Teknologi

Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Pembangkit Tenaga Listrik Mikrohidro

Adapun kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro adalah sebagai berikut

Dimas15 Oktober 2022

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) merupakan suatu pembangkit listrik skala kecil yang aliran air sebagai tenaga penggeraknya seperti, saluran irigasi, sungai dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Aliran sungai dibendung agar mendapatkan debit air dan tinggi jatuh air, kemudian air yang dihasilkan disalurkan melalui saluran penghantar air menuju kolam penenang, Kolam penenang dihubungkan dengan pipa pesat, pada bagian paling bawah di turbin air.

Turbin air akan berputar setelah mendapat tekanan air, dan perputaran turbin dimanfaatkan untuk memutar generator, Setelah mendapat putaran yang konstan maka generator akan menghasilkan tegangan listrik, yang dikirim kekonsumen melalui saluran kabel distribusi (JTM atau JTR).

Kelebihan dan Kekurangan PLTMH

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

1. Kelebihan PLTMH

Berikut kelebihan dari PLTMH yang harus kalian ketahui, antara lain :

  • Sumber energi tersedia secara melimpah khususnya di Indonesia.
  • Pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan bahan penggerak yang tidak akan habis, sehingga dapat menghasilkan energi secara berkelanjutan tanpa perlu mengkhawatirkan ketersediaan sumber energi tersebut, dengan begitu PLTMH dapat disebut sebagai Green and Sustainable Energy
  • Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) lebih awet jika dipelihara dengan baik dibandingkan pembangkit yang lain seperti PLTG, PLTU, PLTD dan pembangkit listrik lainnya.
  • Pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) tidak memerlukan biaya yang mahal dibandingkan dengan pembangkit listrik konvensional (menggunakan energi fosil) karena pengoperasiannya masih generator diesel.
  • Penggunaan energi listrik maupun energi gerak dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dapat dilakukan. Seperti charge aki dengan energi listrik menggunakan energi gerak dari turbin.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) mudah dioperasikan sebagai base load maupun peak load (dapat dengan cepat on/off), karena turbin air dapat berhenti setiap saat.
  • Mengurangi tingkat konsumsi energi fosil, langkah ini berperan dalam mengendalikan laju harga minyak di pasar internasional dan mencegah pencemaran lingkungan akibat penggunaan energi fosil.

2. Kekurangan PLTMH

Kekurangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebagai berikut :

  • Pembangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) membutuhkna biaya besar
  • Pada musin kemarau kemampuan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) akan menurun karena jumlah debit air biasanya berkurang.
  • Sumber daya alam yang akan dimanfaatkan biasanya terletak jauh dari pemukiman sehingga memerlukan jarak yang panjang untuk mendistribusikan listrik ke pemukiman masyarakat.
Share:

0 Komentar

Artikel Terkait