Pengetahuan

Pejuang Skripsi Wajib Tahu, 5 Taktik yang Perlu Dipahami Mahasiswa Teknik jika Ingin Cepat Lulus

Bukan rahasia umum jika seorang mahawasiswa teknik identik dengan keterlambatan dalam masa kelulusannya. Supaya terlepas dan terhindar dari stigma tersebut, mari simak taktik-taktik di bawah ini, yuk.

Doohan Aditya Saputro10 Desember 2020

1. Menyusun Rencana yang Terstruktur

Sebagai mahasiswa teknik kamu sudah terbiasa dalam menyusun dan merencanakan segala sesuatu secara terstruktur. Berbekal pengalaman mengerjakan tugas, laporan, proyek hingga penelitian yang begitu banyak tentunya kamu memiliki bekal yang sangat mendukung.  
    
Kamu dapat mengawalinya dengan menentukan jadwal wisuda yang kamu inginkan. lalu, kumpulkan semua ide yang kamu miliki untuk dijadikan sebuah topik skripsimu. Kemudian, tentukan waktu untuk menuliskan naskah skripsimu hingga selesai. setelah itu, berikan waktu untuk melakukan penelitian dan bimbingan dengan dosen atau mentormu. Dan kamu perlu membentuk grup diskusi dengan orang-orang yang memiliki tujuan yg sama. 

2. Pasang Target dalam Menyelesaikan Skripsi

Menyusun rencana saja tentunya tidak cukup untuk menyelesaikan skripsimu. Pasanglah target berupa tenggat waktu yang bisa memicu kamu untuk mengerjakan skripsi tersebut. Tentunya target yang kamu tentukan haruslah realistis. 

Supaya target kamu dapat tercapai, kamu bisa memasang target tersebut di tempat-tempat yang mudah ditemui. Contohnya, pasang targetmu dengan notes di meja belajar atau kamu bisa tulis target tersebut dengan sticky notes di laptopmu. 

3. Jadikan Skripsi Prioritas Utama

Apabila kamu memiliki banyak kegiatan yang memecah pikiranmu dalam mengerjakan skripsi. Kamu bisa menyusun segala kegiatan yang kamu miliki termasuk skripsimu berdasarkan skala prioritas. Lalu pastikan skripsi tersebut menjadi prioritas utama kamu saat ini. Jika kamu belum menjadikan skripsimu tersebut  prioritas utama dan berharap mengalir begitu saja, hal tersebut hanya akan menjadi bumerang buat diri kamu sendiri. Dengan begitu kamu akan terlena dengan  kegiatan atau hal-hal lain tersebut, loh.

4. Bentuk Kelompok atau Tim Penelitian Skripsi

Belajar dari seekor semut yang mengerjakan segala sesuatunya secara berkoloni atau bersama-sama. Nah, kamu bisa membentuk sebuah tim untuk mengerjakan penelitian atau projek skripsimu dengan rekan-rekan kamu di kampus. Dengan adanya tim yang terbentuk segala kesulitan, hambatan dan segala permasalahan terkait skripsimu dapat diduskisan bersama-sama. 

Akan tetapi kamu harus pastikan tim yang dibentuk dalam penelitian tersebut haruslah memiliki kesamaan topik pembahasan agar tidak menjadi penghambat bagi masing-masing individu.

5. More Action and Less Thinking

Rencana dan target yang telah kamu buat tentunya tidak akan menghasilkan apapun jika kamu hanya memikirkan dan menuliskannya saja. Mulailah untuk mengerjakannya sekarang dan saat ini. Sedikit demi sedikit yang dikerjakan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan skripsimu. Nah, ada satu hal yang perlu kamu ingat ketika mengerjakan skripsimu supaya cepat selesai, yaitu kamu harus konsisten dalam mengerjakan skripsi dengan rencana dan target yang telah kamu  buat.

Sebagai mahasiswa teknik identik dengan pemikiran sistematis dan terstruktur kamu harus pandai menyusun perencanaan skripsimu dengan baik. Semoga saja hal-hal di atas dapat membantu kamu dalam mengerjakan skripsi. Dan jangan lupa untuk terus berdoa agar dilancarkan selama proses pengerjaannya.

Share:

0 Komentar