Kreatifitas

Ini Dia Rekomendasi Yang Wajib Kamu Ketahui Untuk Membuat Podcast Online Dengan Mudah

Membuat podcast sendiri dengan Anchor di smartphone terkesan sangat mudah karena kalian cukup menggunakan smartphone lalu mulai berbicara dan merekam suara

Dimas16 Juli 2022

Podcast merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan konten kreator ataupun masyarakat umum. Podcast ini berisikan berbagai topik obrolan mulai topik ringan, tentang pendidikan, musik, lifestyle, dan sharing narasumber.

Mulanya podcast hanya berisi rekaman suara. Seiring perkembangan waktu, podcast menampilkan video saat pembicaraan berlangsung. Adapun keunggulan podcast lainnya yaitu :

  • Pilihan topik yang beragam

Podcast memiliki banyak sekali topik pembahasan mulai dari kategori pendidikan, musik, film, lifestyle, politik, dll.

  • Gratis

Podcast dapat didengarkan secara gratis. tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendengar tiap episode podcast.

  • Fleksibel

Podcast dapat didengar dimana saja dan kapan saja tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Aplikasi untuk mempublish podcast sangat beragam, misalnya spotify, anchor, noise dan masih banyak lagi. Anchor merupakan aplikasi yang mudah digunakan oleh pemula saat membuat podcast.

Anchor

Membuat podcast dengan Anchor bisa dilakukan di perangkat iOS maupun Android. Dalam pembuatannya, kamu cukup menggunakan ponsel lalu mulai berbicara dan merekam suara.

Hasil rekaman suara dapat kamu edit berupa melakukan pemotongan durasi. Potongan-potongan audionya bisa  dipublikasikan ke berbagai platform seperti Apple Podcast, Google Play Music, Overcast, Stitcher, Anchor hingga Spotify.

Kelebihan dari aplikasi Anchor adalah kemudahan dalam menyisipkan lagu. Kamu bisa memasukan lagu dari Apple Music, Spotify, atau dari penyimpanan ponsel. Selain itu, dapat menambahkan audio tambahan dengan cara drag-and-drop saja.

Setelah perekamannya, editing display picture dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Canva.

Canva

Canva adalah sebuah tools yang menjembatani penggunanya membuat berbagai desain secara online. Mulai dari mendesain kartu  poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam beberapa versi seperti web, iPhone, dan Android.

Canva menawarkan berbagai template text agar desainmu memiliki typography yang menarik. kamu juga dapat mengatur warna desain kamu sesuai keinginan dan kebutuhan. Selain warna, kamu juga bisa menggunakan beragam animasi yang tersedia di canva.

Canva memiliki beberapa animasi yang bisa kamu kustomisasi sesuai dengan keinginan kamu. Ada juga fitur text yang digunakan untuk memberikan  judul, nama, ataupun tema podcast pada display picture.

Untuk gambar, aplikasi Canva tersedia menggunakan stock image. Cara upload lewat Canva dengan klik pilihan uploads di bagian kiri layar dan upload photo. Kemudian, gunakan fitur drag-and-drop untuk memasukkan gambar kamu ke desain yang sedang dibuat.

Nah itu dia guys aplikasi pendukung yang dapat menyempurnakan podcast kamu, mudah bukan? 

Share:

0 Komentar