Pengetahuan

11 Judul Podcast yang Bisa Menambah Pengetahuanmu di Dunia Engineering

Mudah dan nyaman, lewat podcast kamu bisa mengembangkan pengetahuan seputar dunia engineering. Kamu bisa mendengar sebelas rekomendasi podcast yang membahas tentang teknik

Doohan Aditya Saputro4 Februari 2021

Selama pandemik COVID-19 banyak kegiatan kita lakukan di rumah saja. Terkadang kita merasa jenuh dan bosan sehingga membutuhkan hiburan. Misalnya, menonton YouTube atau bermain media sosial lainnya. Daripada menonton video YouTube atau hanya scrolling-scrolling media sosial tanpa tujuan yang jelas. 

Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara mendengarkan podcast. Dengan mendengarkan podcast kamu juga bisa mengembangkan diri dan mengetahui tren terkini seputar dunia engineering. Jangan khawatir, kamu bisa mendengarkan sebelas rekomendasi podcast yang membahas topik engineering di bawah ini.

1. 99% Invisible, cocok buat kamu yang anak teknik arsitektur

podcastreview.org

99% Invisible merupakan podcast yang membahas topik tentang arsitektuk dan dunia engineering. Podcast ini memiliki fokus pada elemen desain dari arsitektur yang akan membawa kamu semakin mengenal konsep-konsep arsitektur dari ahlinya.

Kalau kamu bukan anak teknik sipil atau arsitektur juga bisa mendengarkan podcast ini. Karena pembahasannya yang mudah diterima oleh orang awam. Podcast yang cukup populer ini sudah 150 Juta lebih didownload dan memiliki lebih dari 400 episode. Kamu bisa mendengarkannya lewat spotify dan apple podcasts.

2. The Civil Engineering Podcast, anak teknik sipil wajib dengar

engineeringmanagementinstitute.org

Buat kamu yang anak teknik sipil, kamu bisa mendengarkan podcast The Civil Engineering. Podcast ini menyajikan kisah-kisah engineer sipil dari belahan dunia. Kamu juga bisa mendengarkan saran-saran karir di dunia teknik sipil dari ahlinya. 

Host The Civil Engineering Podcast dibawakan langsung oleh Anthony Fasano dan Christian Knutson yang juga engineer sipil. Dan podcast ini sudah lebih dari 1,4 Juta diunduh dan memiliki 162 episode. Serta, kamu bisa mendengarkannya dilayanan streaming seperti spotify, apple podcasts, google podcasts, dan lain-lain.

3. Welding Tips and Tricks Podcast, unik karena membahas tentang dunia pengelasan

www.stitcher.com

Podcast yang satu ini juga tidak kalah menarik, Welding Tips and Tricks Podcast membahas seputar tips dan trik pengelasan. Podcast ini dibawakan oleh Jody Collier, Roy Crumrine, dan Jonathan Lewis yang dimana ketiganya merupakan ahli dan pengalaman dibidang pengelasan. Kamu yang tertarik bisa langsung mendengarkannya di google podcasts, apple podcasts, dan player.fm. 

4. The Backend Engineering Show, khusus untuk Software Engineer

www.listennotes.com

Kamu yang tertarik dengan dunia software engineering sangat cocok untuk mendengarkan podcast ini. The Backend Engineering Show menyajikan topik pembahasan dengan fokus backend. Podcast yang dibawakan oleh Hussein Nasser ini telah memiliki 311 episode di apple podcasts. Jadi, tunggu apa lagi langsung dengarkan di layanan streaming kesayanganmu.

5. The Engineering Entrepreneur Podcast, anak teknik mesin harus dengar

www.radio.com

Kamu yang tertarik menjadi entrepreneur di dunia engineering, bisa mendengarkan The Engineering Entrepreneur Podcast. Podcast yang dibuat oleh Scott Tracy-Mechancical Engineer- ini membahas penemuan-penemuan dari engineer tentang bagaimana mereka membuat dan menemukan produk serta, menjadikannya bisnis. Kamu bisa mendengarkannya melalui apple podcasts, spotify, dan google podcasts.    

6. The Engineering Career Coach, belajar menyusun karir di dunia engineering dari ahlinya

engineeringmanagementinstitute.org

The Engineering Career Coach merupakan podcast berbahasa Inggris yang mebahas tentang karir di dunia engineering. Podcast ini memberikan panduan kepada pendengarnya tentang bagaimana meyusun karir sebagai engineer. 

Kamu bisa mendengarkannya sebagai upaya kamu mengembangkan pengetahuan dalam membentuk karir. Jadi, jangan lewatkan podcast The Engineering Career Coach! 

7. Cerita Anak Teknik, tempatnya anak teknik di Indonesia bercerita!

Kamu yang ingin mendengarkan keluh dan kesahnya menjadi anak teknik. Kamu bisa mendengarkan podcast Cerita Anak Teknik. Kamu bisa mendengarkan suka, duka, senang, dan sedih sebagai anak teknik. Jangan sampai ketinggalan. Nantikan kisah-kisah serunya di podcast Cerita Anak Teknik. Dan kamu bisa mendengarkannya di sportify dan google podcast.

8. The Amp Hour Electronics, buat kamu yang suka dengan industri elektronik 

www.borntoengineer.com

The Amp Hour Electronics merupakan podcast yang membahas tentang industri elektronik. Podcast ini juga kerap kali menghadirkan ahli-ahli dari industri untuk berbagi pengalamannya. Sangat layak didengar karena akan mengembangkan pikiran kamu sebagai engineer. 

9. Design World, untuk kamu yang suka dunia desain 

podtail.com

Podcast satu ini sangat coock untuk kamu yang suka dengan dunia desain. Design World menghadirkan pembahasan desain untuk industri termasuk didalamnya seperti otomasi pabrik, robotika, prototipe, penanganan material, pengemasan, peralatan medis, dan lain-lain. 

10. Talking Machines, tempatnya membahas machine learning

twitter.com/collectivenext

Buat kamu yang suka dengan machine learning, podcast Talking Machines sangat cocok. Podcast ini membahas topik yang cukup spesifik tentang machine learning. Banyak pembahasan menarik yang bisa kamu pelajari karena podcast ini menghadirkan ahli-ahli machine learning. Langsung saja dengarkan di layanan streaming digital, 
seperti apple podcasts, google podcasts, dan spotify 

11. Worldwide Engineering, buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana dunia dipimpin oleh engineer dan inovator 

podtail.com

Yang terakhir adalah Worldwide Engineering. Podcast ini membahas seputar teknologi-teknologi terkini. Tidak hanya itu, podcast ini juga kerap mengundang CEO, CTO, dan tokoh-tokoh dibidang engineering. Dijamin kamu akan tertarik untuk mendengarkan pembahasannya sampai habis. Dan sama seperti podcast lainnya, Worldwide Engineering bisa kamu dengarkan di layanan streaming digital pilihanmu. 

Jadi, sudah ada yang membuat kamu tertarik? Kalau sudah, langsung saja dengar podcast-podcast nya di platform kesayangan kamu. Hanya mendengar podcast, kamu bisa mengembangkan pengetahuan di dunia engineering. 

 

Share:

0 Komentar