Opini

5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Kuliah Sambil Kerja!

Buat kamu yang berencana ingin kuliah sambil kerja pastinya perlu beberapa pertimbangan, berikut tips buat kamu yang ingin kuliah sambil bekerja.

Ed29 Oktober 2021

Kuliah sambil kerja menjadi jalah satu hal yang harus dihadapai sebagian orang karena berbagai macam faktor seperti kurangnya kemapanan finansial, kurangnya bantuan keluarga dan ada juga yang ingin mencari pengalaman kerja.

Buat kamu yang ingin kuliah sambil kerja harus mempertimbangkan beberapa hal agar kuliah dan pekerjaanmu dapat kamu lakukan dengan baik dan penuh tanggung jawab, Berikut 7 tips buat kamu yang ingin kuliah sambil kerja.

1. Daftar Kelas Karyawan

Hal yang paling utama dilakukan ketika kamu ingin kuliah sambil berkeja yaitu dengan mendaftar kelas karywan yang disediakan oleh kampus, hanya ada beberapa kampus yang membuka program kelas karyawan bagi mahasiswa.

Dengan mendaftar kelas karyawan maka semua kebutuhan kamu sebagai mahasiswa akan sesuai dengan yang kamu harapkan seperti jam kuliah yang bisa disesuaikan dengan jam kerja.

2. Ambil Kelas Malam 

Mengambil kelas malam menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Kegiatan kuliah akan lebih santai setelah kamu menyelesaikan suatu pekerjaan dari pagi hingga sore hari. Tentu saja beban kuliah tidak lebih berat dari beban kerja di kantor.

Kamu bisa mencari tempat kuliah yang memiliki jadwal kelas malam, bahkan yang membuka kelas karyawan. 

3. Pandai dalam Memanajemen Waktu

Jika kamu sudah memiliki posisi di suatu perusahaan, usahakan tugas ataupun tanggung jawab. Kamu harus selesai dengan tepat waktu supaya tidak ambil jam lembur. Nantinya bisa mengganggu aktivitas perkuliahanmu, sehingga jadwal perkuliahan kamu tidak berantakan.

4. Cari Pekerjaaan yang memiliki jam kerja yang tetap

Mencari perkerjaan yang tepat akan membuat aktivitas kamu berjalan lancar. Misalnya jika kamu berkerja dengan posisi sistem shift, waktu mu akan menjadi berantakan karena sistem shift akan membuat jadwal kuliahmu berantakan. Namun akan lebih baik jika kamu mencari pekerjaan dengan jam kerja tetap. 

5. Menyampaikan keadaan kamu ke atasan tempat bekerja

Menyampaikan keadaaan kamu kepada atasan akan memberikan keuntungan. Agar atasan bisa memahami kegiatanmu dan akan memberikan kemudahan selama bekerja. 

6. Tetap menjaga kesehatan

Menjaga kesetan perlu tetap diperhatikan agar tubuh tetap prima, dengan cara tidur teratur dan mengkonsumsi vitamin. Apabila kesehatanmu menurun akan berdampak bagi perkuliahan dan pekerjaan kamu nantinya.

7. Pertimbangkan jarak kampus dengan kantor

Usahakan jarak kampus dengan kantor berdekantan agar kamu dapat sampai tepat waktu ke tempat kerja dan kampus kamu. Memperhitungkan jarak tempuh dapat menghemat waktumu.

Itulah 7 Tips Buat Kamu yang ingin kuliah sambil bekerja agar kegiatan mu berjalan lancar. 

Share:

0 Komentar