Pengetahuan

5 Jenis Ancaman Internet Yang Harus Kamu Waspadai !

Berbagai jenis ancaman di dunia dapat kamu temui di mana saja, Salah satunya ancaman internet yang harus kamu waspadai!

Ed20 September 2021

Internet menjadi salah satu kebutuhan yang tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari manusia mulai dari bekerja, belajar dan melakukan aktivitas lainnya, Internet membantu dalam beragam sumber daya dan layanan informasi, seperti mengakses dokumen yang ingin diakses, mengakses web, browsing, surat elektronik, telepon dan berbagi hal lainnya. Dibalik banyaknya kegunaan internet, penggunaan internet juga memiliki dampak negatif diantaranya munculnya berbagai ancaman terhadap penggunanya. Berikut 5 jenis ancaman internet yang harus kamu waspadai.

1. Phishing

Phising adalah suatu bentuk upaya penipuan yang dicirikan dengan menjebak korban untuk mencuri informasi , seperti password akun, nomor rekening bank dan credit card dengan menyamar sebagai kenalan yang terpercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti e-mail, panggilan telepon dan social media dengan menghasut korban secara psikologis. Langkah yang dapat dilakukan untuk menghindari phising adalah dengan melakukan pengecekan terhadap kontak-kontak yang mencurigakan dan tidak dikenal pada akun media sosial.

2. Spam

Spam biasa kita jumpai pada email, Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara berlebihan dengan menyalahgunakan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan fake info lainnya dengan terus- menerus tanpa diinginkan oleh penerimanya. kegiatan spam dikenal dengan istilah spamming sedangkan Orang yang melakukan spam disebut spammer. bentuk spam biasanya spam pesan singkat, spam email, spam iklan, spam media sosial dan spam mesin pencari informasi web. Spam biasa dijumpai dengan phising yang menawarkan hal yang menggiurkan. Upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari spam yaitu memblokir alamat pengirim pada daftar kontak, dan mengaktifkan fitur adblock.

3. Spyware

Spyware merupakan istilah pada IT yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang masuk ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pada perangkat dan merusak sistem penggunanya dengan memasang dirinya pada sistem.  istilah lain spyware yaitu software yang berisi program yang ditanamkan oleh hacker pada perangkat korban untuk memata-matai serta mengambil data korban secara diam- diam untuk kepentingan pribadi yang akan merugikan korban. upaya dalam menghindari spyware yaitu dengan tidak menginstal aplikasi ilegal pada perangkat yang kita miliki.

4. Spoofing

Spoofing merupakan salah satu bentuk cyber crime dimana seseorang mampu memalsukan data dengan menggunakan program untuk mendapatkan keuntungan yang tidak sah, biasanya teknik ini digunakan untuk mengelabui korban bahwa info yang diberikan berasal dari sumber terpercaya sehingga korban akan memberikan data miliknya dan akan disalahgunakan oleh pelaku.

5. DDOS

DDOS atau Distributed Denial of Service merupakan  Serangan dunia maya di mana sebuah server atau komputer diserang dengan dihujani kiriman data dalam ukuran yang sangat besar sehingga mengganggu layanan host yang terhubung ke Internet untuk sementara atau tanpa batas dan membuat server down. upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari DDOS yaitu dengan menggunakan search engine yang Legal dan aman.

Itulah 5 Ancaman Internet Yang Harus Kamu Waspadai.
 

 

Share:

0 Komentar