Pengetahuan

Fresh Graduate? Dan Ingin Menjadi Seorang Pemimpin yang Sukses? Kamu dapat Membangun Start Up!

Start Up merupakan Perusahaan rintisan yang baru dibangun dan lebih di golongkan ke dalam perusahaan yang mengembangkan teknologi dan informasi seperti pengembangan suatu teknologi, aplikasi dan perdagangan online.

Ed1 Desember 2020

Istilah Start Up sudah tidak asing lagi di telinga kita, dengan berbagai jenis bisnis yang beragam, seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek dan lain sebagainya. Bagi kamu yang Fresh Gradute dan memiliki ide bisnis di bidang Teknologi dan Informasi, memulai start up adalah pilihan yang tepat. Start Up merupakan Perusahaan rintisan yang baru dibangun dan lebih di golongkan ke dalam perusahaan yang mengembangkan teknologi dan informasi seperti pengembangan suatu teknologi, aplikasi dan perdagangan online.

Membangun Start Up memiliki banyak keuntungan seperti memiliki pasar yang lebih luas karena bergerak di bidang teknologi dan informasi, tidak membutuhhkan lokasi yang strategis, Modal yang tidak terlalu besar, membantu memberikan solusi bagi masyakat, dan membuka lapangan pekerjaan yang baru. Start Up memiliki sumber pendapatan dari Investor, Fitur Premium bagi pelanggan, dan Iklan. Bagi kamu yang ingin membangun Startp Up, kamu harus mengerti bagaimana struktur organisasi perusahaan yang benar dengan anggotanya yang memiliki tugas dan bertanggung jawab di setiap bidangnya, serta mentor yang membimbing dalam pengembangan perusahaan rintisan. Apa saja struktur kenganggotaan yang dibutuhkan untuk memulai Start Up?

CEO (Chief Executive Officer)

CEO adalah orang yang paling berberan Penting dalam mengembangkan dan memajukan Start Up, yang bertindak sebagai pemimpin suatu perusahaan. Kemampuan CEO menentukan kemajuan suatu perusahaan. CEO harus mampu menjaga hubungan Internal maupun Eksternal perusahaan, seperti mencari Investor.

CFO (Chief Financial Officer)

CFO merupakan orang yang mengurus keuangan suatu perusahaan. Secara umum tugas CFO yaitu mencari sumber dana perusahaan, mengelola sumber daya manusia, mengatur gaji anggota perusahaan, mengurus dokumen keuangan hingga membahas keuangan perusahaan.

CTO (Chief Technology Officer)

CTO berperan penting dalam pengembangan suatu produk dan jasa suatu perusahaan, biasanya CTO merupakan orang-orang yang ahli di bidang teknologi dan informasi serta mengerti tentang pemrograman. CTO memiliki tugas utama yaitu mengembangkan suatu produk dan meningkatkan teknologi pada produk.

CMO (Chief Marketing Officer)

CMO bertanggung jawab dalam pemasaran suatu produk, seperti melakukan riset pasar, menentukan strategi pemasaran hingga menciptakan hubungan dengan perusahaan lain.

COO (Chief Operating Officer)

COO berperan penting ketika perusahaan sudah berkembang pesat yang bertugas mengatur bisnis inti.

Itulah beberapa hal penting yang diperlukan dalam memulai Start Up, dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu Fresh Graduate yang memiliki Ide dalam berbisnis. Gimana nih sob? tertarik untuk memulai Start Up?

 

 

Share:

0 Komentar