Opini

8 Tips Buat Kamu yang Ingin Kerja Sambil Kuliah

Buat kamu yang berencana ingin kuliah sambil kerja pastinya perlu beberapa pertimbangan, berikut tips buat kamu yang ingin kuliah sambil bekerja.

Ed4 Desember 2022

Kuliah sambil kerja harus dihadapi  oleh orang yang memiliki kekurangan secara finansial. Tidak menutup kemungkinan juga karena ingin mencari pengalaman kerja. Buat kamu yang ingin kuliah sambil kerja harus mempertimbangkan beberapa hal agar yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Berikut 8 tips buat kamu yang bekerja sambil melanjutkan kuliah. 

1. Daftar kelas karyawan

Hal yang paling utama dilakukan jika ingin kuliah sambil berkeja dengan mendaftar kelas karyawan. Hanya beberapa kampus yang membuka Program kelas karyawan. Dengan mendaftar kelas karyawan maka kebutuhan kamu sebagai mahasiswa akan terpenuhi. Terutama jadwal kuliah yang sesuai dengan jam kerja.

2. Ambil kelas malam 

Mengambil kelas malam dapat kamu ambil untuk kuliah sambil kerja. Kegiatan kuliah akan lebih santai setelah menyelesaikan pekerjaan. Dimana beban kuliah tidak lebih berat dari beban kerja di kantor.

3. Pandai memanajemen waktu

Jika kamu sudah memiliki posisi di perusahaan, selesaikan tanggung jawab kamu tepat waktu. Tujuannya agar kamu tidak memerlukan jam lembur yang akan mengganggu aktivitas perkuliahan. Dengan demikian jadwal perkuliahan kamu tidak berantakan.

4. Cari pekerjaaan yang memiliki jam kerja yang tetap

Mencari pekerjaan yang tepat akan membuat aktivitasmu berjalan lancar. Misalnya jika kamu bekerja dengan sistem shift, waktumu akan berantakan karena shift dapat berubah sewaktu-waktu. Lebih baik jika kamu mencari pekerjaan yang punya jam kerja tetap. 

5. Menyampaikan keadaan kamu ke atasan tempat bekerja

Menyampaikan keadaan kamu kepada atasan akan memberikan keuntungan bagi kamu. Atasan dapat memaklumi kegiatanmu dan akan memberikan kemudahan dalam bekerja dan kuliah

6. Tetap menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan perlu diperhatikan agar tubuh tetap prima. Tidur teratur dan mengkonsumsi vitamin adalah cara yang bisa dilakukan. Apabila kesehatanmu menurun akan berdampak bagi perkuliahan dan pekerjaanmu. 

7. Pertimbangkan jarak kampus dengan kantor

Usahakan jarak kampus berdekatan dengan kantor agar kamu dapat datang tepat waktu ke tempat kerja dan kampus kamu. Keuntungan lainnya adalah menghemat waktumu.

8. Menjadi Freelance yang sesuai dengan jurusan

Menjadi freelancer membantu kamu yang ingin bekerja sambil kuliah. Menjadi freelancer memiliki waktu yang lebih fleksibel dibanding pekerjaan dengan jadwal yang sudah diatur. Ada banyak website freelancer yang dapat kamu kunjungi seperti freelance.com dan Upwork

Itulah 8 Tips Buat Kamu yang ingin kuliah sambil bekerja agar kegiatan mu berjalan lancar. 

Share:

0 Komentar