Opini

Keresahan Anak Fresh Graduate, Lanjut S2 atau Bekerja?

Welcome to the real world. fresh graduate! Bingung mengambil keputusan setelah lulus kuliah sarjana. Lanjut bekerja atau pendidikan S2?

Doohan Aditya Saputro10 Desember 2020

Meraih gelar sarjana merupakan achievement terrtinggi seseorang karena butuh waktu dan perjuangan yang luar biasa. Memakai toga, ber-selfie ria dengan pakaian keren atau kebaya nan anggun sudah pasti menjadi keinginan seluruh mahasiswa. Tapi apa yang kamu akan lakukan saat semua momen itu selesai? Apakah kamu sudah memiliki rencana untuk hari baru setelah melewati perayaan wisuda? 

Faktanya kamu tidak akan menemukan rutinitas seperti yang kamu lakukan beberapa tahun terakhir. Kamu tidak lagi memiliki jadwal khusus ke kampus, dan menghadiri rapat organisasi. Bahkan kamu akan kehilangan teman hang out karena sudah kembali ke kampung halamannya. 

Lalu, apa rencanamu untuk menghadapi kenyataan setelah memiliki gelar sarjana?Lanjut pendidikan S2 atau bekerja? Ini menjadi pertanyaan besar yang dialami oleh seluruh fresh graduate. Kamu perlu menyusun rencana masa depanmu. Sembari menyusun rencana masa depanmu, simak dulu uraian berikut ini yang akan memberikan insight untuk keresahan yang kamu hadapi.

1. Pikir kembali apa keinginan kamu sebenarnya, menjadi profesional atau akdemisi?

Kamu pastinya pernah mendengar pembagian karir ini. Menjadi profesional atau akdemisi yang dihubungkan dengan pilihan karir setelah lulus. Menjadi profesional, kamu harus memiliki pengalaman serta passionate di bidang yang kamu tekuni. Lain hal kamu berkarir menjadi akademisi. Kamu harus menempum pendidikan yang lebih tinggi, mendapatkan gelar profesor atau doktor di usia muda akan membantu kamu. 

Menjadi profesional atau akademisi merupakan sama-sama hal baik. Kamu perlu memikirkan kembali apa yang sebenarnya kamu inginkan. Kenalilah diri kamu sebaik-baiknya dengan begitu kamu akan tenang dalam menentukan pilihan. 

2. Dunia Kerja 

Bagaimana bila memilih dunia kerja? Bagi kamu yang tidak memiliki passion di kehidupan perkuliahan atau akademis dan suka dengan tantangan, dunia kerja adalah tempat yang tepat. Meski perusahaan banyak yang mencantumkan harus memiliki pengalaman kerja, kamu bisa saja diterima. Walaupun fresh graduate, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi, volunteer, projek, dan kegiatan lain yang bernilai dala CVmu. 

Ada perusahaan yang membuka program MT (Management Trainee). Biasanya program tersebut memang diperuntukan bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja. Melalui program MT, kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran yang bermanfaat. Karena kamu bekerja dalam berbagai divisi di perusahaan. 

3. Pendidikan S2

Bila kamu memiliki gairah dan dedikasi tinggi terhadap pendidikan. Kamu bisa melanjutkan pendidikan S2. Berbeda degan kuliah saat sarjana, menempuh pendidikan S2 kamu akan lebih banyak berdiskusi dan studi kasus dengan teman sekelasmu. Pendidikan S2 mempersiapkan kamu untuk dapat pengetahuan dan pengalaman melalui proses riset.

Pendidikan S2 sangat menguntungkan buat kamu bila kamu ingin meniti karir dalam dunia akademik. Karena ilmu dan jenjang pendidikan kamu yang dianggap tinggi sangat mungkin sekali menjadi pertimbangan utama bila berkarir menjadi akademisi. 

4. Kerja atau Kuliah, Perluas Jaringan!

Kerja atau kuliah, keduanya pilihan yang baik jika kamu bisa memperluas jariang pertemanan. Bila kamu berencana kuliah kembali. Kamu akan bertemu dengan para akademisi, teman sama-sama mahasiswa, para profesional yang sedang mengejar gelas master. 

Sama halnya bila kamu berencana bekerja. Kamu akan akan bertemu dengan rekan kerja, atasan, para profesional yang expert di bidangnya, dan bahkan pihak luar seperti klien. 

Ada satu hal penting yang perlu kamu perhatikan. Koneksi antara kamu dan orang-orang disekitar kamu nanti bisa membantu tujuanmu sesungguhnya atau tidak. 

5. Kombinasi Kerja dan S2

Kamu tidak bisa melepas salah satunya? Pilih saja keduanya! Kamu dapat kuliah S2 dengan mengikuti kelas karyawan sambil bekerja. Dengan syarat kamu memiliki kemampuan multitasking, manajemen waktu, dan fokus yang hebat. 

Kamu juga perlu lihat resiko yang mungkin kamu hadapi dengan memilih kerja dan kuliah sekaligus akan memakan waktu. Serta, fokus yang terbagi-bagi antara dunia kerja dan kuliah S2. Disatu sisi juga kamu bisa langsung menerapkan ilmu yang kamu pelajari bisa langsung diterapkan saat kerja. 

Perlu diingat, lanjut kerja atau kuliah S2 memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memilih diantara kedua itu atau memilih keduanya. Konsekuensi dan tanggung jawab akan selalu ada ketika kamu sudah menentukannya. 

Sumber : www.idntimes.com | glints.com
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait