dani Fazli8 Februari 2023

Jasa Raharja Road Safety Innovation ( JR-Rovation) kedua dilaksnakan pada bulan September hingga November 2022. Kegiatan tersebut merupakan ajang apresiasi terhadap inovasi oleh generasi muda bangsa terutama mahasiswa.

Peserta dapat menuangkan idenya melalui dua pilihan kategori tema, yaitu Sains berkeselamatanm dan Sosial yang berkeselamatan. 
Sains berkesamatan berupa inovasi alat keselamatan berkendara untuk mengurangi risiko dan dampak kecelakaan. Sosial yang berkeselamatan adalah elaksanaan program, gerakan atau kegiatan sosial yang berdampak pada penurunan angka kecelakaan. 


Sejak awal, kompetisi ini menerima 171 peserta berasal dari 25 perguruan tinggi di Indonesia. Peserta yang telah melewati beberapa fase seleksi, hingga terpilih 10 finalis yang mempresentasikan secara langsung ide inovatif-nya  di hadapan dewan juri yang terdiri dari Rio Octaviano dari Road Safety Association, Fitra Eri selaku Jurnalis/Pemerhati Otomotif. 
Adapun daftar pemenang dari ajang JR - Rovation tahun 2022 adalah,

Kategori sains:

Juara 1: Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

Juara 2: Universitas Negeri Yogyakarta 2

Juara 3: Universitas Negeri Semarang 12

Kategori sosial:

Juara 1: Universitas Gadjah Mada 9

Juara 2: Universitas Bengkulu 14

Juara 3: Institut Teknologi Bandung 11

Dalam kegiatan tersebut, Tim dari Universitas Bengkulu meraih juara 2 untuk kategori sosial. Dengan mengangkat ide penerapan board games klaster sebagai game based learning pada anak usia dini dapat menjadi  upaya preventif dan efisien. Terutama padasaat Indonesia tengah dihadapi fenomena bonus demografi hingga tahun 2030 mendatang.

Tim Onschool Indonesia menawarkan permainan yang terintegrasi permainan konvensional dengan ruang digital. Dengan adanya permainan tersebut diharapkan dapat mengedukasi tertib lalu intas untuk anak dibawah umur. 

Permainan yang diperkenalkan oleh mahasiswa fakultas teknik Universitas Bengkulu tersebut menggabungkan beberapa konsep dan media pembelajaran sekaligus memperkenalkan perkembangan teknologi masa kini, tentu dengan menggabungkan metode pembelajaran konvesional dan modern akan menciptakan formula baru yang tentunya akan menjadi daya tarik generasi muda terhadap pemahaman dan edukasi.

Adapun teknologi yang diimplementasikan dalam permainan tersebut yakni big data untuk menyimpan berbagai sampel yang telah ditetapkan serta integrasi website secara langsung yang akan mengubungkan pemain dengan ruang digital. Tentu permainan akan semakin bertambah seru dimana fitur permainan juga diupayakan untuk ramah disabilitas dengan melengkapi seluruh kartu dengan scan qr code yang menghubungkan pemain dengan ruang audio visual.

Dengan menjadi juara dalam kompetisi tersebut tentu sangat diharapkan mampu menjadi langkah awal generasi muda untuk menemukan ide kreatif yang tentunya dapat menarik minat generasi muda pada umumnya terutama dalam memperoleh edukasi.

Share:

0 Komentar