Kreatifitas

Wajib Nonton! 5 Channel YouTube Terbaik untuk Menambah Pengetahuan Anak Teknik Mesin

Merasa menonton video YouTube kurang bermanfaat? Mungkin apa yang kamu tonton masih jauh dari kata bermanfaat. Supaya tontonan kamu lebih bermanfaat, anak teknik punya 5 YouTube yang dijamin bermanfaat dan tidak menjenuhkan!

Doohan Aditya Saputro26 Januari 2021

Aktivitas apa yang kamu lakukan setelah kuliah atau kerja? Meletakkan barang-barang, mandi, rebahan, kemudian berselancar di media sosial atau menonton video di YouTube. 
Di zaman sekarang ini, hal tersebut sudah menjadi habit atau kebiasaan. 

Tidak terlampau buruk untuk menyegarkan otak setelah beraktivitas seharian. Namun, menjadi habit yang buruk bila kamu menonton video di YouTube jauh dari kata bermanfaat. 
Supaya waktu dan energimu menonton video lebih bermanfaat, anak teknik punya solusinya nih. Berikut 5 akun YouTube yang membahas seputar dunia teknik mesin. 

1. Engineering Explained (Otomotif)

Channel YouTube ini dimiliki oleh seorang sarjana teknik mesin dari Amerika Serikat, Jason Fenske. Engineering Explained memiliki subscribers mencapai 2.25 juta. 

Channel ini berisi semua hal yang berhubungan dengan dunia otomotif khususnya mobil. Konten yang diberikan pun sangat variatif, mulai dari review mobil, bagaimana cara kerja mesin, tips dan trik perawatan mobil, mengulik mobil listrik, dan pengetahuan menarik yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Ditambah penyampaiannya yang begitu jelas dan mudah dipahami loh sobat teknik. 

Channel ini juga sangat aktif dimana setiap hari rabu akan selalu ada video baru yang menarik rasa ingin tahu kamu. 

2. Practical Engineering (Boil Water, Elevator)

Buat kamu yang ingin mempelajari hidraulik dan fluida, kunjungi channel YouTube Practical Engineering. Engineer yang memiliki fokus pada water resources dan struktur hidraulik ini
menampilkan video yang menarik dengan animasi dan praktik langsung. Dijamin tidak bosan menontonnya. 

Practical Engineering sudah ada sejak Februari 2007 dan sekarang memiliki subscriber mencapai 1.37 Juta. 

3. The Engineering Mindset 

Channel milik Paul Evans sudah tahun 2015 ini memiliki subscriber sebanyak 716 ribu. The Engineering Mindset sangat cocok untuk kamu mahasiswa teknik mesin yang ingin belajar tentang elektrikal, motor listrik, heat exchanger, chiller, pompa, dan lain sebagainya.

Video-video yang ditayangkan sangat menggunggah mata. Karena penjelasannya dihiasi oleh ilustrasi dan animasi yang menarik. Durasi videonya pun singkat dan jelas nih sobat teknik.

4. Real Engineering 

Kalau di channel ini, kamu dapat menemukan beragam topik yang menarik. Kamu dapat belajar seputar dunia otomotif, penerbangan, energi, militer, space, dan pengetahuan seputar material atau bahan. 

Channel yang memiliki subscriber mencapai 2.27 juta ini menampilkan video yang tidak membosankan karena penjelasannya yang mudah dipercantik dengan animasi-animasi menarik.  

5. Learn Engineering 

Terakhir, di channel Learn Engineering ini kamu tidak hanya akan mempelajari topik-topik mainstream seperti dunia otomotif atau penerbangan. Kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang termodinamika, cara kerja air conditioner, refrigerator, boiler, pompa, membahas seputar pembangkit listrik. Bahkan kamu juga akan mendapatkan pengetahuan seputar mendesain turbin angin, turbin pelton, dan lain-lain.

Channel dimiliki oleh Sabin Mathew yang merupakan seorang pascasarjana teknik mesin dari Indian Institute of Technology Delhi. Kini subscriber-nya mencapai angka terbanyak diantara channel-channel diatas, yakni mencapai 3.24 juta.

Nah, berikut itu channel YouTube yang wajib anak teknik mesin tonton untuk menambah pengetahuan seputar dunia teknik mesin dan sebagai bahan mengisi waktu luang kamu lebih bermanfaat.

Share:

0 Komentar